Cara Memotret dengan Kamera HP Seperti Fotografer Pro


Salah satu fungsi utama kamera adalah untuk mengabadikan momen-momen indah anda bersama dengan keluarga dan sahabat anda. Sebagian orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk bisa menyewa fotografer yang bagus. Bahkan beberapa orang sampai melibatkan pilot drone untuk mendokumentasikan momen indahnya seperti pada acara pernikahan, pra-wedding, dan lain sebagainya.

Namun karena harganya yang mahal, anda tidak bisa setiap waktu menyewa fotografer atau pilot drone, hanya untuk mengabadikan momen anda.

Solusinya adalah dengan menggunakan kamera yang ada di HP anda sendiri.

Dengan menyimak tips berikut, anda akan bisa mengambil foto melalui kamera handphone anda sebagus kameramen professional.

Tutorial ini diutamakan untuk pemula, jadi tutorial ini sangat dasar.


Cara Memotret Di HP Seperti Fotografer Pro

1.Perhatikan Cahaya

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah cahaya.. Bahasa kerennya lightning. Cahaya adalah hal utama yang harus anda perhatikan ketika mengambil foto.

Untuk foto normal, ambillah foto di tempat yang terang. Cahaya menghadap ke obyek yang difoto. 

Jika anda memotret teman anda, pastikan cahaya menerangi wajah mereka, dan background belakang lebih gelap dari obyek yang anda foto. Namun jika anda sudah ahli, anda bisa menggunakan pencahayaan lain.

Beberapa macam sudut cahaya menghasilkan makna yang berbeda. Di studio, mereka memakai lampu. Bagaimana jika tanpa lampu? 

Pada dasarnya caranya sama saja, anda bisa menggunakan cahaya alami dari matahari atau jendela rumah anda untuk sumber pencahayaan. Praktekan dulu, Nanti anda akan semakin ahli setelah beberapa kali praktek. 

2. Gunakan Autofocus

Setiap kamera keluaran baru dengan harga diatas 1 juta biasanya sudah memiliki kamera dengan fitur autofocus

Fitur ini berfungsi seperti mata manusia yang bisa memfokuskan foto pada obyek utama. Hal ini akan membuat obyek utama terlihat jelas dan background terlihat bokeh (blur). 

Untuk menggunakan cara ini, masuklah pada aplikasi kamera anda, dan ketuklah ke obyek utama anda. Autofocus akan secara otomatis memusatkan fokusnya pada obyek utama anda. 

3. Obyek Harus Bisa Natural

Foto yang paling bagus adalah yang memiliki makna didalamnya.. Jika anda memotret manusia, pastikan anda bisa membuat mereka mengeluarkan emosi mereka, entah itu kebahagiaan, ataupun emosi lain. 

Sebagus apapun fotonya, jika ekspresi obyeknya tidak bagus maka foto tersebut tidak akan bisa sempurna. 

Untuk mengeluarkan emosi kebahagiaan mereka, anda bisa menggoda mereka, mengajak bercanda, kemudian ambilah foto obyek anda ketika mereka sedang tertawa, atau tersenyum bahagia. 

Semakin natural ekspresi obyek, maka akan semakin bagus foto anda. 

4. Sesuaikan Komposisi Foto 

Komposisi adalah salah satu hal dasar yang harus anda pelajari jika ingin bisa mengambil foto menggunakan kamera hp dengan baik. 

Cara paling mudah untuk memastikan komposisi foto anda bagus adalah dengan menggunakan garis bantu. 

Hampir semua kamera hp jaman sekarang sudah memiliki garis bantu ini. Pada pengaturan default anda mungkin tidak akan menemukan garis ini, namun anda bisa memunculkanya dengan setelan di pengaturan kamera. 

Jika kamera anda tidak memilikinya, anda bisa mengira-ngiranya, 

Jika anda sudah mempelajari caranya, maka yakin anda sudah bisa mengambil foto seperti kameramen profesional. 

5. Teruslah Berlatih

Hal terpenting dalam belajar fotografi adalah seberapa sering anda melatih insting anda dalam mengambil foto. 

Jika masih awal, mungkin foto anda tidak akan terlihat bagus, namun jika anda terus melatih cara pengambilan gambar, maka lama kelamaan anda akan mendapatkan feel nya. 

Jika perlu, anda bisa berkumpul dan belajar dengan orang-orang yang memiliki hobi fotografi ponsel. Ini salah satu grup fotografi ponsel yang bisa anda masuki:

https://www.facebook.com/groups/kofipon/

Kesimpulan

Hal paling utama dalam pengambilan foto adalah pencahayaan dan komposisi, jika anda sudah bisa keduanya, maka itu sudah cukup untuk menjadi landasan anda memotret seperti kameramen pro.

Itulah cara memotret di hp seperti kameramen professional, semoga bermanfaat

Penulis : Aqilda
Ilustrator : Aqilda
Editor : Admin

Artikel ini telah disunting sebagian oleh Admin. Namun konten artikel ini sepenuhnya merupakan tanggungjawab dari Penulis.

Berkomentarlah dengan bijak.
Show EmoticonHide Emoticon