Depositphotos

3+ Rahasia Strategi Penjualan Sukses Le Minerale Berkompetisi Dengan Aqua, Pebisnis Perlu Tahu !

{tocify} $title={Table of Contents}
 
Aqua, begitu mendengar nama ini pasti otak anda langsung berpikir dengan sebuah merk air minum dalam kemasan. Meskipun produknya hanya Air putih branding yang dimiliki Aqua sangat kuat sekali. Bahkan semenjak pertama kali produk ini beredar tahun 1973 hingga era 2000an, dominasi Aqua sebagai pelopor pasar sangat sulit dibendung. Aqua jelas memiliki kompetitor, ada berbagai merk yang berusa bersatu dalam industri yang sama, tapi Aqua seakan seperti raja yang tahu bagaimana mempertahankan tahtanya.

Namun kondisi tersebut mulai berubah di tahun 2015. Sebuah produk bernama " Le minerale" hadir sebagai ancaman nyata Aqua. Le minerale berbeda dari merk-merk kemasan air minum pendahulu yang gagal memutus dominasi Aqua. Gebrakan yang dilakukan oleh merk dalam negeri ini, benar-benar berhasil menarik masyarakat. 

Rahasia Strategi Le Minerale Berkompetisi Dengan Aqua, Pebisnis Perlu Tahu !
Doc. Pribadi

Jika dulu anda pasti lazim melihat pemandangan Aqua berjejer di rak-rak warung, minimarket hingga supermarket, kini keadaannya beda, Le minerale mulai mengejar prestasi yang digapai Aqua. Kedua produk ini sering berjejer di rak yang sama dengan frekuensi penjualan yang tidak beda jauh.

3+ Rahasia Strategi Le Minerale Berkompetisi Dengan Aqua, Pebisnis Perlu Tahu !

Lalu apa sih rahasia strategi Le Minerale sehingga bersaing dengan Aqua ? Simak Ulasan berikut ini:

Kekuatan Nama

Rahasia pertama yang mereka lakukan untuk bersaing dengan Aqua adalah nama. Sepintas bila anda memaknai nama " Le Minerale" kemungkinan yang terpikirkan adalah merk tersebut berasal dari luar negeri. Aksen nama " Le Minerale" berasal dari bahasa Perancis yang berarti air mineral. Tapi yang mengejutkannya adalah Merk air minum dalam kemasan ini berasal dari Indonesia.
PT Tirta Fresindo Jaya adalah anak perusahaan Mayora yang memproduksi Le Minerale dari tahun 2015 hingga sekarang. 

Ada alasan kenapa nama " Le Minerale" dipakai karena ada 1 penelitian yang mengatakan bahwa masyarakat Indonesia lebih tertarik pada produk yang mempunyai nama luar negeri. Ada 1 sugesti dalam masyarakat yang menilai produk dengan nama asing lebih memiliki kualitas dan reputasi.


Tagline Iklan

Le Minerale sudah berhasil membuat orang-orang kepincut karena strategi iklannya. Jika anda sering melihat televisi, pasti pernah menonton iklan merk minuman ini dengan tagline " ada manis-manisnya". Meskipun hanya 2 patah kata, tapi efeknya terhadap alam bawah sadar penonton begitu efektif.

Le Minerale berhasil mendorong rasa penasaran, masyarakat jadi ingin membuktikan apakah Le Minerale memang mempunyai rasa yang berbeda daripada air putih lainnya. 

Ini jadi perhatian karena selama ini, tidak ada pelaku industri minuman air putih yang berusaha menciptakan rasa baru dalam produknya. Le Minerale mampu meyakinkan masyarakat bahwa minuman air putih tidak selamanya rasanya monoton.

Setelah ditelusuri rasa manis yang ada dalam minuman Le Minerale berasal dari proses mineral protection system, yang membuat kandungannya tetap utuh.

Desain Botol

Le Minerale mencoba memberikan kesan yang berbeda dari desain minumannya. Jika selama ini minuman air putih dikenal dengan desainnya yang polos, Le Minerale berhasil merubah Citra Tersebut. Strategi ini efektif untuk menyasar orang yang belum memiliki referensi. Ketika mereka datang ke minimarket, kemudian menuju kulkas, minuman yang kemungkinan dilirik adalah yang bentuk visualnya berbeda. Dan Le Minerale punya keunggulan tersebut. Mereka tahu caranya memainkan psikologi konsumen. 

Botol Le Minerale memiliki aksen menonjol yang mudah diingat, ini menimbulkan efek repetisi. Konsumen akan mengingat botol tersebut dan akan membelinya kembali.

Inovasi Yang Belum terpikirkan kompetitor

Alasan terbesar kenapa Le Minerale bisa melawan Aqua adalah inovasi produknya. Untuk melawan merk yang sudah memimpin pasar selama puluhan tahun, Le Minerale harus punya senjata yang tidak dimiliki Aqua. Dan mereka berhasil menemukan celah tersebut.

Aqua memiliki produk air galon dengan sistem isi ulang. Ini merepotkan untuk sebagian konsumen, karena harus repot membawa galon ke depot air, perlu dua orang setidaknya untuk menyetir kendaraan dan membawa galon.

Le Minerale tahu akan masalah tersebut hingga akhirnya mereka meluncurkan produk Air Galon sekali pakai. Pembeli bisa mendapatkan air sekalian galonnya. Sehingga konsumen tidak usah repot mengisi ulang. Setiap pembelian Le Minerale Galon, konsumen mendapatkan jaminan Air dan kemasan yang steril.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Saria Bakti
Dipublikasikan oleh : Saria Bakti
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos