Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Ini Arti Nama Xiaomi Menurut Lei Jun Menanggapi Nama Xiaomi Jadi Candaan

Share :
Ini Arti Nama Xiaomi Menurut Lei Jun Menanggapi Nama Xiaomi Jadi Candaan
Smartphone menjadi salah satu diantara gadget yang wajib untuk dimiliki setiap orang. Sebab, keberadaan smartphone sekarang ini  tidak pernah lepas dari aktivitas sehari-hari. Baik untuk diri pribadi maupun bagi semua orang ketika menjalani aktivitas tetap membutuhkan ponsel pintar. Utamanya untuk berkomunikasi.

Namun, kini fungsi ponsel pintar tidak hanya sekadar menjadi alat komunikasi. Melainkan juga sebagai penunjang mobilitas karena mempunyai banyak kemampuan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.

Ini artinya, kebutuhan ponsel semakin penting, brand smartphone juga terus semakin berkembang di setiap pertambahan tahunnya. Salah satu brand smartphone, yang kini telah hadir di pasar global dan dengan inovasi maupun harga yang kompetitif adalah  Xiaomi.


Dalam sebuah topik diskusi, beberapa pengusaha membicarakan tentang arti nama-nama merek perusahaan. Salah satu nama merk perusahaan dalam pembicaraan tersebut adalah Xiaomi. Tak ingin disalahartikan, CEO Xiaomi Lei Jun pun akhirnya  membeberkan arti Xiaomi.

Lei Jun berkata, saat dirinya mulai membangun Xiaomi, para tim pendiri membahas apa nama yang tepat bagi  perusahaan mereka. Nama Bintang Merah, Lada Merah dan Beras Hitam pernah diusulkan dan dipertimbangkan.

Tetapi karena berbagai alasan, tidak ada satu pun dari nama tersebut  yang diterima. Lalu, selama diskusi berikutnya, tiba-tiba sang CEO Xiaomi itu teringat akan kutipan favoritnya, 'Buddha melihat sebutir beras, sebesar Gunung Tu Di'.

Ketika seseorang menyarankan untuk memanggil perusahaannya dengan nama Beras. Beras dalam bahasa China disebut Mi. Akhirnya, nama itu segera ditetapkan untuk nama perusahaannya.

CEO dari perusahaan tersebut pernah menyatakan suatu hal. Bahwa perjalanan Xiaomi sendiri sebagai produsen smartphone kelas global seperti sekarang, juga melalui proses berliku dan panjang. 
Tercatat, Xiaomi didirikan oleh Lei Jun bersama  6 orang rekannya pada  bulan April 2010. Asal usul nama Xiaomi sendiri, ternyata diketahui berasal dari Bahasa Mandarin yaitu millet, yang artinya tumbuhan sekoi.


Arti nama Xiaomi sendiri, mempunyai maksud yang lebih mendalam dari sekadar millet. Lei Jun pun menghubungkan kata “Xiao” sebagai bagian dari konsep Buddha. Yang mana memiliki arti “sebiji nasi Buddha yang besarnya seperti gunung”. Hal tersebut melambangkan bahwa Xiaomi dimulai dari hal-hal kecil bukan sebagai usaha yang dijalankan untuk sekadar bertahan.

Kemudian arti kata “Mi” ternyata merupakan kata sinonim dari ponsel internet yang dapat dimaksudkan sebagai misi yang tidak mungkin terselesaikan. Sehingga hal ini mengarah pada berbagai tintangan yang dihadapi oleh para pendiri Xiaomi saat mulai mendirikan perusahaan tersebut.

Pada tanggal 16 Agustus 2010, Xiaomi secara resmi meluncurkan sebuah smartphone Android pertama berbasis OS MIUI. Lalu, di bulan Agustus 2011, smartphone Xiaomi Mi 1 resmi diluncurkan. Smartphone ini dilengkapi dengan OS Xiaomi MIUI  berasal dari Android yang menyerupai Touch Wich Samsung/Apple iOS. Tetapi, tetap dilengkapi OS Android.

Selanjutnya, tanggal 24 September 2013. Xiaomi sukses menjual smartphone terbarunya Mi 2 ke lebih dari 10 juta pengguna dengan kurun waktu 11 bulan. Smartphone Xiaomi Mi 2 sendiri dijual juga ke berbagai negara, seperti Australia, Eropa, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika Serikat.
Kemudian pada bulan Oktober 2013, Xiaomi menjadi brand smartphone kelima yang paling banyak dipakai di Tiongkok, China. Total penjualan Xiaomi sendiri pada tahun itu tercatat mencapai 18,7 juta unit smartphone. Angka yang fantatis bukan ?!


Dari peningkatan penjualan yang sangat pesat itu, akhirnya dapat menjadikan Xiaomi sebagai produsen smartphone terbesar di Dunia kelima tahun 2017. Xiaomi juga memperluas jangkauan pasarnya untuk konsumen elektronik lainnya dengan membuat perangkat smart home ecosystem (IoT). Xiaomi juga menjadi start-up teknologi yang paling bernilai tinggi karena mempunyai aset lebih dari US $46 miliar.Wow!

Hingga sekarang, Xiaomi tetap dikenal sebagai produsen smartphone asal Tiongkok, China. Yang dapat membuat gadget murah, tetapi dengan spesifikasi tinggi. Meski terus bermunculan kompetitor baru di setiap tahunnya, Xiaomi terbukti masih bisa bertahan kuat di pasar Indonesia.

Pada tanggal  4 Januari 2020, Xiaomi meluncurkan produk terbarunya bernama Xiaomi Mi Note 10 Pro di Indonesia. Smartphone terbaru dari Xiaomi ini pun menyita perhatian para Gadget Freak di Indonesia terlebih bagi mereka yang menyukai fotografi.

Menutup akhir tahun 2020, produsen ponsel asal Tiongkok ini, diketahui telah meluncurkan 4 produk barunya pada Kamis, 11 Desember 2020 lalu. Sedangkan pembeliannya masih dilakukan sampai tanggal 14 Desember mendayang dengan sistem Pre-Order. Dua produk di antaranya adalah Xiaomi Mi 10T dan Xiaomi Mi 10T Pro.

Demikian informasi mengenai jawaban dari pertanyaan  Apa arti nama perusahaan Xiaomi ? Semoga dapat membantu menambah wawasan dan pengetahuan Anda.  Salam Gadget!

Penulis : Bagus Cahyono
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "Ini Arti Nama Xiaomi Menurut Lei Jun Menanggapi Nama Xiaomi Jadi Candaan"