Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Jurusan SMK Yang Kalau Lulus Auto Mudah Mendapatkan Pekerjaan

Share :
Yolo-yolo, hai sobat Glozovers! balik lagi nih....bareng saya Fajri di blog yang selalu menginspirasi dan memotivasi apalagi kalau bukan di Glozaria.

5 Jurusan SMK Yang Kalau Lulus Auto Mudah Mendapatkan Pekerjaan
SMK/img:educenter.id

Siapa nih diantara sobat glozovers yang udah lulus dari SMP dan pengenya lanjutin pendidikannya di bangku SMK tapi masih bingung buat memilih jurusan? Bingung SMK mana yang kalau lulus auto langsung bisa kerja? Nah di pertemuan kali ini mimin bakalan ngebahas "5 Jurusan SMK yang kalau kamu lulus auto langsung kerja". Penasaran? yuk kita stay tone sama-sama!

TKJ

Di urutan pertama ada salah satu jurusan SMK yang paling banyak peminatnya nih. Nama jurusannya adalah "Teknik Komputer & Jaringan" yang disingkat menjadi (TKJ). O iya sekedar bocoran, mimin sendiri juga seorang siswa SMK yang mengambil jurusan ini nih... Oke kita kembali ke topik!

Pada jurusan TKJ ini kalian di tuntut untuk bisa merakit komponen komputer, mengunakan Aplikasi Office, dan mempelajari masalah instalasi jaringan. Rata-rata lulusan dari jurusan ini bisa langsung bekerja meski tanpa harus mendaftar di perusahaan besar terlebih dahulu. Pada dasarnya lulusan dari jurusan ini khusus yang mempelajari hardware bakalan bisa buka tempat service PC atau Laptop. Lulusan yang mempelajari jaringan bisa membuka tempat penyewaan wifi.

Namun perlu diingat untuk mengikuti jurusan ini diperlukan keahlian. Apalagi buat sobat yang mau langsung buka usaha setelah lulus. Sebaiknya kalian benar-benar teliti dikarenakan jurusan ini sangat erat kaitannya dengan listrik yang bisa sewaktu-waktu menyebabkan masalah bila dipandang sebelah mata.

TATA BOGA

Next.., di urutan kedua mimin punya tata boga buat dikenalin ke sobat semua nih. Jurusan ini sangat cocok banget buat sobat yang punya hobi masak. Tataboga ini sendiri identik dengan masakan. Mengapa mimin memasukkan tataboga ke dalam list itu. Dikarenakan lulusan tataboga nantinya bisa langsung menghasilkan rupiah tanpa harus menjadi chef terlebih dahulu. Contohnya membuka kedai flash food, membuka rumah makan, jualan kue ulag tahun ataupun pernikahan, dan sebagainya.

ATP


Yang ketiga mimin punya ATP singkatan dari AGRIBISNIS TANAMAN PERKEBUNAN. Jurusan yang satu ini memiliki mata pelajaran Dasar Program Keahlian yang disingkat menjadi DPK  dengan cakupan materi tentang Dasar-dasar Budidaya Tanaman(DBT), Alat mesin pertanian(AMP), dan pembiakan tanaman(PT).

Jurusan ini juga sangat diminati khususnya untuk sobat yang tinggal di area perkebunan karena jika lulus dari jurusan ini nantinya sobat bisa magang di area perkebunan yang dekat dengan pemukiman sobat semua. O iyah jurusan ini juga diminati karena mata pelajaran yang harus kita kuasai tidak terlalu menjadi beban. Sehingga para penuntut ilmu yang mengambil jurusan ini cenderung tidak terlalu tegang atau lebih terkesan santai dari jurusan yang lainnya.

OTOMOTIF

Yes di urutan keempat kita berjumpa dengan salah satu jurusan yang boleh di kata salah satu jurusan yang sangat-sangat menjanjikan yah...., dia adalah OTOMOTIF. Mungkin sebagian dari sobat pasti sudah ada yang tau? pada jurusan ini kalian dituntut untuk dapat merancang desain mesin, bodi kendaraan, proses pembuatan, perakitan, peroses pengujian, proses produksi, dan yang terakhir ialah proses perawatan. Intinya adalah pada jurusan ini sobat harus menguasai proses produksi dan pengoperasian dari berbagai transportasi darat mulai dari yang terkecil seperti sepeda motor hingga yang terbesar seperti kereta api.

Mengapa mimin memasukkan jurusan ini ke dalam list kali ini. Dikarenakan jika sobat telah memilih untuk join di jurusan ini dan lulus namun tidak punya biaya untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya, sobat bisa membuka usaha kecil-kecilan. Seperti membuka bengkel atau paling tidak sobat bisa mendaftar kerja di bengkel yang membutuhkan tenaga kerja tambahan.

MULTIMEDIA (MM)

Di posisi terakhir ada MULTI MEDIA atau yang sering di singkat menjadi(MM). Jurusan ini memiliki sedikit kendala yaitu hanya ada sedikit universitas Multimedia. Jadi jika sobat telah lulus dari jurusan ini dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, mimin rasa itu agak sedikit sulit. Namun jurusan ini masih memiliki peminat yang tidak kalah banyak dari jurusan yang telah mimin bahas sebelumnya.

Pada dasarnya jurusan ini menuntut para pelajarnya untuk mempelajari tentang konten multimedia antara lain seperti membuat game, desain dan edit foto, dan edit video. Kalau mimin boleh bertanya apakah sobat pernah melihat poster-poster yang terpampang di tepi jalan? entah itu poster iklan, poster caleg, dan lain sebagainya? jika pernah maka itu merupakan salah satu contoh hasil karya dari jurusan multimedia.

Nah....,jika sudah lulus dari jurusan ini sobat semua bisa mencoba peruntungan dengan mendaftarkan diri pada beberapa profesi di bawah ini.
  • Arsitek Sistem Komputer
  • Pengembang Apk Android
  • Multimedia Service Cordinator
  • Audio Visual Cordinator
  • Desain Grafis
  • Membuat Animasi 2D & 3D
  • Editing Video
  • Pengembang Website
  • Media Technician
  • Weding organizer

Nah...., gimana perjumpaan kita kali ini? kalau sobat semua punya requesan maka jangan sungkan-sungkan untuk menyertakannya pada kolom komentar yah..! Stay tone to Glozaria, saya Fajri pamit undur diri and salam Glozovers.

Belum ada komentar untuk "5 Jurusan SMK Yang Kalau Lulus Auto Mudah Mendapatkan Pekerjaan"