Depositphotos

5+ Kelebihan Karakter Positif Fresh graduate Yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

 
{tocify} $title={Table of Contents}

Fresh Graduate ini merupakan sebuah istilah yang merujuk pada kondisi seseorang yang baru saja menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi. Secara pengalaman mereka pun dikatakan masih hijau dalam dunia kerja. Mungkin anda juga termasuk golongan ini ?

Biasanya akan muncul keresahan. Setelah lulus mau berkerja seperti apa atau ada juga yang merasa minder ketika menghadapi kompetisi memperebutkan lowongan pekerjaan.

5+ Kelebihan Karakter Positif Fresh graduate Yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

Menurut Survei yang dilakukan entrepreneur today menyatakan 70% dari 100 total partisipan merasa kurang percaya diri ketika melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, Terlebih ketika lawannya sudah memiliki pengalaman lebih.

Sebenarnya, para fresh graduate itu tidak perlu takut untuk bersaing dalam dunia kerja. Karena mereka memiliki nilai lebih yang tentunya dibutuhkan sektor industri.

Kelebihan Karakter Positif Fresh graduate Yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

Berikut ini adalah kelebihan perilaku positif fresh graduate dalam dunia kerja.

Keinginan Belajar Yang Tinggi

Salah satu karakter positif kebanyakan fresh graduate adalah adanya keinginan untuk tahu belajar. Mereka sadar betul, dalam dunia kerja butuh pengalaman yang belum banyak didapatkan saat masih bersekolah. Dari sisi teori, mereka sudah punya bekal tinggal mengasah lagi dari segi eksekusi.

Fresh graduate akan belajar banyak hal saat bekerja mulai dari belajar berkomunikasi dengan rekan kerja/atasan, bertanggung jawab terhadap tugas, mempresentasikan produk ide dan lain sebagainya. Sikap keterbukaan inilah yang membuat mereka cepat beradaptasi.

Mau menerima masukan

Ada beberapa kasus pekerja senior lebih keras kepala saat menerima kritik dan saran, hal ini diakibatkan karena mereka merasa sudah memiliki banyak pengalaman dan tidak perlu dinasehati. Hal ini mungkin akan jarang dilakukan oleh para fresh graduate.

Momen saat diterima pekerjaan impian, akan dimanfaatkan dengan betul oleh mereka. Ada semangat tersendiri dari fresh graduate untuk mencapai tujuan hidup. Ketika menerima saran/kritik, mereka bisa menerimanya dengan senang hati. 

Dari sisi perusahaan juga akan senang memiliki karyawan yang mau menerima masukan.visi/misi antara perusahaan dan karyawan harus bersatu, tidak boleh memelihara egoisme dan merasa benar sendiri.

Punya Ambisi Besar

Tidak selamanya memiliki ambisi besar adalah hal negatif. Karakter juga identik dimiliki para fresh graduate, ketika baru di dunia kerja. Usia mereka didominasi oleh golongan usia belasan hingga dua puluhan tahun. Sebuah fase yang dimana, fisik, pikiran, dan emosional sedang produktif-produktifnya.

Ketika bekerja, dengan segala ketrampilan yang mereka punya akan memperbesar peluang hasil yang maksimal. Ada Ambisi yang ingin diwujudkan seperti mendapat penilaian baik dari bos, naik jabatan atau ingin menghadiahkan penghasilan kepada orang tua.

Kreativitas yang tinggi

Kelebihan Karakter Positif Fresh graduate Yang Dibutuhkan Dalam Dunia Kerja

Satu hal yang bisa menjadi senjata rahasia fresh graduate dalam persaingan dunia kerja adalah kreativitas. Ini modal yang bagus untuk melangkah dalam opsi apa saja. Bahkan bila ingin menjadi pengusaha, kreativitas fresh graduate akan membantu dalam menentukan ide bisnis, metode produksi, variasi produk hingga promosi. 

Bila fresh graduate memilih karir sebagai karyawan kantoran, kreativitas ini juga bisa dijadikan nilai jual. Perusahaan menyukai orang-orang yang memiliki ide out of the box. Apalagi ditengah revolusi industri 4.0, dimana masyarakat membutuhkan solusi masalah yang sebelumnya tidak pernah dirasakan generasi sebelumnya.

Relevan dengan zaman

Fresh graduate adalah Generasi yang unik karena mereka tanpa disadari harus dituntut up to date. Tuntutan zaman terus berubah, sehingga dunia kerja perlu diisi oleh orang-orang yang benar-benar cepat beradaptasi. Dan jika ditanya siapa generasi yang memenuhi kriteria tersebut ? Maka tak salah bila akan tersebut nama " Fresh graduate".

Sejatinya mereka tidak perlu merasa minder, karena kesempatan untuk berkembang selalu ada. Mereka adalah generasi yang bisa menentukan masa depan. Usia mereka masih panjang dalam berkarya.

Bagaimana Fresh graduate berinovasi, memaksimalkan tenaga, pikiran dan pengetahuan perihal teknologi. Bukan tak mungkin memunculkan CEO-CEO perusahaan besar yang berpengaruh di dunia.

Masa edar

Karena memiliki usia relatif muda, ini berarti fresh graduate memiliki waktu yang lebih lama untuk bekerja. Mereka masih punya waktu cukup untuk berkembang, mungkin ada fase dimana ujian jatuh bangun itu datang. Namun bila proses itu bisa dilewati, fresh graduate bisa saja memiliki laju karir yang cepat.

Gambar:
Photo by Himal Rana on Unsplash

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Saria Bakti
Dipublikasikan oleh : Saria Bakti
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos