Cara Kalibrasi Drone MJX Bugs 3H dengan benar

Cara Kalibrasi Drone MJX Bugs 3H dengan benar



Drone - MJX Bugs 3H merupakan salah satu drone Non-GPS. Kalibrasi Drone Non-GPS tidak membutuhkan proses kalibrasi yang rumit dibandingkan drone GPS.

Kalibrasi drone sangat penting sebelum melakukan penerbangan. Begitupula pada MJX Bugs 3H ini. Dengan melakukan kalibrasi, drone bisa terbang lebih stabil dan bisa mengenal orientasi sekitar dengan baik.

Teknik kalibrasi drone GPS dengan non-GPS berbeda. Drone GPS memerlukan kalibrasi lebih banyak dari versi non-GPS. Pada drone GPS, dengan melakukan kalibrasi maka drone bisa menentukan titik awal take off. Sehingga dapat menemukan jalan pulangnya ketika pilot memberikan perintah RTH (return to home).




Drone MJX Bugs 3H/Foto:Pribadi

Baca juga:


Sebelumnya, simak kembali spesifikasi lengkap Drone MJX Bugs 3H.

Brand MJX
Model (Item No) BUGS 3 H
Motor Brushless 1806 1800KV
Frekuensi 2.4 GHz
Channel 4
Gyro 6 Axis
ESC Independent ESC 8A
Baterai Lipo 2S 7.4V 1800mAH soket XT30
Jarak kontrol mencapai 300 meter
Waktu terbang sekitar 18 menit
Waktu charger 180 menit
Fungsi Altitude Hold, Acro mode, rolling 360 derajat
Kamera FPV C 4020 & G5820 5,8 GHz (opsional)
Kamera yang kompatibel Action cam (GOPRO, Xiaomi, Eken, dll), C4000, C5000 & C6000
App Bugs Go


Cara Kalibrasi Drone MJX Bugs 3H dengan Benar

Pengendalian drone MJX Bugs 3H menggunakan Mode 2. Ini berarti tuas sebelah kiri untuk take off/landing dan tuas kanan untuk orientasi maju-mundur-kanan-kiri. Cara kalibrasi drone MJX Bugs 3H dapat dilihat di buku manualnya. Berikut cara kalibrasi drone MJX Bugs 3H dengan benar.

1. Letakkan drone pada permukaan yang datar.

2. Hidupkan transmitter/remote control drone. Cara menghidupkan RC dengan 'tekan dan tahan tombol Gembok Merah dan geser/slide tombol OFF/ON ke posisi ON'. RC otomatis berbunyi 'bep bep' dan lampu indikator RC warna merah akan berkedip-kedip beberapa saat, kemudian berhenti berkedip (solid). RC siap menerima signal drone.

3. Hidupkan drone dengan menghubungkan kabel connector pada baterai drone dengan tepat. Pastikan kabel Hitam terpasang pada posisi Negatif dan Merah pada posisi Positif. Lampu indikator drone bagian depan dan belakang akan berkedip terus menerus secara perlahan sampai drone mendapatkan sinyal RC. Jika lampu indikator done sudah solid (tidak berkedip) lagi maka calibrasi Gyro drone sebenarnya sudah selesai. Drone sudah terkoneksi dengan baik dengn RC.

5. Terakhir, geser kedua tuas secara bersamaan ke arah sudut kanan bawah secara bersamaan untuk menyempurnakan calibrasi Gyro. Jika benar maka lampu indikator drone akan berkedip cepat selama beberapa detik kemudian berhenti dan menyala secara solid.

Dengan melakukan proses kalibrasi di atas maka drone sudah siap diterbangkan. Jika pada saat sudah take off, drone belum stabil maka lakukan Trim pada drone untuk menstabilkan drone.



Rekomendasi Bacaan:

Hai..Terima kasih sudah membaca artikel Glozaria. Masih banyak artikel menarik lainnya. Selamat menjelajah di Glozaria. Jangan lupa subscribe/berlangganan, terima kasih.

×
Related Posts

Admin

Author & Editor

Terima kasih sudah berkunjung. Glozaria sangat bangga bisa menjadi bagian dari ceritamu hari ini.

Show Disqus Comment Hide comment

Disqus Comments

We are very glad that you are here

Notification


Welsome to our Site....