Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Fotografer Indonesia Yang Menginspirasi Dengan Karyanya Yang Mendunia

Share :
Fotografer Indonesia Yang Menginspirasi Dengan Karyanya Yang Mendunia

Dunia fotografi memang sering menyedot jutaan peminat. Keindahan panorama dalam jepretan kamera menyajikan kesan istimewa. Terlebih bagi para penikmatnya. Namun, tak lantas semua bisa mendapatkan angle foto yang pas, lho. Apalagi jika hanya kelas amatiran yang tak memiliki teknik dasar memotret. Namun, semua bisa dipelajari, sebab teknik ini diklaim mudah untuk diaplikasikan. Tentunya berbeda dengan fotografer yang memiliki jam terbang tinggi.

Kenalan, yuk dengan fotografer Indonesia yang menginspirasi dengan karyanya yang membahana. Banyak nama fotografer mumpuni asal Indonesia yang berkiprah di kancah dunia. Tak hanya eksis dengan beragam karyanya yang luar biasa. Para ahli potret ini selalu maksimal dalam berperforma. Siapakah mereka?

Nicoline Patricia Malina

Fotografer wanita ini berasal dari kota Surabaya. Meski telah memasuki bangku perkuliahan jurusan seni, agaknya membuatnya kurang berkembang. Namun, dirinya tertarik pada fotografi akibat ketidaksengajaannya saat berdiskusi dengan temannya. Dia menilai jika profesi ini adalah jalan unik untuk berinteraksi dengan dunia. Bahkan dirinya digaet oleh perusahan skala dunia. Dimana produknya cukup luar biasa seperti Elle dan Samsung.

Oscar Motuloh

Fotografer kedua ini memulai kiprahnya justru di dunia jurnalistik. Sebagai seorang reporter kantor berita bernama Antara. Profesi ini justru hadir saat kantor tempat ia bekerja membutuhkan fotografer tambahan dan menjatuhkan amanat ini pada dirinya. Kendati tidak langsung menyukai hal ini, Oscar tetap menjalankan amanat tersebut. Dirinya menganggap jika dunia fotografi ini menghadirkan sesuatu yang menarik.

Salah satu capaiannya sebagai fotografer mumpuni ialah menjadi juri kompetisi. Kompetisi yang mana diselenggarakan di dalam maupun luar negeri. Dirinya juga berprofesi sebagai pengajar di perguruan tinggi khusus bidang fotografi.

Erik Prasetya

Berasal dari kota Padang, fotografer kenamaan ini tak kalah sip dari Oscar. Meski dirinya adalah alumnus Institut Teknologi Bandung. Agaknya dunia perfotografian membuatnya jatuh hati. Dirinya menggeluti dunia ini saat sang rekan menawarinya untuk bekerja pada bagian fotografi. Yang paling khas dari fotografer Indonesia ini ialah teknik yang tak dimiliki banyak orang. Bahkan, karyanya waktu itu didapuk sebagai 30 (tiga puluh) fotografer paling yahud di Asia.

Kayus Mulia

Fotografer ini dinilai telah memiliki ketertarikan atas dunia fotografi. Dirinya sempat menempuh pendidikan arsitektur di Jerman. Yang kemudian mendapatkan gelar Barchelor of Art atas fotografi yang ia geluti di Brooks Institute. Kayus memulai kiprahnya sekitar tahun 1986. Karya-karyanya kerap dipublikasikan oleh majalah. Bahkan tak luput dari perhatian sebuah perusahaan kamera kenamaan, yakni Kodak. Atas prestasinya, Kayus mendapatkan kehormatan untuk menjadi juri pada kontes foto. Lebih tepatnya ialah brand Kodak ASEAN di negara Malaysia. Tak hanya itu, Kayus juga dianggap sebagai guru besar dalam dunia fotografi. Kiprahnya tak berhenti disini, dirinya juga sering mengadakan pameran di mancanegara seperti Nepal, Tibet, dan lainnya.

Andreas Darwis Triadi

Fotografer kelima ini sering tampil di televisi. Sebelumnya, Darwis menekuni pendidikan di dunia penerbangan. Namun karena merasa kurang klop maka dirinya berpindah. Ia menggeluti dunia fotografi sekitar tahun 1979.

Menapaki tangga kesuksesan pertama kali ialah saat dirinya dipercaya untuk menampilkan karyanya pada majalah tahunan bernama Hasselblad di tahun 1990. Bahkan, setahun kemudian majalah lain bernam Vogue turut mempublikasikan karyanya. Sejak saat itu, karirnya cukup melesat. Ia kerap dipilih untuk menjadi fotografer untuk berbagai iklan. Tak main-main, perusahaan kenamaan di Indonesia turut memakai jasanya. Bahkan, brand produk internasional seperti Sony Music, Hugo juga yang lainnya.

Ternyata dunia fotografi tak hanya bisa digapai oleh yang mengenyam pendidikan di bidang ini ya. Sebab, banyak dari pegiat fotografi ini menggelutinya justru tanpa kesengajaan. Yang mana, akhirnya mereka jatuh hati dan enggan melepaskan profesi ini. Tak hanya memberi sumbangsih yang besar atas nama Indonesia. Mereka juga menyajikan sebuah mahakarya yang dikenal dunia. Sehingga, memberikan tolok ukur dimana letak keindahan itu berada. 

Dari kelima fotograger andal Indonesia ini, manakah yang paling menginspirasi Anda? Apakah anda ingin juga menggeluti dunia pemotretan ini? jangan lupa terus belajar ya, biar menjadi profesional!

Penulis : Andreas Natawijaya
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "5 Fotografer Indonesia Yang Menginspirasi Dengan Karyanya Yang Mendunia"