Cara Mengatasi Tangki Motor Bocor Tanpa Las dan Murah

Ilustrasi Motor/dok.Glozaria
Punya sepeda motor lawas? Anda mungkin pusing saat melihat ada rembesan pada tangki bensin anda. Padahal baru saja isi bensin. Ini terutama sering terjadi pada motor yang sudah lawas.

Kebocoran seperti rembesan ini disebabkan beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain:
  • Usia tangki bahan bakar sudah lawas;
  • Terĺalu banyak kerak yang jarang dibersihkan berakibat besi menjadi lapuk.
Baca juga:

Bagaimana dengan mengatasi tangki motor bocor dengan las? Solusi mengatasi kebocoran pada tangki BBM yang merembes seperti dengan melakukan pengelasan  menggunakan karbit. Namun tentu saja akan berdampak seperti menyebabkan kerusakan pada cat motor. Di sisi biaya, butuh biaya lebih besar untuk las apalagi pas kantong kempes. Ini bisa membuat anda berpikir ulang untuk memperbaikinya.

Modal 10rb an, Ini Cara Mengatasi Tangki Motor Bocor Tanpa Las

Tenang Sob, pada artikel ini Saya akan berbagi tips mengatasi kebocoran pada tangki bbm tanpa las dan dengan modal 10 ribuan saja (sesuai harga di daerah Saya). Gak percaya??? Silahkan komentar di kolom komen, berapa harga yang anda habiskan untuk tutorial ini? hehehe. 

Baca juga:

Persiapan

Baiklah, berikut peralatan/bahan yang perlu disediakan. Saya rasa peralatan/bahan ini banyak dijual di sekitar kita, antara lain:
  • Lem besi yang di sini menggunakan Lem G
  • Abu rokok
  • Amplas
Cara Mengatasi Tangki Motor Bocor Tanpa Las dan Murah

Nah sudah jelas kan yang harus disiapkan.

Cara Menambal Tangki Motor Bocor Tanpa Las

Salah satu cara mengatasi tangki bocor motor adalah dengan melakukan penambalan. Baik langsung saja, berikut langkah-langkah cara menambal tangki motor yang bocor tanpa las.

1. Langkah pertama, kosongkan BBM pada tangki yang akan ditambal dengan cara menguras atau membuka kran pada tangki.
2. Selanjutnya bersihkan dengan amplas tempat kebocoran pada tangki anda.
3. Kemudian teteskan lem besi pada titik kebocoran tersebut, sesudah itu letakan abu rokok. Letakkan abu rokok hingga merata.
4. Setelah itu, teteskan kembali lem besi lagi kemudian letakkan lagi abu rokok kembali.  
5. Setelah rata dan mengeras, haluskan kembali permukaan tangki dengan amplas.

Ingat, ketika melakukan pengeleman harus hati-hati karena Lem G adalah zat kimia yang sangat berbahaya bagi kulit apalagi kalau mengenai mata.

Demikian artikel ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Setidaknya dapat mengatasi sementara sebelum anda punya budget untuk membeli yang baru atau paling tidak solusi lain daripada anda mengelas dengan biaya yang lumayan menguras kantong. Akhirnya, terimakasih dan selamat mencoba.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama