Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengapa Melakukan Video Conference Dengan Zoom? Whatsapp Juga Bisa

Share :
Ditengah masa Pandemi Covid-19 seperti ini membuat beberapa orang merasa kesepian karena harus mematuhi aturan pemerintah yang mengharuskan kita agar tetap berada di rumah saja. Hal ini membuat hampir semua orang kehilangan semangat- nya karena tidak bisa bercakap dengan sahabat, pergi belanja atau bahkan pergi untuk sekedar jalan - jalan. Karena kondisi ini, beberapa orang juga tidak bisa pulang ke kampung halaman masing-masing. 

Tak heran apa bila banyak dari kalangan remaja yang terus memperbarui status di akun facebooknya yang mengatakan bahwa dirinya rela tak pulang kampung dan berani berkorban untuk menjaga kesehatan keluarga dan kampung halaman mereka. 

Menyingkapi hal ini, WhatsApp menjajal fitur barunya yang bisa dimanfaatkan oleh sejumlah pengguna untuk mengurangi rasa stres saat mengalami Pandemi dan kemungkinan akan berlaku selamanya.

Fitur yang diluncurkan oleh whatsapp tersebut adalah Grup Video Call terbaru yang nantinya bisa digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi sampai ke 8 orang dalam sekali panggilan. Memang, Fitur ini sebelumnya sudah ada namun masih dibatasi yaitu sebelumnya pengguna hanya dapat membuat Grub call yang terdiri maksimal 4 orang saja.

Ternyata, Fitur yang di publikasikan tersebut yakni video / audio call 8 orang ini menjadi pesaing baru bagi Aplikasi rapat online seperti Zoom.

Aplikasi Zoom saat ini merupakan aplikasi yang lagi booming dengan tiba-tiba memiliki jutaan  pengguna seiring dengan situasi pandemi covid-19. Dimana kegiatan berkumpul dalam jumlah besar sangat dibatasi. Sehingga perkumpulan seperti kegiatan rapat harus dilakukan lewat rumah melalui sistem vidcon (video conference).

Munculnya fitur video call pada Aplikasi whatsapp tersebut tentu bisa dijadikan alternatif penyelesaian masalah bagi mereka yang tidak bisa pulang kampung saat lebaran nanti, Meski tidak bisa berkumpul bersama teman dan keluarga, nantinya mereka bisa membuat Grub dan melakukan percakapan dan bahkan bisa saling meminta maaf secara online lewat Grub video yang dibuat olehnya.

Saat ini fitur grup video call whatsapp 8 orang ini bisa di nikmati oleh sejumlah pengguna yang memiliki perangkat ponsel dengan sistem OS Android dan IOS yang mana bisa di unduh langsung lewat Google Play store atau Via app Store.

Meski mendukung OS Android, WhatsApp masih membatasi akses fitur tersebut yaitu hanya perangkat dengan versi 4.0.3 keatas saja yang bisa menikmati dan mengunakan layanan tersebut. 

Layanan ini memang sengaja diluncurkan pada masa Pandemi Covid-19 yakni untuk membantu para pengguna agar lebih mudah dalam perihal bekerja, beribadah, dan belajar yang hanya saat ini dilakukan dirumah.

Pihak WhatsApp juga menetapkan bahwa pada bulan Maret lalu, terjadi kelonjakan hingga mencapai 15 milyar menit panggilan yang terjadi setiap hari baik itu panggilan audio maupun Video.

Hal tersebut juga memicu pihak whatsapp untuk ikut serta mempermudah pengguna melakukan berbagai interaksi meski jarak dibatasi yaitu dengan meluncurkan fitur video call yang bisa dipakai sampai 8 pengguna secara langsung.

Agar bisa menikmati layanan tersebut, bagi pengguna yang sudah menginstall aplikasi wahtasapp wajib memperbarui versi terbarunya dan jika belum memiliki bisa mengunduhnya terlebih dahulu dengan versi :

1. Khhusus pengguna Android wajib menginstall whatsapp ke versi 2.20.189
2. Khusus pengguna iPhone bisa menginstall whatsapp dengan versi 2.20.50

Nah untuk kalian yang aplikasinya belum bisa digunakan untuk membuat Grub Panggilan 8 orang maka bisa langsung perbarui terlebih dahulu ke versi diatas.

Melakukan Video Conference Dengan Whatsapp

Setelah berhasil diperbarui maka bisa langsung melakukan panggilan baik audio ataupun video hingga ke 8 orang sekaligus dengan cara :

1. Buka aplikasi Whatsapp Dan masuk pada halaman beranda
2. Tentukan salah satu kontak nomor orang yang akan di hubungi baik audio maupun video call
3. Lakukan panggilan kepada nomor yang telah di tentukan dan pastikan dia sudah menjawab panggilan yang anda lakukan
4. Setelah itu, maka pada aplikasi whatsapp orang yang anda panggil tersebut mengeluarkan icon "+" yang bisa dilihat pada bagian kanan atas, Icon tersebut berguna untuk menambahkan panggilan hingga mencapai batas maksimal 8 orang
5. Silahkan tentukan beberapa Contact orang yang akan di tambahkan dalam video call tersebut, lakukan panggilan sampai orang tersebut menjawab dan lakukan beberapa kali hingga jumlah interaksi mencapai 8 panggilan.

Melakukan Video Call Dalam Grup Whatsapp

Anda juga bisa melakukan video call dengan 8 orang langsung di Grub whatsapp yang anda buat sendiri. Hal ini tentu dapat mempermudah proses kinerja sejumlah orang. Caranya sangat mudah yaitu :

1. Buka Grub whatsapp yang sudah anda tentukan sebelumnya, pastikan member pada Grub tersebut aktif dengan pengguna yang masih aktif pula
2. Untuk memulai video call maka tekan icon telepon "+" yang letaknya berada di atas layar
3. Pilih sejumlah orang yakni maskimal 8 yang akan anda hubungi sekaligus 
4. Silahkan klik panggil untuk memulai percakapan 
5. Apabila semua pengguna menjawab penggilan maka layar akan menampilkan wajah atau orang yang sedang anda panggil tersebut secara terpisah.

Bagaimana dengan kuota yang digunakan ? Kamu tidak perlu khawatir ya, aplikasi tersebut tidak memakan paket data besar kok sehingga kamu bisa santai menikmati obrolan kamu bersama sahabat, keluarga atau rekan kerja.

Manfaat yang diperoleh pengguna ketika mengakses fitur video call 8 orang 

Hadirnya fitur Video call whatsapp yang mencapai 8 orang tersebut menuai tanggal positif dari beberapa kalangan terutama bagi mereka yang tidak bisa pulang ke kampung halaman saat lebaran 2020 nanti. Hal ini juga mempermudah masyarakat selama aturan jaga jarak masih di-berlakukan.

Dengan hadirnya fitur tersebut, Kini banyak kalangan yang memanfaatkan whatsapp sebagai alternatif untuk menghilangkan kejenuhan sekaligus bercakap bersama keluarga dirumah. Berikut manfaat lengkap yang bisa Kalian peroleh :

1. Memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan keluarga yang jumlahnya maksimal 8 orang 

2. Mempermudah proses belajar bagi para siswa selama masa Pandemi dimana sementara ini proses belajar mengajar di lakukan secara online dari rumah 

3. Bagi para sektor usaha dan pembisnis juga mengunakan video call ini sebagai langkah pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19 ketika mengadakan konferensi jarak jauh yang dilakukan dari rumah

4. Hadirnya fitur video call tersebut membuat sejumlah kalangan merasa terbantu karena bisa berinteraksi bersama sahabt. Bercanda dan berbagi lewat online dan lainya ....

Dilangsir dari situs katadata.co.id bahwa whatsapp menjajal fitur video call 8 orang tersebut agar beberapa sektor bisa tetap melakukan siaran pers selama masa Pandemi

Sedangkan dikutip dari The Economic Times Pada Rabu 22/4 yang lalu, fitur tersebut masih dalam tahap uji coba sehingga masih Beta yang hanya bisa digunakan oleh semua pengguna dengan versi yang sama.

Meskipun masih dalam tahap uji coba, fitur WhatsApp video call 8 orang tersebut sudah banyak digunakan oleh sejumlah kalangan dan menariknya, dilengkapi dengan end-to-end encryption  sehingga segala komunikasi akan tetap aman.

Belum ada komentar untuk "Mengapa Melakukan Video Conference Dengan Zoom? Whatsapp Juga Bisa"