Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuat Form Biodata Siswa Peserta Ulangan PAS Menggunakan Microsoft Forms

Share :
Cara Membuat Form Biodata Siswa Peserta Ulangan PAS Menggunakan Microsoft Form

Bapak ibu guru dan kawan-kawan insan pendidikan yang saya banggakan. Pada kesempatan ini saya ingin share nih cara membuat form biodata siswa menggunakan Microsoft Form. Form biodata siswa ini dapat digunakan untuk pelaksanaan penilaian akhir semester ganjil 2020/2021. Bapak ibu guru mungkin udah ada yang membuat form seperti ini pakai google form. Melalui kesempatan ini, bolehlah belajar buat form menggunakan Microsoft Form.

Sharing pembuatan form biodata siswa /peserta ulangan ini merupakan bagian dari tutorial berikutnya yang akan membahas tentang pembuatan soal matematika pakai microsoft form. Nah jadi pada pembuatan form soal matematika, saya menyiapkan isian biodata siswa sebelum bagian petunjuk pengerjaan dan soalnya. Jika tertarik terus ikuti sharing kali ini.

Cara Membuat Form Biodata Peserta Ulangan PAS Menggunakan Microsoft Forms

Seperti halnya pembuatan google form yang memerlukan akun gmail maka di sini anda juga membutuhkan akun microsoft. Udah punya akun microsoft? Untuk sharing ini saya menggunakan akun microsoft versi gratis. Untuk mendapatkan fitur lengkap tentu anda harus menggunakan versi premiumnya.

Sebelumnya, untuk membuat form anda dapat menggunakan metode klik New Form atau klik New Quiz. Jika anda ingin membuat form biodata saja maka anda dapat menggunakan metode New Form. Tapi jika anda ingin hasil akhir berupa kuis seperti yang saya akan buat maka anda harus menggunakan metode New Quiz. Ini dikarenakan fiturnya berbeda antar kedua metode tersebut.

Baik langsung aja ke tahapan membuat form biodata siswa peserta ulangan menggunakan microsoft form dengan hasil akhir berupa kuis atau soal ulangan PAS.
1. Sign in menggunakan akun microsoft atau coba di sini. Silahkan daftar jika belum punya akunnya.
2. Masuk ke aplikasi Forms atau coba di sini.
3. Klik New Quiz untuk membuat kuis. Jika anda ingin membuat formulir saja maka bisa klik New Form. Di sini admin pilih New Quiz.
4. Klik pada baris Untitled quiz untuk membuat judul Form/kuis sekaligus nama file form/kuis tersebut. Di bawah judul masukkan deskripsi form jika diperlukan. Di sini saya kosongin saja ya.


5. Masih pada bagian judul/header, anda dapat menambahkan gambar. Klik ikon gambar di samping kanan judul. Ada beberapa opsi upload : ImageSearch, OneDrive dan Upload. Saya pilih metode Upload. Cari file kemudian klik Open. Gambar pun masuk ke bingkai judul kita.

6. Untuk mulai menambahkan pertanyaan, klik Add New.


Pada bagian ini akan muncul beberapa tipe pertanyaan serta menu lainnya. Berikut beberapa pertanyaan serta jenisnya yang akan saya buat.
  • Teks Biodata Siswa dengan tipe teks.
  • Data Nama Lengkap dengan tipe teks.
  • Data Kelas dengan tipe Pilihan (Choice).
  • Data Alamat dengan tipe Choice berbentuk Drop down.
  • Data Tanggal Penilaian dengan tipe date.
7. Mari mulai dengan membuat teks Biodata Siswa. Klik Add New pilih Text. Ketikkan Biodata siswa pada baris pertanyaan (question). Untuk isian jawaban anda kosongin saja.


8. Klik Add new lalu pilih Text dan ketikkan Nama Lengkap. Isian nama wajib diisi siswa sehingga anda harus mengaktifkan menu Required dengan menggeser tombolnya ke arah kanan hingga berwarna hijau. Dengan demikian responden wajib mengisi bagian ini. Lakukan hal ini untuk baris lain yang anda ingin atur seperti ini.


9. Klik kembali Add new lalu pilih Choice dan ketikkan Kelas. Pada opsi (option1 dan option 2) ganti dengan nama-nama kelas yang tersedia. Untuk menambah kelas klik Add option sebanyak kelas yang ingin dibuat. Aktifkan opsi Required pada isian ini.

10. Klik Add new dan pilih Choice. Klik pada ikon menu berbentuk titik tiga lalu pilih Drop down. Saya membuat pengaturan seperti ini karena opsi untuk alamat ini sangat banyak sehingga bisa menghemat ruang form. Selanjutnya ketikkan Alamat.


11. Sebagai tambahan saya menambahkan data tanggal penilaian dengan cara klik Add new dan pilih Date lalu ketikkan Tanggal.

Sampai di sini form biodata udah hampir selesai. Namun form ini masih perlu dirapikan lagi. Sekarang perhatikan baris Biodata Siswa. Apa yang anda temukan? ya, responden yaitu siswa harus menjawab bagian ini, padahal harusnya tidak perlu. Inilah pengaturan yang harus anda lakukan.

12. Klik bagian judul hingga muncul tombol Add new lalu klik Add new dan pilih Section. Dengan demikian anda akan mempunyai Section 1.


13. Pada baris title ini ketikkan kembali Biodata Siswa dan bagian deskripsi dapat dikosongin.
14. Untuk itu anda harus menghapus baris Biodata Siswa yang lama. Klik baris tersebut lalu klik menu Delete Question.


Anda sudah menemukan beda dari langkah sebelumnya? Nah form udah selesai dibuat. Seperti ini tampilan hasil yang udah saya buat.


Untuk selanjutnya, form ini akan saya lanjutkan dengan petunjuk pengerjaan dan soal-soal pada section 2 (dua). Semoga ulasan singkat ini dapat membantu dalam membuat form menggunakan microsoft form.

Demikian Cara Membuat Form Biodata Peserta Ulangan PAS Menggunakan Microsoft Form. Semoga bermanfaat.

Belum ada komentar untuk "Cara Membuat Form Biodata Siswa Peserta Ulangan PAS Menggunakan Microsoft Forms"