Mengatasi Aplikasi Yang Tiba-Tiba Hilang Di Android Tanpa Root

Tidak jarang handphone android yang kita miliki digunakan oleh orang lain. Handphone android kita digunakan oleh adik, anak, saudara, dan orang terdekat lainnya. Saat handphone sudah kembali ke tangan, tiba-tiba aplikasi android hilang sendiri dari layar utama. Misalnya aplikasi pesan hilang, aplikasi galeri juga hilang. Tentu kawan pasti langsung panik kebingungan. Masalah ini umum terjadi jika handphone yang kita miliki tidak hanya dipakai oleh kita sendiri.

Aplikasi pesan, galeri, kamera, kontak, dan beberapa aplikasi serupa lainnya, biasanya merupakan aplikasi bawaan dari pabrik android tersebut. Sehingga, tidak akan hilang dari HP  kita. Sebagian orang awam akan menyimpulkan bahwa aplikasi tersebut sudah terhapus. Sehingga perlu dipasang/install lagi. Jelas langkah ini tidak diperlukan lagi karena hanya akan menghabiskan kuota data. Sementara aplikasi tersebut pada akhirnya akan mengalami kegagalan saat proses instalasi dari Playstore misalnya.

Jika terjadi masalah di atas, jurus pertama menghadapi masalah hilangnya aplikasi bawaan handphone dari layar utama adalah berusaha tenang. Selama tidak ada notifikasi terjadinya kesalahan pada sistem handphone khususnya android maka permasalahan di atas masih bisa dipecahkan dengan mudah. Contohnya, handphone android masih bisa membuka menu Pengaturan (setting).


Ikon Galeri

Cara mengatasi aplikasi pesan dan galeri hilang di android tanpa root

Untuk mengatasi aplikasi pesan, galeri, dan aplikasi bawaan android yang hilang tidak membutuhkan aplikasi dan root. Berikut cara mengatasi aplikasi pesan dan galeri hilang di android tanpa root.

1. Buka menu pengaturan (setting). Biasanya ikon pengaturan berbentuk roda bergerigi.

2. Buka menu Apl/Aplikasi/Manager Aplikasi. (tergantung jenis handphone). Untuk simulasi, admin menggunakan HP android Asus Zenfone Go.


3. Geser/slide layar ke kiri hingga menemukan tab menu Dinonaktifkan. Tab ini akan menampilkan semua aplikasi bawaan handphone yang dinonaktifkan secara tidak sengaja/sengaja. Pilih pada tiap-tiap aplikasi untuk membuka Info Aplikasi. Pada tampilan berikutnya, klik opsi Aktifkan.



Sayangnya HP android admin lagi sehat, sehingga admin simulasikan pakai aplikasi browser saja ya. Nah, sekarang kembali ke layar utama handphone. Taraa, aplikasi pesan, galeri, dan aplikasi bawaan android lainnya yang tadinya hilang sekarang sudah muncul lagi.


Nonaktifkan aplikasi bawaan android untuk meningkatkan memori bebas/tersedia android

Beberapa aplikasi android bagi sebagian orang tidak terlalu berguna dengan baik. Sebagai contoh, aplikasi Hangouts, WebStorage, Browser bawaan, Memo, dan lainnya. Aplikasi android yang jarang kita pakai sebaiknya dinonaktifkan. Tindakan ini bisa cukup melegakan memori HP android kita.
Cara menonaktifkan aplikasi android sebagai berikut.

Cara Pertama
Klik Menu pada layar utama. Klik dan tahan aplikasi yang akan dinonaktifkan. Sambil menahan aplikasi tersebut, geser ke opsi Nonaktifkan (opsi bisa berbeda tergantung jenis HP). Aplikasi android tersebut pun berhasil di nonaktifkan.

Cara Kedua
Klik Pengaturan/Setelan (Setting) >> Apl/Aplikasi/manager Aplikasi (tergantung jenis HP). Klik pada aplikasi yang akan dinonaktifkan. Klik opsi Nonaktifkan. Nah, aplikasi android tersebut pun berhasil di nonaktifkan.



Sekarang memori bebas/tersedia android pun menjadi bertambah. Kawan bisa periksa menu Penyimpanan melalui menu Pengaturan. Penambahan memori tergantung seberapa banyak aplikasi yang dinonaktifkan tentunya.
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

4 Komentar

  1. Aplikasi hilang tidak muncul di layar hanya ada gambar dua roda bergigi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Roda gigi biasanya aplikasi Setelan / Pengaturan. Coba klik saja dan lakukan seperti langkah di atas untuk mengaktifkannya lagi supaya muncul di layar hp.

      Hapus
  2. ane install red box tv di stb knp bisa ke uninstall dlm 6 jam/ keesokan harinya??
    mohon diusut
    thx

    BalasHapus
  3. Kalo di hape realme c15 gimana cara nya kak?
    Playstore sama galerinya hilang di toolbar
    Tapi buka di manajemen aplikasi ada

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama