Friday, July 12, 2019

author photo
Laptop di era sekarang ini sudah menjadi keperluan, ya. Siapa saja mulai dari pelajar, mahasiswa sampai pekerja nyaris membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas-tugas mereka. Karena itu, keawetan laptop menjadi hal yang penting. Laptop yang sehat dan awet akan sangat membantu meringankan pekerjaan.

Namun, acap kali laptop mengalami kerusakan, ya. Salah satu komponen yang rentan rusak adalah baterai. Baterai sendiri merupakan komponen utama yang tidak boleh rusak dari laptop. Tanpa baterai, laptop tidak akan bisa berfungsi.

Cara Agar Baterai Laptop Tahan Lama dan Awet

8 Cara Agar Baterai Laptop Tahan Lama dan Awet

Apakah baterai laptopmu masih sehat, atau justru cepat sekali habisnya? Jika iya, begini lho, cara membuat baterai laptop tetap awet!

Cabut Saat Sudah Full Terisi

Salah satu penyebab dari cepat habisnya baterai laptop adalah baterai sudah mengalami kebocoran. Salah satu cara untuk mencegah hal itu adalah dengan melakukan cara yang satu ini. Rupanya, charger yang tidak dicabut saat sudah penuh adalah penyebab utama dari kebocoran baterai laptop. Membiarkan arus listrik terus mengaliri baterai ternyata tidak baik, lho! Itu dapat merusak komponen-komponen yang ada di dalam baterai. Karenanya, hindarilah hal ini. Jangan sampai kamu mencharger laptop kemudian ditinggal tidur atau pergi. Kalau begini, kamu tidak tahu apakah laptopmu sudah penuh atau belum.

Jangan Sampai Laptop Mati Total

Cara mengatasi baterai laptop agar tetap awet selanjutnya adalah dengan tips yang satu ini. Jangan sampai membiarkan laptopmu sampai mati total. Biasanya, karena terlalu asik nonton film atau main game, kamu akan lupa mengisi baterai laptop kalau tidak sampai benar-benar mati. Kebiasaan ini ternyata tidak baik, lho. Membiarkan baterai laptop sampai 0% merupakan hal yang bisa berakibat fatal. Laptop yang tiba-tiba mati terlalu sering saat sedang digunakan begini akan jadi cepat rusak. Jadi, kamu harus selalu usahakan untuk mengisi baterai laptop sebelum daya baterainya mencapai 20% ke bawah.

Pastikan Memakai Charger Original

Yang satu ini rupanya bisa memengaruhi seberapa awet baterai di laptopmu, lho! Ya, kamu harus memastikan bahwa charger yang kamu gunakan harus original atau bawaan dari pabrik laptop tersebut. Kenapa? Karena kamu akan rugi sendiri jika menggunakan charger kw. Charger yang tidak asli akan mengakibatkan arus listrik menjadi tidak stabil. Akibatnya, baterai lebih cepat rusak dikarenakan lonjakan arus yang terlalu besar ataupun terlalu kecil. Jadi, pastikan kamu selalu pakai baterai original, ya. Jangan sampai keputusan untuk berhemat dengan membeli baterai KW malah jadi berbuntut panjang.

Perhatikan Temperatur Saat Mengisi Daya

Cara mengatasi baterai laptop agar tetap awet selanjutnya adalah dengan memperhatikan temperatur saat kamu mengisi daya. Kenapa? Karena suhu adalah faktor yang mempengaruhi kinerja dari sebuah laptop. Karena itu, kamu tidak boleh meletakkan laptop pada suhu yang terlalu ekstrem, baik itu terlalu panas atau terlalu dingin. Kondisi ini bisa menyebabkan laptop bekerja lebih keras, dan akhirnya bisa menguras daya baterai laptop itu sendiri. Lebih fatalnya, laptop akan kehilangan kemampuan untuk menyimpan dayanya.

Tutup Aplikasi yang Tidak Perlu

Selain keempat cara di atas, hal yang satu ini juga patut diperhatikan jika kamu ingin baterai laptopmu tetap awet. Menggunakan banyak aplikasi pada laptop akan membuat bateraimu semakin terkuras habis. Karenanya, jika sekiranya aplikasi tersebut tidak dipakai atau tidak diperlukan lagi, tutup saja dan jangan dibiarkan terus berjalan. Ini penting untuk menjaga baterai tetap awet.

Cara mengatasi baterai laptop agar tetap awet yang lain juga masih banyak, lho. Di antaranya, matikanlah wifi saat sedang tidak digunakan untuk berselancar di internet. Kemudian, setting layar laptop jangan terlalu terang karena akan membuat daya baterai cepat habis. Selain itu, saat menggunakan multimedia gunakanlah headset. Pemakaian speaker dapat menguras baterai laptopmu.

Nah, itulah beberapa cara membuat baterai laptop agar tetap awet yang bisa kamu terapkan. Bagaimana, mudah dicoba bukan? Daripada harus sampai ganti baterai yang mahal harganya, lebih baik ikuti cara di atas. Semoga bermanfaat!

Foto Ilustrasi : www.lebahmaster.com


Penulis : Dyah
Editor : Admin

Artikel ini telah disunting sebagian oleh Admin. Namun konten artikel ini sepenuhnya merupakan tanggungjawab dari Penulis.

This post have 0 komentar

Berkomentarlah dengan bijak.

Next article Next Post
Previous article Previous Post
 

Subscribe Our Newsletter