Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Wajib Baca Jenis Soal AKM Dan Contohnya Untuk UBKD 2021, Asesmen Pengganti UNBK

Share :
Wajib Baca Jenis Soal AKM Dan Contohnya Untuk UBKD 2021, Asesmen Pengganti UNBK
Mulai tahun 2021, sebagai pengganti UNBK akan diselenggarakan UBKD. Apa tuh UBKD? UBKD adalah Ujian Berbasis Komputer Daring. Pelaksanaan UBKD tahun 2021  dilakukan dengan MSAT (Multi State Adaptif Test). Sebuah tes yang dapat beradaptasi dengan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal tes. Sedangkan pada UNBK menggunakan CBT (Computer Based Test). Apa sih beda CBT dengan MAST? Pembahasan ini akan diulas dalam artikel berikutnya.

Asesmen UBKD 2021 ada 3 jenis yaitu AKM, survei lingkungan belajar, dan survei karakter. Pada artikel ini saya hanya akan menjelaskan tentang AKM (asesmen kompetensi minimum). AKM menguji 2 (dua) kecakapan yaitu:
  1. Literasi membaca; dan
  2. Numerasi
Bulan Nopember hingga Desember akan diselenggarakan SSB (Simulasi Skala Besar) untuk siswa. Setelah sebelumnya SSB tahap 2 telah dilaksanakan untuk guru (calon proktor) dan proktor pada 4-5 Nopember 2020 jenjang SD dan SMP. Info terkait pelaksanaan SSB untuk siswa sudah dibocorkan pada saat SSB tanggal 4 Nopember tersebut. Hanya saja belum ada jadwal pasti waktu pelaksanaannya.

SSB tahap 2 jenjang SD dan SMP

Simulasi SSB untuk siswa ini adalah simulasi untuk AKM saja. Nah untuk siswa yang terpilih mengikuti simulasi AKM ini perlu mengenal jenis-jenis soal AKM yang akan diujikan.

Kebiasaan siswa dalam mengerjakan soal adalah mengerjakan soal berbentuk pilihan ganda. Dimana pada soal jenis ini siswa udah terbiasa untuk menjawab dengan jawaban tunggal atau 1 (satu) jawaban benar. Pada AKM, kamu dapat memberikan lebih dari 1 (satu) jawaban benar. Ini dilakukan pada soal dengan tipe pilihan ganda kompleks. Menarik bukan? selengkapnya ada pada ulasan selanjutnya. Baca terus artikel ini ampe akhir ya.

Simulasi AKM untuk siswa akan dilaksanakan sesuai jadwal. Udah tahu jadwalnya? Berikut jadwal SSB UBKD 2020 untuk siswa.
  • Jenjang SMK/MAK pada tanggal 17 Nopember 2020 untuk siswa kelas 11
  • Jenjang SMA/MA pada tanggal 24 Nopember 2020 untuk siswa kelas 11
  • Jenjang SMP/MTs pada tanggal 1 Desember 2020 untuk siswa kelas 8
  • Jenjang SD/MI pada tanggal 8 Desember 2020 untuk siswa kelas 4
Dengan catatan bahwa SSB jenjang SD dilakukan untuk siswa kelas 4 yang di bulan Nopember 2020 adalah angkatan yang akan menjadi target sampel AKM kelas 5 di Bulan Agustus 2020.

Sekolah peserta simulasi AKM ini adalah seluruh satuan pendidikan jenjang SMA/SMK/MA/MAK/ dan SMP/MTS. Sedangkan untuk SD/MI adalah sekolah SD/MI yang telah ditentukan oleh pusat yaitu sekolah yang gurunya mengikuti pelatihan teknis KKG SD/MI.


Jenis-Jenis Soal AKM Pada UBKD 2021

Wajib Baca Jenis Soal AKM Dan Contohnya Untuk UBKD 2021, Asesmen Pengganti UNBK

Adapun jenis-jenis soal AKM pada UBKD 2021 sebagai berikut.

Pilihan Ganda

Kamu hanya dapat memilih 1 (satu) jawaban benar pada tiap soal. Contoh soal AKM pilihan ganda sebagai berikut.

Contoh soal AKM Pilihan ganda

Pilihan Ganda Kompleks

Kamu dapat memilih lebih dari 1 (satu) jawaban benar dalam setiap soal. Contoh soal AKM Pilihan ganda kompleks sebagai berikut.

Contoh soal AKM Pilihan ganda kompleks

Isian Singkat

Kamu dapat menjawab dengan bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya. Sekalipun isian singkat namun kamu dapat memberikan lebih dari 1 (satu) jawaban singkat yang benar. Contoh soal AKM isian singkat dengan 1 (satu) jawaban sebagai berikut.

Contoh soal AKM isian singkat dengan 1 (satu) jawaban

Contoh soal AKM isian singkat dengan lebih dari 1 (satu) jawaban sebagai berikut.

Contoh soal AKM isian singkat dengan lebih dari 1 (satu) jawaban

Uraian

Jawaban kamu dapat berupa kalimat-kalimat yang menjelaskan jawaban kamu. Contoh soal AKM Uraian sebagai berikut.

Contoh soal AKM Uraian

Pernyataan Benar Salah

Kamu harus menjawab dengan mencentang point Benar atau Salah pada tiap baris pernyataan. Contoh soal AKM pernyataan benar salah sebagai berikut.

Contoh soal AKM pernyataan benar salah

Sebenarnya masih ada 1 (satu) lagi yaitu tipe Menjodohkan. Namun karena saya tidak menemukan soal ini waktu simulasi SSB tahap 2 maka saya abaikan untuk penjelasan dan contoh soal menjodohkan ini. Buat pembaca yang punya contohnya mungkin bisa kirim di komentar ya.

Demikian informasi mengenai jenis-jenis soal AKM untuk UBKD 2021. Semoga bermanfaat.

Belum ada komentar untuk "Wajib Baca Jenis Soal AKM Dan Contohnya Untuk UBKD 2021, Asesmen Pengganti UNBK"