Mau Dapat Uang Dari Jual Foto dan Video? Ini Cara Daftar Shutterstock Contributor Lewat HP dan Laptop


Di tengah kemajuan teknologi menimbulkan banyak bidang pekerjaan yang tentu saja bisa menghasilkan cuan. Bila kamu hobi foto-foto maupun take video sekarang kamu bisa menjualnya ke internet. Emang bisa? Tertarik??? Simak selengkapnya cara daftarnya lewat artikel ini.

Mau Dapat Uang Dari Jual Foto dan Video ? Ini Cara Daftar Shutterstock Contributor Lewat HP dan Laptop

Semakin canggihnya HP yang ada saat ini membuat pekerjaan pengambilan foto dan video semakin mudah dan berkualitas. Ini tentu saja memanjakan kita yang suka melakukan kegiatan ini. Kemajuan ini tidak jarang membuat memori hp kita cepat penuh.

Nah daripada foto dan video yang ada di HP hanya sebatas membuat penuh memori maka lebih baik kita membuka peluang satu ini. Ya menjadi microstocker, menjual foto maupun video pada agensi-agensi yang bersedia membayarnya.

Ada banyak agensi microstock seperti shutterstock, getty image, dreamstime, dan sebagainya yang bisa menjadi pilihan kita. Salah satu agensi yang perlu dicoba kita mulai dari Shutterstock.


Untuk pendaftaran di shutterstock ada beberapa pilihan. Kita bisa menggunakan browser untuk mengakses situs contributornya dan bisa juga melalui aplikasi shutterstock contributornya.

Cara Daftar Shutterstock Contributor Lewat Browser di HP dan Laptop

Langkah-langkah mendaftar di shutterstock sebagai berikut.
1. Buka situs www.submit.shutterstock.com menggunakan browser seperti chrome atau lainnya.
2. Klik Get Started.
3. Lengkapi data. Pastikan Legal Name sesuai data di kartu identitas resmi. Data yang diisi adalah:
  • Nama Lengkap sesuai kartu tanda pengenal.
  • Nama Tampilan yang nantinya akan dilihat oleh calon pembeli.
  • Email aktif.
  • Password yang minimal 8 karakter.
4. Centang Pernyataan bahwa usia sudah 18 atau lebih dan setuju dengan TOS Shutterstock. Pastikan pula Capctha telah tercentang.
5. Klik Next untuk melanjutkan pendaftaran.
6. Jika berhasil Anda akan diminta melakukan konfirmasi email. Buka email dari shutterstock sampai Anda sampai di halaman bahwa email sudah terverifikasi.

Untuk mendaftar lewat laptop Anda dapat mengikuti langkah serupa seperti di atas tersebut. Seperti tampak pada gambar berikut.


Cara Daftar Shutterstock Contributor Lewat Aplikasi HP

Mau Dapat Uang Dari Jual Foto dan Video? Ini Cara Daftar Shutterstock Contributor Lewat HP dan Laptop
1. Instal aplikasi Shutterstock Contributor (warna putih-merah) dan buka aplikasinya. Anda bisa download di sini untuk Android.
2. Klik Sign up.
3. Lengkapi data. Pastikan Legal Name sesuai data di kartu identitas resmi. Data yang diisi adalah:
  • Nama Lengkap sesuai kartu tanda pengenal.
  • Nama Tampilan yang nantinya akan dilihat oleh calon pembeli.
  • Email aktif.
  • Password yang minimal 8 karakter.
4. Centang Pernyataan bahwa usia sudah 18 atau lebih dan setuju dengan TOS Shutterstock. Pastikan pula Capctha telah tercentang.
5. Klik Continue untuk melanjutkan pendaftaran.
6. Bila lancar Anda akan diminta melakukan konfirmasi email. Buka email dari shutterstock sampai Anda sampai di halaman bahwa email sudah terverifikasi.

Sign In Akun Shutterstock Contributor


Setelah pendaftaran dan verifikasi email berhasil Anda akan diarahkan untuk masuk atau sign in. Setelah Sign in Anda akan diminta data-data sebelum berada di halaman utama dashboard shutterstock contibutor. Masukkan data-data sesuai kartu tanda pengenal Anda.
1. Buka www.submit.shutterstock.com atau dapat menggunakan aplikasi shutterstock contributor.
2. Masukkan email dan password serta pastikan captcha tercentang hijau.
3. Klik Sign In.
4. Isikan data-data sesuai identitas resmi kependudukan. Isi dengan bahasa inggris ya.
5. Klik Upload untuk mulai upload atau klik Go to dashboard untuk masuk ke halaman awal akun Anda. Anda bisa melewati bagian upload dan pergi saja dulu ke bagian dashboard.

Nah Anda sudah berhasil membuat akun kontributor shutterstock. Persiapkan foto-foto maupun video terbaik untuk diunggah ke dashboard.

Atasi Pesan Error Gagal Daftar Shutterstock Contributor

Kami yakin tidak banyak yang mengalami hal ini. Saat kami mengalami ini dan mencari referensinya di internet pun susah mendapatkan jawaban yang tepat karena referensinya yang kurang.

Adapun pesan error yang kami dapatkan saat pendaftaran Shutterstock sebagai berikut:


Secara mendasar Penulis sendiri tidak paham dengan hal ini. Namun dari pengalaman dapat Penulis jelaskan bahwa salah satu penyebab masalah ini karena tidak stabilnya jaringan di tempat Anda melakukan registrasi.

Jadi jelas ya solusi error seperti di atas adalah memperkuat jaringan. Pastikan tempat Anda melakukan pendaftaran mendapat posisi sinyal yang baik. Awalnya Penulis mendaftar dari rumah yang notabene rumah Penulis di tempat terpencil yang sinyalnya kembang kempis. Setelah pindah ke kota akhirnya berhasil melakukan pendaftaran.

Link Daftar Shutterstock

Tertarik daftar jadi kontributor shutterstock??? Anda bisa coba juga lewat link di bawah ini:


Penulis udah daftar dari tahun lalu cuma baru sempat nulis artikel ini. Anda bisa cek portofolio Penulis di link berikut:


Alhamdulillah disyukuri saja saat ini sudah mencapai 150+ stock foto. Di tahun 2023 ini belum sempat membuat stock lagi karena sibuk di pekerjaan utama.

Jangan berhenti sampai di sini saja ya, selain shutterstock Anda juga bisa upload foto-foto Anda di aplikasi maupun situs jualan foto dan video di bawah ini:

Vecteezy :

Depositphotos :

Dreamstime :

Foto dan video yang diupload di Shutterstock apakah bisa diupload ke microstock lain???

Kalau Penulis sih tiap foto yang sudah di-approve di shutterstock diupload lagi ke microstock lain. Tidak semua foto yang tidak approve/ditolak di shutterstock akan ditolak juga di microstock lain.

Demikian artikel ini. Bila info ini bermanfaat bagikan lewat sosial media Anda.
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama