Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Karena Dapat Merusak Laptop

5 Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Karena Dapat Merusak Laptop


 
Halo semuanya!! Apa kabar? Eitttsss sebelumnya aku pengen nanya, pernah sih kamu merasa laptop yang baru kalian pake beberapa bulan tiba-tiba sudah heng atau rusak??  Pernah ya... kerusakan laptop banyak dipicu karena keteledoran pemiliknya dalam memperlakukan atau memakai laptopnya.

Kerusakan memang tak langsung namun berangsur angsur. Mulai dari performa yang menurun dan juga sampai  laptop tak mau menyala lagi.  Okey di sini aku akan menjelaskan beberapa kebiasaan buruk kamu yang dapat memicu kerusakan laptop.

Makan Dan Minum Dekat Laptop

Emang sih susah untuk menghilangkan  kebiasaan ini. Namun yakinlah jika kamu membiasakan diri untuk tidak makan dan minum di dekat laptop dapat memberi banyak manfaat. Adapun penyebab yang dapat ditimbulkan jika kamu makan dan minum dekat laptop sebagai berikut.

  • Bekas makanan yang jatuh di sela-sela laptop dapat mengakibatkan malfungsi pada  huruf keyboard yang terganjal oleh sisa makanan tersebut. Nah jika kalian memaksa untuk menekan tombol yang terganjal tersebut bisa-bisa tombol akan rusak dan tak bisa difungsikan lagi.
  • Kalian punya kebiasaan minum dekat computer/ laptop? Mending hentiin aja karena tak jarang banyak laptop yang keluar masuk services karena cairan yang tumpah dan masuk dalam laptop yang dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian dalam laptop. Sehingga anda yang seharusnya tak merogoh koceng terlalu dalam, kini harus mengeluarkan banyak biaya karena kebiasaan buruk ini.

Membiarkan Laptop Panas

Tak jarang sih masalah ini terjadi, tapi saran dari mimin jangan dibiarkan. Panas dari laptop diakibatkan karena kipas atau fan laptop sudah tidak berfungsi secara optimal. Jika laptop anda sudah mengeluarkan suara yang menderu silahkan anda nyalakan pendingin laptop agar dapat meminimalisir overheating pada laptop.

Jika anda terbiasa membiarkan panas berlebihan pada laptop bisa mengakibatkan turunnya performa kerja laptop. Maka jangan tanya jika suatu saat laptop yang kamu sedang pakai tiba-tiba mati, mungkin overheating penyebabnya.

Jangan Selalu Merefresh Laptop

Disini aku mencoba membuktikan dengan mengecek kinerja CPU sebelum dan saat aku refresh laptop. Kalian bisa cek sendiri dengan menekan tombol Ctrl+ALT+Del dan pilih Task manager.

Nah coba anda bandingkan kinerja CPU sebelum dan sesaat akan menekan tombol refresh. Pasti CPU Usage-nya akan naik kan?? Ini menandakan bahwa saat anda menekan tombol refresh akan memberi beban pada processor computer. Pokoknya yang mengatakan refresh dapat memperbaiki kinerja laptop itu Hoax. Malah dengan seringnya anda menekan tombol refresh akan memicu kerusakan processor secara perlahan.




  

Mengecas Laptop Dalam Waktu Yang Lama

Kamu tim mana? Membiarkan laptop sampai habis daya atau mengecas sampe baterainya tumpah-tumpah? Hehehe,,,  sayangnya kalau kamu tim kedua, kalian harus menghilangkan kebiasaan buruk ini atau laptop kalian akan berdampak pada kebiasaanmu ini.

Nah keseringan mengecas laptop tanpa mencabutnya walaupun sudah full dapat mempengaruhi kinerja baterai laptop. Jangan heran jika suatu saat laptop kalian sering lowbat dalam waktu yang singkat. Aku punya pengalaman karena sering ngecas laptop akhirnya baterai laptop aku sudah malfungsi dan harus diganti, kasiankan ?? Ini dapat menjadi pelajaran buat kita agar jangan membiarkan laptop di-cas terus-menerus meski sudah full.

Mengangkat Laptop Dengan Memegang Layarnya Saja

Wah buat kalian yang sering melakukan hal ini saran dari aku jangan lagi. Meskipun kalian pikir laptop kalian ringan, ini berbahaya loh! Ingat LCD dan bagian laptop lainnya hanya dihubungkan dengan sebuah engsel. Nah jika engkel ini rusak maka akan mengurangi performa laptop kamu. Bahkan yang lebih parahnya bisa membuat laptop kamu mati total. Jadinya kamu harus membayar banyak untuk sekedar memperbaiki engsel laptop.



Gambar di atas merupakan engsel laptop lama aku yang udah rusak. Emang sih masih bisa nyala tapi sayangnya performa sangat beda sebelum rusak. Sangat disayangkan karena di dalamnya banyak file penting.
 
Okey sepertinya cukup sekian sesi kita pada artikel kali ini. Semoga kalian dapat lebih berhati-hati dalam merawat laptop karena laptop merupakan aset kalian dalam bekerja, belajar, meeting dan sebagainya. See u next article bye.

Penulis : Liza Amalia
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB
Share :

Belum ada komentar untuk "5 Kebiasaan Buruk Yang Harus Dihindari Karena Dapat Merusak Laptop"