Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Buka Pasang Blok Silinder Sepeda Motor Untuk Di Korter

Share :
Halo semuanya, jumpa kembali lagi dan semoga semua sahabat dalam keadaan sehat. Pada kesempatan kali ini, Saya akan membagikan artikel tentang bagaimana servis blok motor yang diakibatkan keluar asap putih dari knalpot motor. Baik saat awal dihidupkan ataupun dalam perjalanan. Apalagi saat mesin motor sedang panas maka asap yang keluar akan bertambah pekat. Ini bisa mengakibatkan oli mesin menjadi kering.

Mesin motor dibagi menjadi 2 (dua) bagian yakni mesin belakang (rasio, bak kopling ,stang seher) dan mesin depan (blok dan kop motor). Penyebab motor mengeluarkan asap yang kadang-kadang berwarna putih dan banyak adalah tergoresnya liner blok. Sehingga ketika piston bergerak maka akan menyebabkan oli ikut terbakar dan akan terdorong keluar dari kompresi hasil buang ke knalpot.

Dalam waktu yang lama jika tidak diganti atau korter blok maka akan menyebabkan oli mesin menjadi kering. Perhatikan gambar blok silinder dan bagian dalam liner blok motor di bawah.

Cara Buka Pasang Blok Silinder Sepeda Motor Untuk Di Korter

Baiklah sekarang kita bahas cara membuka blok tersebut tanpa dibawa ke bengkel.  Berikut tutorial dari awal hingga pemasangan blok silindernya.

Cara Membuka Blok Silinder Sepeda Motor

1. Siapkan kunci pas untuk membuka baut knalpot di leheran pada kop motor.
2. Setelah knalpot dibuka selanjutnya buka empat mur di depan kop motor dan di samping, perhatikan gambar di bawah. Ini contoh kop motor Suzuki Sogun, tetapi hampir semua motor 4 tak sebagian besar sama.


3. Setelah baut dibuka semuanya kemudian lepas tali gas pada karburator.
4. Lepaslah penutup samping gigi timing yang kayak lingkaran di samping kiri.
5. Kemudian buka dua buah baut dan lepas rantai kamerat.


6. Setelah baut dibuka, lepaslah gigi timing tersebut dengan obeng. Kemudian tinggal melepas bagian depan kop motor.
7. Sesudah kop motor dilepas baru kemudian lepaslah blok silinder motor.

Blok silinder berhasil dibuka dan tinggal di bawa ke bengkel untuk di korter. Mengapa blok silinder harus dibawa ke bengkel? karena korter blok motor harus menggunakan alat khusus. Hal lain yang perlu diperhatikan bahwa saat menaikkan oversize maka harus juga mengganti piston agar liner blok tidak cacat lagi.

Cara Memasang Blok Silinder Sepeda Motor

Setelah blok motor telah selesai di korter maka saatnya untuk memasangnya kembali. Berikut langkah-langkah memasang blok silnder sepeda motor:
1. Pertama pasang seher (piston) dengan tepat.
2. Setelah itu, pasang packing top set blok motor, kemudian pasang blok yang sudah di korter. Ingat lumuri sedikit oli pada liner blok untuk mengurangi gesekan awal.
3. Pasang packing top set kop sesuai motor.
4. Pasang gigi timing dengan pas. Gigi timing motor bisa di seting dengan melihat magned. Ada tanda F pada magned putar dan di gigi timing depan. Ada titik top yang tidak boleh maju dan mundur alias harus pas. Perhatikan lagi gambar di atas 👆.
5. Pasang baut depan dan samping kemudian buka busi pada kop motor.
6. Coba untuk starter motor. Jika keras angin yang keluar (kompresi mesin bagus) di jamin pasti hidup.
7. Masukan oli mesin sesuaikan merek motor.
8. Pasang kembali knalpot.
 
Perlu diperhatikan juga bahwa pada saat baru saja menghidupkan motor supaya jangan langsung nge-gas dulu karena liner blok masih baru. Cukup beri langsam mesin motor dan inreyen selama seminggu. Setelah itu baru boleh boncengan dan muat beban yang berat.

Demikian artikel berjudul Cara Buka Pasang Blok Silinder Sepeda Motor Untuk Di Korter, semoga bisa bermanfaat. Share ya karena share itu gratis 😀.

Belum ada komentar untuk "Cara Buka Pasang Blok Silinder Sepeda Motor Untuk Di Korter"