Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mengenal Fitur-fitur Dan Cara Menggunakan Google Assistant Di Hp

Share :
Fitur-fitur Dan Cara Menggunakan Google Assistant Di Hp


Halo sobat Glozovers!! Apa kabar? Semoga sehat selalu. Pada kesempatan kali ini aku akan membahas mengenai fitur-fitur yang ada pada google assistant. Sebelum itu aku akan menjelaskan apa sih itu google assistant.

Google assistant merupakan perangkat lunak yang dikembangkan oleh google yang memungkinkan penggunanya untuk dapat terlibat percakapan 2 (dua) arah. Google assistant mulai tren ketika peluncuran pertamanya yakni pada tahun 2016. Yah tren karena google assistant dapat membalas percakapan meskipun rada kaku. Dengan kondisi pandemi saat ini, tren ini semakin naik. Banyak pelajar yang mulai menggunakannya dalam kegiatan PJJ (pembelajaran jarak jauh) untuk mencari jawaban dari tugas-tugas mereka.

Adapun cara membuka google assistant ini yakni dengan menekan agak lama tombol home pada Hp, hingga kemudian akan muncul google assistant. Berikut ini aku akan jelasin fitur-fitur dan cara menggunakan google assistant. Adapun fitur yang kalian dapatkan dari google assistant adalah berikut ini.

Fitur Read it Dalam Google Assistant

Fitur ini adalah fitur yang sering digunakan oleh para youtuber. Fitur ini juga bisa digunakan jika kamu lagi malas membaca guys. Adapun cara kerja dari fitur ini adalah dengan mendeteksi kata yang ada dalam teks yang diberikan kemudian google assistant mulai membacakan hasil pendeteksiannya.  Cara agar fitur ini aktiv adalah:
1. Buka google assistant.
2. Klik menu “Lens” yang berada di samping menu “Voice”.



3. Selanjutnya pilih menu “Teks”.
4. Pilih gambar atau ambil gambar yang akan dideteksi dan klik “Dengarkan”.


Maka google akan mendeteksi kalimat yang ada dan membacakannya untuk kalian.
 

Mendeteksi Produk Tertentu Dengan Google Assistant

Ini buat kamu yang pengen belanja tapi nggak tau nama produk. Nah di sini google assistant menyediakan fitur lens yang memungkinkan kamu untuk menelusuri barang dengan metode ambil gambar atau foto. Caranya mudah kok guys.
1. Kalian tinggal klik Menu Lens yang berada di sebelah kiri menu “Voice”.
2. Saat sudah masuk ke Menu Kamera, silahkan ganti metode penelusuran dengan “Belanja” 
3. Tangkap foto barang yang pengen kalian beli dan google assistant akan memunculkan hasilnya pada kalian.

 

Penelusuran Warung atau Restorant Terdekat Dengan Google Assistant


Nah Fitur ini merupakan  fitur yang sangat membantu buat kalian yang baru berkunjung ke suatu daerah dan pengen menemukan warung terdekat.  Cara kerja google assistant ini sangatlah mudah yakni dengan mendeteksi lokasi kamu berada dan menampilkan warung terdekat. Adapun cara agar google dapat menampilkan lokasi warung terdekat adalah dengan cara mengetikkan atau mengucapkan “Ok google restorant sekitar sini” maka akan muncul beberapa rekomendasi restoran terdekat.

Memprediksi Cuaca Dengan Google Assistant

Nah fitur ini pastinya sudah tidak asing lagi buat para pengguna setia google assistant. Adapun cara kerja dari google assistant memprediksi cuaca dengan mendeteksi lokasi anda dan mencocokkan data dengann lokasi kita saat ini. Setelah dicocokkan maka google akan menampilkan data prediksi yang cocok serta ramalan cuaca ke esekoan harinya.

Cara agar kamu dapat mengetahui ramalan cuaca dengan google assistant adalah: 
  1. Buka google assistant
  2. Ketikkan atau ucapkan “Ok google ramalan cuaca besok
  3. Data ramalan cuaca pun akan muncul di layar Hp anda.

Kirim Pesan dan Hubungi Seseorang Dengan Google Assistant

Fitur ini berfungsi untuk menghubungi seseorang tanpa perlu ribet berurusan dengan kontak telepon anda. Adapun cara yang dapat anda lakukan ialah:
  1. Buka google assistant.
  2. Ketikkan atau ucapkan “Kirim pesan”.
  3. Anda akan ditanya “Kepada siapa pesan akan dikirim” . Jika nama yang anda ucapkan tidak ada di kontak anda, maka anda akan diarahkan untuk memasukkan nomor.
  4. Jika nomor sudah tertera maka anda bisa memasukkan isi pesan yang akan anda sampaikan
  5. Jika udah siap, silahkan  katakan “Kirim”
Pesan anda akan terkirim.


Perlu diketahui bahwa dalam mengakses google assistant diperlukan koneksi internet. Jadi pastikan koneksi intenet anda mendukung ya.

Baiklah untuk artikel mengenai fitur google assistant saya cukupkan. Mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga bermanfaat, sekian dan see u next article bye.

Penulis : Liza Amalia
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "Mengenal Fitur-fitur Dan Cara Menggunakan Google Assistant Di Hp"