Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Alasan ! Perlukah Beli HP 5G Supaya Bisa Menggunakan Jaringan 5G ?

Share :
Perlukah Beli HP 5G Supaya Bisa Pakai Jaringan 5G ?
Ilustrasi Jaringan 5G / Gambar : Pixabay
Glozaria.com - Jaringan 5G telah tersedia dan digunakan sejumlah negara di berbagai belahan dunia. Selain itu beberapa brand sudah merilis produk HP terbaru mereka yang didukung konektivitas 5G. Meskipun yang ditawarkan konektivitas 5G sangat menjanjikan daripada 4G, jaringan ini masih ‘belum layak’ bagi banyak orang. Kenapa disebut belum layak ? Sebab, perangkat yang mendukung 5G seperti HP masih dibanderol dengan harga yang sangat mahal. Bahkan banyak paket 5G yang dijual dengan harga terlalu mahal.

Baca juga :

Perlukah Beli HP 5G Supaya Bisa Pakai Jaringan 5G ?

Dari itu jika ada yang bertanya perlukah ganti HP supaya bisa pakai 5G ? Tentunya perlu. Namun, apa sekarang waktu yang tepat ? Sepertinya situasi dan keadaan belum memungkinkan dan belum perlu ganti HP. Apa alasannya ? Berikut ini alasannya :

1. Jangkauan 5G Belum Merata

Jika Anda orang Indonesia dan bertanya perlukah ganti HP supaya bisa pakai 5G ? Saya rasa belum perlu, karena di Indonesia belum ada satu kota pun yang tercover dengan jaringan 5G. Baiknya Anda tidak membeli HP 5G terlebih dahulu karena diperkirakan jaringan 5G baru akan meluas tahun antara 2022 - 2025.

2. 5G Belum Sepenuhnya Matang

5G memulai dengan penggunaan jaringan mmWave, dimana memungkinkan kecepatan download impresif mencapai 1 Gbps di banyak tempat. Ini mengesankan, namun dengan tipe seperti ini, perkembangan dari jaringan 5G akan sangat lambat. Karena sebagian besar HP masih menggunakan dengan jaringan sub-6 dan belum secepat jaringan mmWave.

3. Harga HP 5G Masih Sangat Mahal

Konektivitas 5G baru didukung oleh HP kelas flagship saja, karena memang diciptakan dengan teknologi canggih setara dengan harganya yang mahal. Harga HP 5G lebih mahal 1,5 - 3,5 juta dari HP yang non - 5G. Jadi, sebaiknya bertahan dengan HP 4G yang pada dasarnya lebih dari cukup. 

4. Tidak Ada Banyak Pilihan

Selain luas jaringan yang masih terbatas, HP dengan konektivitas 5G juga terbilang langka. Sehingga sulit untuk didapatkan, hal ini membuat HP 5g hanya memiliki sedikit model dan tidak ada banyak pilihan. Contohnya baru terdapat 4 HP 5G yang terjual resmi di Indonesia seperti OPPO Find X2 dan X2 Pro, serta Xiaomi Mi 10 dan Huawei P40 Pro.

5. Mayoritas HP 5G Memiliki Ukuran Yang Besar

HP berkonektivitas 5G mempunyai harga yang mahal, tidak memiliki banyak pilihan ditambah lagi designnya berukuran besar. Belum ada yang merilis HP 5G dengan ukuran kecil. Sebab, HP 5G bergantung dengan modem standalone sehingga membuat produsen harus memberikan ruang ekstra bagi modem tersebut. Yang berdampak pada design dari HP 5G menjadi lebih besar.

Baca juga :

6. Baterai Yang Kecil

Selain designnya yang besar, pengorbanan lain untuk produk 5G adalah menurunkan atau mengurangi kapasitas baterai. Contohnya masalah yang dialami OnePlus 7 Pro, di mana untuk memastikan bahwa desain final agar tidak terlalu tebal serta mengakomodasi area pendingin lebih besar. Akhirnya mereka memutuskan untuk membuat kapasitas baterai hanya 4000 mAh saja. Masalah yang sama ini juga dialami oleh Huawei pada produk Mate 20X 5G.

7. Jaringan 4G  Sudah Lebih Dari Cukup 

Jawaban lain dari pertanyaan perlukah ganti HP supaya bisa pakai 5G ? adalah karena jaringan 4G sudah lebih dari cukup. Walaupun jaringan 5G menawarkan kecepatan hingga 1 Gbps, namun masyarakat masih banyak menggunakan jaringan 4G yang mana telah didukung di berbagai daerah di Indonesia.Kemudian paket data dan kecepatan yang ditawarkan oleh jaringan ini masih lebih dari cukup dan terjangkau.

Demikian beberapa alasan yang seharusnya dapat menjawab pertanyaan Anda tentang perlukah ganti HP supaya bisa pakai 5G ? Terlebih dengan adanya beberapa bencana dan pandemi covid yang belum usai. Sebaiknya dana yang ingin dibelikan HP 5G dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya yang lebih penting atau digunakan untuk berdonasi. Hal ini lebih bermanfaat bagi banyak orang dan berapapun nominalnya akan sangat berarti bagi mereka yang sedang membutuhkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi yang masih bimbang mau membeli HP 5G atau tidak. 

Penulis : Bagus Cahyono
Editor : Ariya WB
Diterbitkan Oleh : Ariya WB

Belum ada komentar untuk "7 Alasan ! Perlukah Beli HP 5G Supaya Bisa Menggunakan Jaringan 5G ?"