Cara Mematikan Windows Update yang berjalan otomatis di Windows 7 Profesional

Beberapa minggu ini saya merasa kesal dengan perilaku sistem Windows yang berjalan di komputer saya. Saya menggunakan OS Windows 7 Profesional. Komputer saya kebetulan baru saja selesai diservis dan install ulang windows-nya karena ganti harddisk.

Apa yang membuat saya kesal?. Nah setiap kali melakukan shutdown maka komputer pasti akan melakukan update secara otomatis. Jelas  saya harus menunggu beberapa saat sebelum memulai pekerjaan saya.

Ternyata ini juga terjadi beberapa kali saat baru saja menyalakan komputer. Keadaan ini terjadi terus beberapa kali sehingga saya mulai mengganggu pekerjaan saya yang kadang butuh efektifitas waktu.

Update sistem operasi (OS) secara otomatis merupakan hal yang disarankan oleh Windows. Seperti tampak pada gambar berikut.



Buat anda yang pernah mengalami kejadian seperti ini dan ingin mengubah setelan bawaan ini menjadi manual maka anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah.


Cara Mematikan Windows Update yang berjalan otomatis di Windows 7 Profesional


1. Buka Control Panel pada komputer. Caranya klik pada logo Windows teruk Klik Control Panel.
2. Klik System and Security.
3. Klik Windows Update.
4. Pada baris Important Update, klik gambar segitiga, ganti pilihan yang direkomendasikan menjadi 'check for updates but let me choose whether to download and instal them'. Lalu klik OK.


Jika sudah ada yang perlu diupdate, anda akan mendapatkan notifikasinya. Anda hanya perlu klik pesan/notifikasi tersebut untuk memulai menginstall pembaruannya.


Nah kalau anda klik pesan di atas maka kita akan melihat tampilan seperti ini.


Jika anda hendak melakukan update maka anda tinggal klik Install updates untuk mulai menjalankan.

Demikian informasi mengenai Cara Mematikan Windows Update yang berjalan otomatis di Windows 7 Profesional. Semoga bermanfaat.

Berkomentarlah dengan bijak.
Show EmoticonHide Emoticon