Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Google Family Link dan Fitur-Fiturnya

Share :
ilustrasi keluarga
Ilustrasi Keluarga / Gambar : Pixabay
Glozaria - Sejak adanya pandemi covid-19 ini, membuat aktivitas masyarakat dilakukan secara daring atau online. Utamanya, aktivitas sekolah anak  yang membuat intentsitas mereka untuk berselancar di internet dan bermain smartphone menjadi bertambah. Sehingga membuat mereka lebih lama dalam menggunakan smartphone sebagai media belajar. Namun, bila anak tersebut belum dewasa dan belum dapat mengontrol dirinya dalam bermain internet dengan smartphone. Terdapat kemungkinan  akan terkena dampak dari pengaruh situs ataupun iklan yang tidak pantas dilihat anak-anak. Google meluncurkan sebuah aplikasi sebagai alat bagi orangtua agar dapat memantau kegiatan anak-anaknya saat berselancar di dunia maya. Aplikasi tersebut adalah Google Family Link.

Mungkin bagi para pembaca ada yang belum tahu aplikasi ini dan timbul pertanyaan apa itu google family link ? Atau bahkan ada yang bertanya apa pentingnya mengenal aplikasi Google Family Link ? Tenang saja, karena pada artikel ini Glozaria ingin mengajak para pembaca untuk Mengenal Apa itu Google Family Link lebih dekat. Langsung saja yuk! Simak uraiannya.

Apa itu Google Family Link

Google Family Link merupakan sebuah aplikasi yang dapat memungkinkan orangtua untuk membatasi jumlah waktu anak-anak mereka dalam menggunakan smartphone. Orangtua juga dapat memantau aktivitas internet anak-anak dan dapat menjaga keamanan dari adanya kemungkinan situs yang tidak pantas.
Aplikasi Orang Tua dan Anak ! Mengenal Apa Itu Google Family Link dan Fitur-Fiturnya
Google family link dirancang bagi anak-anak yang berusia di bawah 13 tahun dengan  menggunakan kontrol orang tua. Family Link melibatkan pengaturan pada suatu akun Google pribadi untuk anak. Sehingga aktivitas mereka dapat dipantau serta dapat dikontrol. Family Link dapat diinstall pada Android versi 4.4 ke atas. Serta iPhone atau iPad yang berjalan dengan iOS 9 ke atas atau yang lebih baru. 

Fitur Aplikasi Google Family Link

Aplikasi Family Link dapat diunduh melalui Google Play Store maupun melalui Apple App Store. Sementara, pada perangkat anak-anak yang kompatibel, minimal harus memiliki sistem operasi Android 7.0 ke atas. Tetapi,  tidak menutup kemungkinan pada perangkat Android versi 5.0 dan 6.0 untuk dapat menggunakan aplikasi GFL ini. Aplikasi ini ternyata juga dapat berfungsi di Chromebook.

Google Family Link dapat digunakan untuk mengelola aplikasi unduhan anak, dapat menetapkan batas waktu penggunaan layar smartphone menyala, dapat mengetahui lokasi keberadaan anak selama menggunakan smartphone, dapat memantau aktivitas penjelajahan di chrome, dapat meninjau jejak digital anak dan dapat digunakan untuk  mengontrol cara aplikasi berperilaku misalnya mencegah pembelian dalam aplikasi atau konten berbayar.

Selain itu, dengan aplikasi google family link orangtua pun dapat mengevaluasi seberapa banyak waktu yang dihabiskan anak mereka untuk mengakses aplikasi di Android. Mereka dapat membatasi waktu bermain di masing-masing aplikasi yang diakses anaknya. Apabila tiba waktu untuk istirahat, orangtua juga dapat mengatur waktu untuk tidur. Lalu, orang tua pun dapat mengunci smartphone anak dari jarak jauh. Keren sekali bukan ?!

Dengan lengkapnya fitur dalam aplikasi family link, diharapkan orang tua dapat lebih mudah dalam mengawasi penggunaan smartphone anak. Untuk membuat dan mengaktifkan akun Google Family Link pun tidaklah rumit. Dilansir dari beberapa sumber, hanya terdapat beberapa syarat sajaa yang harus dimiliki sebelum mendaftar.  

Melalui aplikasi GFL ini, orangtua dapat memantau, mengontrol dan mengevaluasi berapa banyak waktu yang dihabiskan anak-anak untuk mengakses aplikasi di ponselnya. Awalnya Google Family Link ditujukan bagi anak-anak di bawah usia 13 tahun saja. Namun setelah mendapat banyak masukan dari para orangtua, Google memutuskan untuk menambah batasan usia hingga remaja. Meskipun, ada perbedaan pengawasan dari aplikasi Family Link bagi para remaja. 

Aplikasi Google family link khusus remaja, memiliki fitur bagi para remaja untuk menon-aktfikan pengawasan orangtua  sesuai yang mereka inginka. Tentu, orangtua akan diberi tahu terlebih dulu akan hal ini. Sehingga, orangtua dan anak harus mendiskusikannya terlebih dahulu supaya dapat mencapai sebuah persetujuan.

Sekian artikel dalam mengenal aplikasi google family link. Semoga informasi ini  dapat memberikan solusi bagi para orangtua yang ingin mengontrol penggunaan smartphone danak-anaknya. Jangan lupa untuk share artikel ini ke para orang tua, om tante, paman bibi atau saudara Anda yang sekiranya sedang membutuhkan informasi mengenai aplikasi Google Family Link ini. Semoga bermanfaat! 

Penulis : Bagus Cahyono
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "Apa Itu Google Family Link dan Fitur-Fiturnya"