Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

26 Fungsi Control Pintas (Shortcut) Tombol Keyboard CTRL Pada Microsoft Word

Share :
26 Fungsi  Control Pintas (Shortcut) Tombol Keyboard CTRL Pada Microsoft Word

Halo semuanya. Apa kabar? Semoga selalu sehat semua. Kalian pasti sudah tau apa itu Microsoft word, iya itu loh aplikasi yang dipakai untuk ngetik tugas guru. Tapi udah tau belum tentang control pintas (shortcut) yang dapat digunakan pada Microsoft word? Pasti kebanyakan orang belum tau. Jadi pada sesi kali ini mimin ingin berbagi tertang control pintas yang harus kamu ketahui pada Microsoft word.

Apa sih itu control pintas? Control pintas itu adalah control yang membantu dalam menyelesaikan masalah secara cepat. Contohnya kalian kalau ngetik agak susah kan kalau ingin blok halaman yang berjumlah banyak? Nah inilah fungsi control pintas ini, solusi untuk memudahkan masalah.

26 Control Pintas (Shortcut) CTRL+ Pada Microsoft Word

Jadi di sini mimin akan menjelaskan 26 kontrol pintas (shortcut) yang terdapat pada tombol keyboard Ctrl+ di Microsoft word.

Ctrl+ A 

Control ini berfungsi untuk memblok keseluruhan tulisan tanpa perlu  scrool menggunakan mouse atau cursor. Tapi ini tidak berlaku jika kalian ini memblok tulisan tertentu yaaahh

Ctrl+B

Fungsi dari control ini ialah  menebalkan  text. Caranya kalian bisa blok bagian yang ingin ditebalkan kemudian kalian tinggal menekan tombol pintas ini maka jadilah tulisan yang tebal.

Ctrl+C

Fungsi dari tombol control ini janga ditanyakan lagi, inilah pahlawan dari setiap tugas pada murid hehehe. Fungsi dari tombol ini adalah untuk mencopy bagian yang diperlukan. Kalian tinggal memblok kalimat yang ingin disalin dan menekan tombol pintas ini.

Ctrl+D

Berfungsi untuk membuka jendela format font.  Format font ini meliputi gaya teks, font size, ukuran font, font color.

Ctrl+E

Fungsi dari control satu ini adalah membuat tulisan menjadi ditengah. Biasanya ini untuk judul tulisan. 

Ctrl+F

Control pintas ini berfungsi untuk mencari data. Biasanya pemakai control pintas ini sangat teliti dalam penulisannya sehingga memakai control ini.

Ctrl+G

Control ini berfungsi untuk menjelajahi halaman tertentu contoh si penulis ingin menuju kehalaman terakhir kita bisa menggunakan control ini untuk berpindah tempat.

Ctrl+H

Berfungsi untuk mengganti kaliamt tertentu dengan cari mengetik kalimat yang ingin diganti dan menggantinya dengan kalimat lainnya. Contoh mimin ingin mengganti kalimat control dengan pintas makan kalimat tersebut akan tergantikan tanpa perlu di hapus-hapus lagi.

Ctrl+I

Control ini berfungsi untukmemiringkan tulisan. Biasanya tulisan yang ingin dimiringkan itu seperti kata latin atau yang memiliki makna yang special.

Ctrl+J

Berfungsi untuk meratakan tulisan kiri dan kanan. Agar Nampak rapi, kalian bisa mengkombinasikan control pintas ini dengan ctrl+A.

Ctrl+K 

Berfungsi menambah Hyperlink atau  dokumen dengan model menampilkan link.

Ctrl+L 

Berfungsi untuk meratakan tulisan pada rata kiri. 

Ctrl+M

Berfungsi untuk membuat paragraph dari kiri atau yang biasakita sebut dengan “Tab”. Biasanya untuk kalian yang ingin menyamakan kerapian pada sisi kiri teks

Ctrl+N 

Control pintas satu ini memiliki  fungsi untuk membuat file baru pada Microsoft word. Ini dapat kalian gunakan jika kalian ingin membuat dokumen baru.

Crtl+O 

Open berfungsi untuk membuka file yang ada pada library dokumen. 

Ctrl+P

Control yang dipake oleh orang-orang keren ketika ingin fast print. Tinggal menekan control ini maka file/ dokumen siap untuk diprint.

Ctrl+Q

Berfungsi untuk menghapus edit penomoran, jadi kalian yang mau hapus penomoran tanpa perlu di tab-tab lagi kalian bisacoba control pintas ini. 

Ctrl+R

Berfungsi untuk merata kanankan tulisan, biasanya ini untuk latin dalam bahasa arab atau pada tanggal surat dan lain-lain.

Ctrl+S

Control pintas ini berfungsi untuk menyimpan dokumen atau file yang telah dibuat tanpa perlu menekan tombol save lagi.

Ctrl+T

Control pintas ini berfugsi membuat tulisan agak jauh dari penomorannya guys. Ini bisa dicoba buat yang ingin tulisan pada  penomorannya agak ke tengah tanpa mengganggu tempat nomornya.

Ctrl+U

Berfungsi untuk garis bawah pada tulisan tertentu contohnya pada kata-kata/ kalimat yang penting dan sebagainya.

Ctrl+V

Favorit mimin ini nih. Control yang membantu banyak oorang dan yang sangat popular saat  bersama dengan  Ctrl+C. lagi naik daun seiring berkembangnya tugas para siswa. Berfungsi untuk menyalis teks yang dipilih pada dokumen kita.

Ctrl+W

Berfungsi untuk menutup jendela word. Hati-hati  jika belum menyimpan filenya, bisa-bisa file kalian hilang jika semberono menekan tombol control ini.

Ctrl+X

Berfungsi untuk memotong bagian yang diinginkan. Apa bedanya cut dengan salin sih min? bedanya itu kalo cut kalian bisa menghilangkan/menghapus kalimat sekalian di copy tu kalimat kan enteng, kalau salin sendiri hanya menyalin teks tanpa menghapus.

Ctrl +y

“Redo”. Logonya itu seperti arah panah ke masa depan. Agak susah di jelaskan pokoknya ini berfungsi jika kesalahan tulisan sebelumnya ingin anda ubah maju. 

Ctrl+Z

“ Undo” yang berfungsi untuk mengembalikan teks ke sebelumnya, biasanya ini ada kesalahan pada tulisannya sehingga ingin mengembalikan teks yang salah kepada teks sebelumnya.

Demikian 26 Fungsi  Control Pintas (Shortcut) Tombol Keyboard CTRL Pada Microsoft Word. Semoga bermanfaat.

Penulis : Liza Amalia
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "26 Fungsi Control Pintas (Shortcut) Tombol Keyboard CTRL Pada Microsoft Word"