7 Hal Penting yang dilakukan Setelah Membeli HP Baru

Punya smartphone baru? Wah senangnya ya. Wajar saja kalau beberapa waktu ini banyak orang yang punya smartphone baru. Ada yang lagi dapat Tunjangan hari raya (THR) baik dari atasannya, suaminya, kakeknya, pamannya, abangnya dan mungkin juga dari temannya.

Punya HP baru itu harus siap menghadapi berbagai cobaan. Orang yang punya HP baru seakan bertemu dengan pacar baru, bawaannya tidak mau lepas. Kalau habis punya HP baru, siap-siap dimarahi ibu, istri, dan lainnya. Orang yang punya HP baru seharian cuma ngurusi HP nya saja.

Kalau ada orang lain yang pegang HP baru itu, bawaannya sewot. Suruh orang itu hati-hati, jangan sampe kotor apalagi jatuh.

7 Hal Penting yang dilakukan Setelah Membeli HP Baru
Buat kamu yang lagi punya HP baru, admin ada beberapa tips berisi 6 Hal Penting yang dilakukan Setelah Membeli HP Baru.

1. Memasang Anti gores dan Hard Cover
Sebagian HP sudah include anti gores. Sehingga tidak perlu dipasangi lagi anti lecet ini. Namun bagi kamu yang HP nya belum tersemat anti gores, maka wajib bagimu membeli perlengkapan perlindungan fisik HP dari lecet dan benturan. Salah duanya adalah memasang anti gores dan cover.

2. Setel Bahasa
Saat menyalakan HP baru pertama kali biasanya dilakukan proses instalasi dan setelan dasar. Setelan dasar meliputi setelan bahasa, akun Google (Gmail), dan jenis koneksi internet (Wifi &/ Data Seluler). Aturlah bahasa HP yang ingin digunakan. Pengaturan ini juga bisa diubah lagi kapan pun kamu mau melalui menu Pengaturan.

3. Menambahkan Fitur Keamanan
Fisik HP sudah OK karena sudah memiliki anti gores serta menggunakan cover body. Selain perlindungan fisik, perlindungan privasi pemiliki HP sangat penting. Salah satunya dengan menambahkan fitur-fitur keamanan.

Fitur-fitur keamanan berupa kata sandi pada smartphone terkini sangat beragam jenis. Mulai dari kode angka, gambar pola, sidik jari, dan deteksi wajah. Kamu tidak harus menggunakan semua jenis kode sandi tersebut. Gunakanlah jenis kode sandi yang sekiranya mudah untuk diingat.

Jika kamu punya HP baru maka kamu dapat menambahkan minimal 2 jenis kode sandi. Misalnya kamu dapat memilih kode angka dan sidik jari. Admin sendiri lebih menyukai kode sandi berupa gambar pola dan sidik jari.

Pada jenis HP yang pernah admin gunakan, jika kamu menggunakan kode angka dan sidik jari maka saat menyalakan ulang HP kamu harus memasukkan kode angka. Sidik jari hanya dapat digunakan setelah kamu berhasil memasukkan kode angka dengan benar. Sedangkan kalau menggunakan gambar pola dan sidik jari maka kamu akan diminta menyelesaikan gambar pola saat pertama kali menghidupkan HP.

Kesalahan dalam menyelesaikan kode sandi dapat menyebabkan kartu SIM terblokir. Lebih parah lagi kalau HP terblokir karena lupa kata sandi. Sesudah memasang kode sandi maka sebaiknya catatlah pada buku pribadimu supaya lebih aman.

4. Registrasi Kartu SIM
Kalau kamu baru saja punya HP baru atau mau ganti kartu SIM, jangan lupa untuk melakukan registrasi kartu SIM. Masukkan kartu SIM ke slot kartu SIM di HP, kemudian akses nomor operator untuk pendaftaran nomor SIM. Tunggu hingga ada SMS konfirmasi bahwa kartu SIM berhasil didaftarkan.


5. Beli Paket Data Internet
Beli smartphone kalau tidak buat internet jadinya apalah-apalah, hehe. Salah satu peluru yang musti disiapkan setelah membeli HP baru (android) ya Paket Data. Kamu bisa beli paket data seluler di konter/gerai di lingkunganmu.

6. Menambahkan Akun
Untuk menjaga keamanan HP baru, berikutnya adalah menambahkan akun. Akun utama yang perlu ditambahkan adalah akun Google atau Gmail. Akun Google atau Gmail akan terhubung dengan semua layanan Google (Android) seperti Chrome, Playstore, dan lain-lain.

Jika belum mempunyai akun Gmail, kamu dapat membuatnya terlebih dahulu. Kalau sudah menambahkan Gmail, kamu dapat menambahkan akun lainnya seperti Yahoo, dll.

7. Login ke Medsos
Setelah melakukan 6 langkah di atas, sebenarnya HP baru mu sudah siap digunakan. Namun ada 1 lagi yang perlu yaitu login ke medsos seperti login ke facebook, twitter, instagram, telegram, dan medsos lainnya yang kamu butuhkan.

Jika aplikasi facebook, twitter, instagram, telegram, dan medsos belum ada, kamu bisa install aplikasi tersebut dulu dengan mengaktifkan Wifi atau jaringan data HP kamu. Setelah login ke medsos tersebut maka semua akun medsos ini akan tersimpan di daftar akun HP. Kamu bisa akses daftar akun ini melalui menu Setelan Langkah ini bisa menjadi salah satu tindak menjaga keamanan HP kamu.

Demikian 7 Hal Penting yang dilakukan Setelah Membeli HP Baru. Semoga bermanfaat.

Berkomentarlah dengan bijak.
Show EmoticonHide Emoticon