Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Jurus Jitu Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Cocok

Share :
Jurus Jitu Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Cocok
Bagi sebagian orang memilih jurusan itu tidaklah penting yang penting gelarnya keren. Namun asumsi ini sangatlah disayangkan karena kemungkinan besar mereka akan menyesal di pertengahan jalan. Sehingga ada yang keluar karena tidak cocok, ada yang malas karena bukan bidangnya, bahkan ada yang udah jadi MAPALA (Mahasiswa paling lama), dan lainnya.

Pertanyaan terbesar ialah apa menyebabkan ini semua? Jawabannya adalah salah memilih jurusan. Kebanyakan alasan karena takut berpisah dengan sahabatnya atau dengan kata lain ngekor. Ada juga alasan karena mau dilihat keren aja jadi pilih jurusan itu. Padahal teman dan kata “keren” itu tidak akan bertahan lama. Palingan saat kuliah kamu bingung mengapa yang dibahas berbeda dengan minat dan bakatmu.

Perlu diketahui  bahwa jurusan kuliah itu ibarat sebuah pondasi awal dalam kehidupan karirmu. Kan aneh jika kuliah di jurusan kehutanan kerjanya jadi perawat. Mumpung lagi maraknya pembukaan PT (Perguruan tinggi) jadi ingin beri jurus jitu dalam memilih jurusan agar kuliahnya berjalan dengan lancar dan tidak salah pilih jurusan.

Pilihlah Jurusan yang Sesuai dengan Minat dan Bakat 

Apa sih yang penting dan harus menjadi pertimbangan nomor 1 (satu) dalam menentukan jurusan, minat dan bakat itu? Minat dan bakat itu kegemaran yang dimana kita senang jika kita berkecimpung dalam dunia tersebut.  Misalkan kalian menyukai berkecimpung dalam dunia tataboga atau identik dengan makanan maka kalian bisa memilih jurusan yang terkait contohnya jurusan tataboga.

Perhatikan Rapor / Hasil belajar

Jika kawan-kawan masih bingung dalam menentukan minat dan bakat, kawan kawan bisa nih coba buka rapornya dan lihat pelajaran apa yang mendapat nilai  tertinggi. Contohnya kawan-kawan unggul dalam pelajaran matematika maka bisa menjadikan nilai ini sebagai patokan dalam memilih jurusan kuliah.

Perhatikan Prospek Kerja 

Min apa sih prospek kerja? Nih mimin beri jawabannya. Prospek kerja itu peluang-peluang  kerja yang dapat ditawarkan sekiranya setelah lulus nanti. Kebanyakan orang cerdas dalam menentukan pilihan jurusan ialah memperhatikan prospek kerja setelah lulus nanti. Kan lumayan kalau setelah lulus udah banyak aja peluang kerja.

Di zaman sekarang pertambahan penduduk udah semakin membludak yang mengakibatkan semakin menipisnya peluang pekerjaan. Tak banyak di antara para sarjana setelah lulus tak tau mau kerja apa, sehingga menjadi pengangguran di rumah. Maka dari itu prospek kerja juga harus menjadi jurus jitu agar kita berhasil dalam menentukan jurusan kuliah yang tepat.

Browsing Mengenai Jurusan yang Diinginkan

Salah satu keunggulan hidup di zaman canggih ialah informasi dapat kita dapatkan dengan mudah. Agar nantinya tidak salah kaprah mengenai jurusannya, mending cari informasi mengenai jurusan yang ingin di tuju. Misalkan mencari informasi tentang jumlah SKS yang disediakan fakultas itu dan sebagainya.

Sesuaikan dengan Budget / Keuangan Orang Tua

Biasa nih kawan-kawan yang udah memantapkan jurusannya terkendala dengan keuangan orang tua atau budgetnya. Saran dari mimin nih kawan-kawan bisa cari kampus yang lebih sesuai dengan budget orang tua. Kawan-kawa tidak serta merta harus memaksakan kehendak ingin kuliah di kampus A padahal jika dipikirkan lagi kampus tersebut mematok uang per semester lebih mahal dari kemampuan orang tua.

Kawan- kawan bisa memikirkan ulang dan coba untuk mencari info jurusan yang disukai di kampus yang sesuai dengan kemampuan orangtua. Namun perhatikan juga akreditasi dan kualitas kampus yang diincar agar nantinya kawan-kawan bisa lebih mudah mendapatkan beasiswa dan meringankan beban orangtua.

Konsultasikan Jurusan Anda Kepada yang Berpengalaman 

Agar lebih mantap dalam menetapkan pilihan coba deh sharing-sharing kepada orang tua atau kepada yang lebih tau detail jurusan tersebut. Apakah jurusan tersebut sesuai dengan dirimu karena biasanya orang terdekatlah yang lebih tau tentang diri kita, minat dan sebagainya.

Sebaiknya Jangan Mengikuti Teman

Kebanyakan  mahasiswa yang kandas di tengah-tengah dikarenakan faktor ini. Hanya ikut-ikutan saja supaya di bilang best friend gitu. Menurut mimin sebaiknya faktor yang harus kamu hindari agar kuliah kamu sukses ialah mengikut-ngikuti teman. Namun jika memang minat dan bakatmu ada pada jurusan yang diikuti temanmu, it’s okay.

Demikian 7 Jurus Jitu Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Cocok. Apakah artikel ini membantu? Share ya supaya banyak yang tahu.

Penulis : Liza Amalia
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "7 Jurus Jitu Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Cocok"