Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Arduino Untuk Monitoring Suhu dan Kelembapan Menggunakan Library DHT11 dan ESP8266

Arduino Untuk Monitoring Suhu dan Kelembapan Menggunakan Library DHT11 dan ESP8266

Halo apa kabar semua? Pada sesi kali ini mimin akan menunjukkan cara mendeteksi suhu di ruangan kita. Alat pengukur suhu yang kita ketahui adalah termometer. Apakah kalian tahu apa itu hygrometer? Hygrometer adalah alat pengukur kelembapan. Pada hygrometer biasanya udah termasuk dengan pengukur suhu juga. Alat ini sudah banyak diperjualbelikan secara online di olshop.

Pada kesempatan kali ini mimin akan mencoba membuat alat yang dapat bekerja serupa dengan hygrometer. Tentunya alat ini bisa dipakai untuk memonitoring suhu dan kelembapan setiap detik di ruangan kita.

Alat monitoring ini akan menggunakan sistem dari Arduino. Sedikit tentang arduino bahwa arduino adalah mikrokontroller single-board yang bersifat open-source, diturunkan dari Wiring platform. Andruino mempunyai fleksibilitas yang tinggi baik dari segi software maupun hardware  untuk memudahkan Rancang bangun elektronik dalam berbagai bidang. Saat ini sudah banyak project Electronics & Robotics yang berbasis Arduino.

Persiapan Instalasi Monitoring Suhu Dan Kelembapan

Peralatan yang mimin butuhkan untuk rangkaian ini agak gampang-gampang susah perakitannya karena biasa jika salah penempatan bisa-bisa jadi error di programnya. Dengan modal Rp 60.000,00 sudah bisa membuat pendeteksi suhu dan kelembapan loh!!. Jadi pendeteksi suhu ini akan berubah-ubah nilainya tergantung suhu ruangan anda.

Untuk alatnya mimin beli di oline shop dengan rincian:
  • DHT11 + kabel jumper Female-Female Rp. 16.500,00
  • NodemCu Lua ESP8266 wifi internet of think Rp. 40.000,00
  • Kabel data/ kabel charger
Mimin nggak pake breadboard, bagi kalian yang pengen pakai silahkan nggak masalah. Adapun cara merangkai dan mengkoding suhu dan kelembapan sebagai berikut:

Sambungan Kabel Jumper Dan Nodem Cu

Untuk sambungan kabel jumper dan nodem Cu kalian bisa buat sambungannya seperti ini.
  • Vcc-3V
  • Dat- D5
  • Gnd- G


Instal Arduino

Selanjutnya tahap penginstalan Arduinonya. Kalian bisa langsung mengunjungi websitenya https://www.arduino.cc/en/Main/Software atau di sini. Download sofwarenya sesuai dengan jenis laptop.


Sedikit tentang cara downloadnya, misalkan kalian akan menginstall untuk laptop Windows 7 ke atas, maka:
  1. Klik Windows Installer, for windows 7 and up
  2. Klik Just download
  3. File akan mulai di download
Jika sudah terdownload kalian bisa install aplikasi arduinonya. Pada bagian kodingnya, hapus dulu semua kode yang ada, kemudian ganti dengan kode berikut.


#include <dht.h>
#define sensor 14 
dht DHT;
void setup() {
  Serial.begin(115200);
  delay(500);
  Serial.println("Sensor Suhu dan Kelembaban Udara DHT11");
  delay(1000);
void loop() {
  DHT.read11(sensor);
  Serial.print("Kelembaban udara = ");
  Serial.print(DHT.humidity);
  Serial.print("% ");
  Serial.print("Suhu = ");
  Serial.print(DHT.temperature); 
  Serial.println(" C ");
  delay(5000);

Jika belum jelas perhatikan dokumentasi berikut.

Code Arduino yang Sudah Disimpan

Download Library DHT11 dan ESP8266

Selanjutnya kalian terlebih dahulu mendownload library DHT11, ESP8266, port(sambungan ESP). Silahkan download library DHT11.  Setelah terdownload kalian bis ekstrak filenya, kemudian file yang terekstrak tersebut kalian copy dan pastekan pada library arduino. Library arduino ada di: local C/program file/arduino/library.

Selanjutnya untuk mendapatkan library ESP, kalian buka aplikasi arduino yang sudah kalian pasang. Kemudian pada interface awalnya, klik File 👉 Preference. Pada bagian kolom additional boards manager kalian masukkan link ini http://arduino.esp8266.com/stable/package_esp8266com_index.json,  selanjutnya klik OK.

Masih di antarmuka Andruino, klik Tools>board>board managers> masukkan “ESP” pada kolom atas pencarian. Setelah muncul Esp by ESP Community, silahkan instal. Selama penginstalannya, pastikan kalian menggunakan internet yang jaringannya kuat. Biasanya pada pengunduhan gagal disebabkan karena jaringan yang lemah. Mungkin agak memakan waktu yang lama dalam pengunduhannya.

Download Port (Sambungan ESP)

Untk sambungan ini berguna agar port/sambungan kabel data dapat terbaca di aplikasi arduinonya. Silahkan kalian download Port di sini.

Pengaturan Board

Jika library yang diatas sudah terdownload silahkan kalian atur board, port pada menu tools. Setelah itu silahkan diupload.

Untuk hasil runnya silahkan klik bagian ujung serial monitor. Pada bagian run ini kalian perlu merubah beberapa hal. 
  • Skripnya menjadi both NL&C
  • Ubah baud menjadi “115200” baud

Monitor Suhu Dan Kelembapan

Jika sudah selesai kalian bisa melihat pada monitor suhu & kelembapan  tampilannya akan seperti gambar berikut.

Monito Suhu dan Kelembapan Dengan Andruino

Awalnya mimin sempat putus asa karena ada tulisan error  “leaving hard resetting via RTS Pin esp8266". Nggak tau error apanya, kemudian coba mimin otak atik pada bagian serial monitornya. Mimin atur sesuai pengaturan Run di atas. Akhirnya berhasil deh, tapi temen mimin sarankan untuk mengatur boothnya.

Ada juga yang errornya “error compiling for board generic esp 8266 module”. Menurut mimin ini masalahnya karena kabel usb/sambungan nodemCU tidak tersambung atau terputus, jadi nggak bisa menyelesaikan compiling-nya. 

Ni juga saran dari mimin, kalau kalian mau gunakan aplikasi Blink sebagai monitornya, kalian terlebih dahulu install library Blink. Di beberapa kasus ada error “ blink.h  does not exist” berarti library nya belum terinstall atau librarynya tak terbaca. Begitu pun jika tulisannya “dht.h does does not type directory” artinya library dht belum terinstall atau bermasalah.

Mungkin sekian artikel dari mimin mudah-mudahan dapat bermanfaat. Jika artikel ini bermanfaat silahkan dishare ke teman kamu , mohon dimaafkan bila ada kesalahan . See u in next article, bye.

Penulis : Liza Amalia (Mahasiswa Teknik Informatika)
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB
Share :

Belum ada komentar untuk "Arduino Untuk Monitoring Suhu dan Kelembapan Menggunakan Library DHT11 dan ESP8266"