Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

6 Pesan Tersirat Sinetron SCTV Dari Jendela SMP

Share :
Hello glozovers, apa kabar hari ini? Semoga tetap sehat-sehat yah. Kembali lagi nih di glozaria. Siapa sih yang sering banget nontonin sinetron? Tak jarang terkadang sebagian dari kita bahkan ada yang mengikuti jalan ceritanya. Lewat satu episode aja udah langsung nyesel.

Nah untuk kali ini admin akan membahas sebuah sinetron yang lagi cukup banyak penontonnya nih teman-teman. Yah admin akan membahas sinetron asal salah satu stasiun televisi nasional,  SCTV. Apalagi kalau bukan "Dari Jendela SMP" yang merupakan adaptasi dari buku karangan Mira W. dengan judul yang sama.


Udah tahu siapa saja pemeran utama sinetron ini? Pemeran Joko diperankan oleh artis Rey Bong, sedangkan Wulan oleh Sandrinna Michelle. Sinetron yang satu ini terbilang memiliki jumlah penonton yang cukup banyak. Termasuk kamu, ya kamu gaesss?

Namun siapa sangka di balik sinetron ini, ada beberapa pesan-pesan tersirat lhoo. Penasaran apa aja, yuk kita bahas satu-persatu.

Daftar Isi


Dampak Negatif Pergaulan Bebas




Nah yang pertama adalah dampak negatif pergaulan bebas. Pergaulan bebas terkadang mengasikkan namun bisa menjerumuskan seseorang ke dalam kesesalan yang tiada tara. Contohnya aja yang coba di sampaikan oleh sinetron dari jendela smp. Di mana salah satu tokoh utamanya yang bernama wulan menyesali perbuatanya dengan teman sekolahnya yang bernama joko. Dimana mereka melakukan sebuah hubungan terlarang yang mengakibatkan salah satu tokoh utamanya bernama wulan hamil.

Selain membuat pelaku pergaulan bebas menyesali perbuatan dirinya, si pelaku juga akan mendapat tekanan dari kedua orang tuanya. Karena telah membuat malu keluarga terlebih lagi jika lelaki yang sudah menghamili enggan untuk bertanggung jawab dan justru memilih untuk kabur. Nilai malu keluarga akan semakin plus di mata tetangga-tetangga dan masyarakat sekitar.

Membawa Anak Orang Kabur Bukanlah Suatu Solusi

Si penonton sejati dari sinetron dari jendela smp pasti melihat suatu adegan yang di mana si tokoh protagonis bernama joko membawa kabur tokoh protagonis bernama wulan. Hayo penonton setia pasti pernahkan melihat adegan ini hehehe. Admin rasa ada pesan tersirat nih dari adegan itu. Mau tau apa pesan tersiratnya? Ini hanya anggapan admin sendiri yah jadi kalau ada kesalahan tolong di maafkan!

Admin rasa pesan tersiratnya adalah membawa kabur anak orang bukanlah suatu solusi. Justru itu akan menjadi calon sumber masalah baru karena dengan membawa kabur anak orang akan memunculkan rasa cemas dan khawatir dari sang orangtua baik itu orang tua laki-laki maupun orang tua perempuan. Jadi admin rasa kalau kalian punya masalah yang sebelas dua belas dari masalah yang dihadapi joko, sebaiknya jangan menirunya yah. 

Tindakan ini akan menjadi sumber masalah baru. Saran admin sih, kalian datang ke orang tua si wanita lalu bicara baik-baik ama orang tuanya dan berusaha meyakinkan kalau kalian itu sudah siap dan mampu untuk menghidupi putrinya. Namun, ini hanya saran buat yang sudah terlanjur melakukan seperti apa yang telah dilakukan oleh joko. Buat yang blum mending jangan yah karena dampaknya akan sangat berpengaruh pada masa depan.

Pernikahan Di Usia Dini



Pernikahan dini merupakan sesuatu yang tidak dianjurkan termasuk oleh pemerintah. Pada dasarnya pernikahan yang dilakukan di usia dini akan membuat keduanya mengalami kesulitan dalam menjalin rumah tangga. Dikarenakan keduanya belum memiliki pemikiran yang matang atau bisa dikatakan pemikiranya masih labil. Dengan gaya bahasa admin, cuman mau enaknya doang, yang susahnya engga mau di hadapi. Namun secara agama sah-sah saja yang penting keduannya telah baliq. Namun admin sarankan sebaiknya jangan yah.

Selalu Berbakti Kepada Orangtua

Selain dari 3 dampak negatif yang sudah admin lampirkan di atas, admin rasa kiranya pantas juga deh untuk buat si tokoh protagonisnya ini terlihat baik dengan memasukkan sisi positifnya nih teman-teman. Pernah sih kiranya satu episode aja teman-teman ngeliat si tokoh protagonisnya ini lagi ngebantu-bantu atau lagi pijat-pijat ibunya? em..., admin rasa buat yang selalu ngikutin alur ceritanya pasti pernah deh ngeliat adegan ini. Ternyata ada juga yah pesan tersirat dari sisi positif yang bisa kita follow/ikuti dari sinetron yang satu ini, hehehehe.

Prestasi Akademis

Hem..., para penonton setia dari sinetron ini pasti sudah tidak asing lagi kan kalau si kedua tokoh protagonisnya ini memiliki prestasi akademis yang baik? Nahh..., kiranya sinetron ini bisa memberi motivasi juga nih teman-teman. Karena teman-teman tau sendiri kalau si joko (pemaran utama) nya itu bukan dari golongan orang kayak dalam ceritanya. Tetapi ia bisa berprestasi di sekolah dan mendapat beasiswa. Jadi admin rasa berprestasi bukan hanya untuk mereka yang mampu aja tetapi buat yang kurang mampu juga. Selagi dia mau berusaha dan berjuang pasti selalu ada jalan keluarnya. gimana udah ada yang mulai termotivasi untuk mulai mengejar prestasi? hehehe.

Mengikuti Nasehat Orangtua

Satu lagi nih pesan tersirat dalam sinetron ini yang bisa admin tangkap dan admin rangkum di dalam perjumpaan kita kali ini,yah..., mengikuti nasehat orangtua. Mungkin ada beberapa dari teman-teman yang agak atau kurang mau dalam mengikuti ataupun diberi nasehat dari orangtua. Namun kalian bisa deh liat gimana si joko yang selalu diberi nasehat oleh ibunya dan si wulan yang selalu di nasehatin sama ibunya dan kakaknya. Admin rasa teman-teman bisa belajar deh dari sifat mereka berdua.

Namun sekali lagi nih admin tekankan buat pesan tersirat dari sisi negatifnya dihindari yahh..! Sedangkan pesan tersirat dari sisi positifnya. kamu bisa praktekin namun sebatas wajarnya saja karena kita ketahui bersama bahwa cerita tersebut hanya fiksi atau tidak nyata.

Menimbang dari sisi positif maupun sisi negatif dalam sinetron ini maka admin merasa sinetron ini harus mengalami banyak revisi. Karena kamu tentu simak sendiri bahwa percakapan yang ada dalam sinetron itu lebih untuk konsumsi orang dewasa. Admin menganjurkan buat kamu para remaja yang suka nonton sinetron ini supaya didampingi orang tua. Orang tua kamu pasti tahu kebutuhan kamu sebagai remaja dan pelajar.

Nah gimana pembahasan admin kali ini seru bukan? O i yah, buat kalian yang punya request, admin akan membahas apa di pertemuan selanjutnya jangan lupa komen di kolom komentar yah! Admin rasa sekian dulu pertemuan kita kali ini sampai jumpa di pertemuan selanjutnya.

Belum ada komentar untuk "6 Pesan Tersirat Sinetron SCTV Dari Jendela SMP"