Ingin Sukses Tes CPNS 2019? Simak Tips Berikut!


Ingin sukses tes CPNS? Simak tips berikut! Pegawai Negeri Sipil atau PNS memang masih menjadi pekerjaan yang diincar oleh sebagian besar masyarakat. Tidak heran ya, karena seorang PNS adalah abdi negara yang kesejahteraan hidupnya sudah dijamin. Tidak hanya gaji yang lancar setiap bulannya, tapi juga mendapatkan tunjangan pensiunan saat tua nanti. Jadi PNS memang cara aman untuk hidup di negeri ini.

Namun begitu, untuk bisa menjadi seorang PNS tidak mudah. Ada beberapa tes yang harus dijalani dan tidak sedikit pula orang yang berguguran menghadapi tes ini. Nah, jika tidak mau begitu, Anda bisa coba tips sukses tes CPNS berikut. Bagaimana saja tipsnya? Simak postingan ini sampai selesai, ya!

Tips Sukses Tes CPNS 2019

Kenalilah Tahapan Ujian

Tips yang pertama agar Anda sukses menjalani tes CPNS dan akhirnya diterima menjadi PNS adalah yang satu ini. Sebelum mengikuti tes, ada baiknya Anda mengenali lebih dahulu tahapan-tahapan ujiannya. Karena, tes CPNS memang terdiri dari berbagai tahapan dan tidak sekali selesai, dengan sistem gugur. Secara umumnya ada dua seleksi yang harus dilalui para peserta ujian, yakni Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB, dan Tes Kompetensi Dasar atau TKD.

Kemudian, ada lagi Tes Wawasan Kebangsaan atau TKW, yang tentunya berisi soal-soal tentang nilai kebangsaan RI. Soal ini biasanya berupa Pancasila, UU, sejarah Indonesia, sampai empat pilar kebangsaan Indonesia.  Tips sukses tes CPNS berikutnya adalah dengan berhasil menyelesaikan soal Tes Intelegensia Umum atau TIU. Tes ini bertujuan untuk menguji kemampuan lisan, verbal, serta numerik. Soal-soalnya pun masih seputar deret hitungan, akronim, sinonim, logika matematika dan sejenisnya.

Tes selanjutnya yang harus dilalui adalah Tes Karakteristik Pribadi atau TKP. Di sini, Anda akan disuguhi materi untuk menguji integritas diri, kreativitas, kerjasama, profesionalitas dan sebagainya. Soal ini akan memiliki jawaban yang sangat subjektif, bahkan bisa dikatakan bahwa jawaban tersebut semuanya benar. Karena itu, Anda harus lebih teliti dan hati-hati. Jika sudah mengenal ketiga tes ini, maka Anda bisa lebih siap untuk menghadapinya.

Belajarlah dengan Konsisten

Tips sukses tes CPNS selanjutnya adalah yang satu ini. Sebagian besar orang meremehkan soal ujian tes CPNS dengan asumsi yang bermacam-macam. Padahal, untuk bisa lulus dan mengalahkan puluhan ribu pendaftar lainnya, tentu butuh usaha dan belajar yang lebih keras, ya. Karena itu, belajarlah secara konsisten. Tidak perlu lama-lama, cukup luangkan waktu kira-kira 30 menit per harinya untuk mengisi soal CAT. Ini akan membuat Anda menjadi terbiasa dan tidak kaget saat menghadapi ujian yang sebenarnya nanti.

Berlatih Simulasi CAT

Apakah hal ini perlu? Tentunya perlu supaya Anda terbiasa. Di era ini, ujian CPNS dilakukan dengan komputer, dan mungkin saja Anda sama sekali belum pernah menghadapi hal serupa sebelumnya? Jika belum berpengalaman ujian dengan komputer,  maka Anda harus berlatih supaya tidak gugup. Sekarang ini sudah banyak website yang menyediakan aplikasi untuk simulasi CAT ini. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi di mana harus berlatih.

Hadapi Ujian dengan Tenang

Yang satu ini mungkin merupakan tips sukses tes CPNS yang Anda anggap sepele. Tapi jangan salah, ini justru besar pengaruhnya pada hasil ujian Anda. Rasa grogi dan kurang tenang dalam menghadapi ujian bisa membuat Anda menjadi susah berpikir. Kalau sudah begini, rasa gugup tiba-tiba akan mendera dan Anda jadi menyelesaikan soal sekenanya. Berbeda jika Anda tenang dan mantap saat ujian, tentu Anda akan bisa berpikir lebih maksimal. Ketenangan saat ujian ini tentu didapat dari hasil belajar dan latihan yang optimal.

Jagalah Kesehatan

Tips yang satu ini juga kedengarannya sepele dan mungkin tidak disadari oleh sebagian orang. Tapi percayalah, menghadapi ujian dengan kondisi tubuh yang fit dan prima akan memudahkan Anda. Mendekati hari H ujian, jangan terlalu capai dan jagalah kesehatan dengan optimal.

Itu dia beberapa tips sukses tes CPNS yang bisa Anda ikuti. Selain itu jangan lupa pula untuk selalu berdoa, meminta restu kedua orangtua, dan menggunakan waktu ujian dengan maksimal. Jadi bagaimana, sudah siap menghadapi tes CPNS berikutnya? Semoga sukses, ya!


Foto Ilustrasi : grid.id


Penulis : Dyah
Editor : Admin

Artikel ini telah disunting sebagian oleh Admin. Namun konten artikel ini sepenuhnya merupakan tanggungjawab dari Penulis.

Berkomentarlah dengan bijak.
Show EmoticonHide Emoticon