Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Wajib Baca 6 Penyebab Laptop Tiba-tiba Mati Sendiri

Share :
Wajib Baca 6 Penyebab Laptop Tiba-tiba Mati Sendiri


Halo semuanya!! Apa kabar? Semoga sehat selalu. Gimana perasaan kalian saat lagi sibuk-sibuknya kerja tugas malah tanpa diundang laptopnya langsung mati? Pasti menjengkelkan bukan? Bagus kalau filenya nggak hilang, kalau hilang malah serasa kerja keras kita lakukan untuk menyelesaikan tugas terasa sia-sia aja. Apalagi kalo deadlinenya sudah menghantui, pasti tambah kacau balau deh pikiran kita.

Ada beberapa permasalahan yang biasa mengakibatkan masalah ini, biasanya baterai laptop yang udah rusak, ram, arus listrik dll. Pada artikel kali ini mimin akan membahas tentang penyebab dan cara mengatasi laptop yang tiba-tiba mati. Berikut ini mimin akan menjabarkan beberapa penyebab dari permasalahan ini.

Baterai Perlu Diganti

Biasanya nih laptop yang tiba-tiba mati disebabkan oleh baterai dari laptop itu sendiri guys. Kemungkinan besar baterai kalian sudah rusak akibat kalian sering cas sampe tumpah-tumpah tuh daya. Padahal sebenarnya kita nggak boleh terlalu lama dalam melakukan pengecasan pada baterai. Baterai juga punya kemampuan dalam menampung daya listrik yang masuk. Jikalau daya yang masuk melebihi dari kemampuan tangkap baterai dapat menyebabkan menurunnya kualitas kerja baterai dalam menyimpan daya. Kalau kalian rasa baterai kalian bermasalah silahkan kalian ganti atau bawa ke service center agar laptop kalian mendapatkan perawatan yang baik.

Kabel Cas Rusak

Kebiasaan bagi yang sering simpen casnya sembarangan , akhirnya rusak. Cas yang rusak dapat menyebabkan banyak masalah. Selain dapat menyebabkan laptop mati tiba-tiba, cas laptop yang rusak dalam menyebabkan kerusakan pada baterai guys. Selalu hati-hati  dalam menyimpan peralatan laptop terlebih lagi cas Laptop. Biasanya cas yang rusak dapat mengalirkan daya yang tidak stabil sehingga membuat laptop mati tiba-tiba.

Arus Listrik yang Tidak Stabil

Buat kalian yang baterainya sudah tidak berfungsi dan mengandalkan cas, Hati-hati jika kalian melakukan pengisian daya pada arus listrik yang kurang stabil. Bisa-bisa saat kalian mengerjakan tugas atau lagi perkumpulan laptop mati tiba-tiba. Ada baiknya jika kalian melakukan pengecasan laptop di tempat yang dimana listriknya itu stabil. Hindari mengecas pada rumah yang mengandalkan arus dari genset atau rumah yang memiliki daya listrik yang rendah. Jika diperlukan kalian dapat menggunakan Stavolt atau UPS untuk membantu menstabilkan arus listrik kalian.

Laptop Terlalu Panas

Kalau yang ini mimin sering ngalamin. Laptop tiba-tiba mati, pas sentuh ternyata laptop panas pada bagian baterai, dan fan laptop. Biasanya laptop yang panas mengeluarkan suara putaran yang keras yang disebabkan putaran fan ini. Kalau dibiarkan malah bahaya ya guys. Selain dapat membuat laptop overheat dapat mengakibatkan laptop tiba-tiba mati.

Solusi yang dapat kalian lakukan yakni dengan memasang pendingin laptop, kalian juga dapat membawanya ke service center untuk minta dibersihkan bagian Fan/kipas  laptopnya. Kalau kalian nggak punya pendingin laptop kalian bisa memanipulasi dengan menyalakan kipas angin kecil untuk mendinginkan Laptop kalian.


Banyak Aplikasi yang Memakai RAM Besar Berjalan

Membuka aplikasi yang sangat menguras RAM seperti aplikasi pemprograman, editing secara bersamaan dapat membuat laptop tiba tiba mati. Hal ini disebabkan oleh RAM laptop kalian tak mampu dalam menjalankan aplikasi besar secara bersamaan. Jadi solusi yang dapat kalian lakukan ialah memporsi aplikasi yang berjalan secara bersamaan agar tidak terjadi hal-hal yang dapat mematikan laptop secara tiba-tiba.

Virus

Coba deh kalian sekali-kali mengecek anti virus kalian dan lakukan scanning terhadap laptop kalian. Bisa saja laptop kalian telah terinfeksi virus dan mengakibatkan laptop bisa hang dan dapat mati tiba-tiba. Perlu diketahui bahwa virus itu bersifat merusak data bahkan sistem laptop.

Jika masalah kalian tidak ada pada point-point di atas, cobalah untuk membawa laptopmu  ke service center kemungkinan besar ada masalah pada bagian internal pada laptop, yang mengakibatkan laptop kalian tiba-tiba mati. Jangan lupa untuk membawa laptop ke service center yang ada di daerahmu.

Okey mungkin hanya ini yang dapat mimin sampaikan, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan, sekian dan see u next article, bye.

Penulis : Liza Amalia
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "Wajib Baca 6 Penyebab Laptop Tiba-tiba Mati Sendiri"