Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Tips Yang Dapat Dilakukan Jika Salah Memilih Jurusan Kuliah

Share :
7 Tips Yang Dapat Dilakukan Jika Salah Memilih Jurusan Kuliah

Halo apa kabar semua? Semoga sehat selalu. Karena sekarang udah mulai kampus Online jadi kemungkinan besar banyak yang tidak menyangka bahwa pelajaran kampus tidak berbanding lurus dengan pelajaran SMA yang sesuai minat dan passionmu, misalnya minat dan passion kalian ada pada bidang keagamaan  dan kalian masuk jurusan IPA. Mungkin karena jurusan itu yang menerima atau ikut-ikut teman.

Pasti buat kalian yang nggak pernah mempelajari pelajaran-pelajaran IPA pasti akan terkejut atau heran karena Mata kuliahnya banyak praktikum. Sehingga lama kelamaan kalian akan susah menyesuaikan karena hal-hal yang baru membutuhkan banyak waktu untuk menyesuaikan. Kalau kalian tidak cepat menyesuaikan dengan lingkungan baru, kalian bisa ketinggalan dan akhirnya merasa minder dengan pelajaran, praktikum, laboratorium dan sebagainya. Akhirnya ada yang mungkin mulai putus asa, down, malas kuliah dan akhirnya dropoff (DO).

Emang sih ada yang merasa biasa saja untuk semester pertama tapi menurut pengalaman mimin sih semester pertama itu baru embel-embelnya saja, dan kemungkinan jika kalian tak menyesuaikan diri dengan jalan ninjamu saat ini, kamu akan menyesal disemester pertengahan atau semester akhir. Dari permasalahan inilah mimin akan memberikan beberapa Tips-tips yang bisa kalian lakukan ketika kalian salah memilih jurusan.


Pelajari Ketertinggalanmu

Jika kalian masih banyak ketinggalan dari segi pelajaran, coba deh mimin saranin untuk lebih banyak belajar tentang pelajaran kampus daripada sibuk mengeluh, bisa saja dari kalian mempelajari ketertinggalan akan menjadi titik tolak kalian untuk terus berusaha dan menikmati jurusan yang sedang kalian tempuh. Kalian bisa mencari referensi mengenai jurusan kalian, bisa saja kalian menjadi termotivasi dan menamatkan kuliah kalian. 

Jangan Panik 

Saran dari mimin sih banyak-banyakin untuk bersyukur dari pada mengeluh karena banyak yang sedang mengincar bangku yang sedang kalian duduki saat ini. Tetap tenang dan jangan panic jika jurusannya tak kamu sukai. Banyak loh orang yang sukses dari latar belakang yang berbeda misalnya pengusaha-pengusaha kaya, kalau difikir kebanyakan dari mereka tak harus punya tittle ekonomi tapi buktinya dengan minat, mereka juga bisa sukses. JALANIN AJA

Konsultasikan kepada dosen pembimbing/ dosen wali

Bisa saja dengan kalian curhat ke dosen wali dapat mempermudah bebanmu. Biasanya kalian dimudahkan dulu untuk tidak mengambil banyak SKS, hal ini bertujuan agar kalian dapat mengejar ketertinggalan. Itulah tujuan adanya dosen wali agar mempermudah urusan akademiknya kalian guys.

Rajin belajar jangan Malas!

Emangsih lagi berada dizona kehilangan arah atau stress tapi ini semua jangan dijadikan alasan untuk nggak mau kuliah atau tidak mau praktikum. Ingat yahh kalian lagi dibanggakan oleh orang tua kamu, jangan kecewain mereka guys. Tetap jalanin apa yang telah kamu mulai karena sebuah masalah pasti ada solusinya tergantung dari kita untuk berusaha untuk mencari solusi dari setiap permasalahan kalian. Tetap semangat.

Ikuti organisasi

Kalian juga bisa untuk mencoba ikut organisasi yang sesuai dengan minat kalian, contoh kalian bisa ikut organisasi keagamaan jika minat mu ada pada organisasi tersebut. Tapi jangan terlalu focus dengan organisasi karena banyak orang yang akhirnya terlena dengan organisasi dan melupakan kuliah mereka.

Pindah jurusan

Jika tips-tips diatas nggak ngaruh pada kalian, terpaksa mimin saranin untuk pindah jurusan berangkali itu adalah jalan ninja kalian. Tapi jika kalian masih bisa untuk bertahan, tetaplah bertahan meski badai menerjang.

Ambil S2

Kalian juga bisa pilih tips yang satu ini. Tapi untuk ambil s2 kalian juga bisa memilih jurusan favorit kamu jangan sampai salah jurusan lagi, karena masa ini kalianj sudah bisa menentukan dengan mantap jalan ninja kalian.

Bagaimana?? Jika kalian masih bingung nih ada baiknya juga jika berkonsultasi kepada orangtua, mungkin mereka bisa membantu. Mungkin itu saja tips-tips dari mimin semoga bermanfaat. Tetap berusaha untuk maju walaupun kalian harus merangkak. Jangan patah semangat meskipun bukan minat kalian, belajar adalah solusinya. Ingat dunia perkuliahan itu berbeda dengan dunia SMA, bukan saatnya untuk main-main lagi. See u next article bye.

Penulis : Liza Amalia
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "7 Tips Yang Dapat Dilakukan Jika Salah Memilih Jurusan Kuliah"