Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mendaftarkan Email dan Nomor HP Untuk Aktivasi Internet Banking dan Mobile Banking BRI

Share :
Kecanggihan teknologi membawa kita kepada kemudahan dalam bertransaksi termasuk transaksi keuangan. Dengan teknologi internet dan aplikasi perbankan maka proses transaksi keuangan bisa berjalan lebih mudah dan efisien.

Kita dapat memanfaatkan layanan internet banking maupun mobile banking yang telah disiapkan oleh perbankan. Seperti juga diterapkan oleh bank BRI.

Layanan Internet Banking dan Mobile banking BRI

Bank BRI telah melayani layanan internet banking dan mobile banking. Apa perbedaan antara internet banking dan mobile banking? Untuk internet banking dapat diakses melalui web sedangkan mobile banking diakses melalui aplikasi mobile.

Untuk mengakses layanan internet banking BRI maka dapat mengunjungi laman IB BRI yang beralamat di https://ib.bri.co.id/. Sedangkan dari sisi mobile banking, BRI mempunyai 2 (dua) aplikasi mobile yaitu BRI Mobile dan BriMo. Kalau Anda masih menggunakan hp dengan OS khususnya android lawas maka dapat menggunakan BRI Mobile. Sedangkan buat nasabah pengguna OS android lebih baru dapat menggunakan BriMo.

Bagaimana cara menggunakan layanan internet banking dan mobile banking BRI? Kita perlu melakukan pendaftaran dan aktivasi. Untuk pendaftaran sendiri kita perlu datang ke Bank BRI. Kalau lancar pihak bank melalui CS akan langsung melakukan aktivasi internet banking dan mobile banking BRI.


Bagaimana cara aktivasi internet banking dan mobile banking BRI secara mandiri? Saya jelaskan dengan suatu kondisi. Beberapa hari lalu, saudara Saya mengalami masalah dalam pengurusan aktivasi internet banking dan mobile banking BRI. Pendaftaran telah dilakukan di Bank BRI namun gagal melakukan aktivasi. Alasan yang disampaikan kepada Saya bahwa kegagalan tersebut disebabkan karena situs internet banking BRI tidak dapat dijangkau. Bahkan User ID telah sempat diganti namun tetap tidak bisa melakukan aktivasi internet banking dan mobile banking BRI.

Dengan kondisi tersebut, CS bank memberikan solusi untuk mencoba melakukan aktivasi sendiri menggunakan data-data yang telah didaftarkan. Pihak CS memberikan beberapa langkah yang harus dilakukan supaya internet banking dan mobile banking BRI bisa aktif.

Aktivasi Internet Banking dan Mobile Banking BRI

Aktivasi Internet Banking dan Mobile Banking BRI
Berdasarkan permasalahan di atas, kita pun dapat melakukan aktivasi internet banking dan mobile banking secara mandiri. Namun seperti dalam kondisi di atas, untuk tahap pendaftaran tetap kita harus datang ke Bank.

Untuk melakukan aktivasi internet banking dan mobile banking BRI kita membutuhkan user ID dan password. User ID dan password akan diberikan oleh pihak CS bank. Kita mungkin diberikan User ID sebanyak 10 karakter. Setelah itu kita hanya perlu mengunjungi laman IB BRI atau coba di sini.

Untuk mengaktivasi internet banking dan mobile banking kita perlu mendaftarkan email dan nomor hp. Selengkapnya cara aktivasi internet banking dan mobile banking dapat dilihat pada ulasan di bawah.

Mendaftarkan Email dan Nomor HP Untuk Aktivasi Internet dan Mobile Banking BRI

Berikut langkah-langkah aktivasi internet banking dan mobile banking BRI secara mandiri.
1. Kunjungi laman IB BRI atau coba di sini.
2. Login pada laman IB BRI menggunakan User ID dan password.
3. Masukkan kode validasi lalu klik Masuk.
4. Pada lembar Syarat dan Ketentuan, gulir layar ke bawah lalu klik Saya Setuju.
5. Lakukan personalisasi profil. Langkah pertama adalah mengubah USER ID. UserID baru harus menggunakan minimal 12 karakter. Jika sudah selesai klik Lanjut.

Mendaftarkan Email dan Nomor HP Untuk Aktivasi Internet dan Mobile Banking BRI
6. Berikutnya, ubah password. Password baru harus berisi minimal 1 karakter huruf kecil, 1 angka dan 1 huruf besar. Password baru tidak boleh mengandung userID. Masukkan password lama lalu buat password baru dan masukkan lagi pada kolom konfirmasi password. Setelah selesai klik Lanjut.
7. Setelah itu, ubah email. Masukkan alamat email yang valid lalu klik Lanjut.
8. Terakhir, lakukan verifikasi. Buka pesan email untuk mendapatkan kode verifikasi. Masukkan kode verifikasi lalu klik Verifikasi Email.
7. Sekarang, kita sudah berhasil masuk ke halaman dashboard IB BRI.

Melakukan Aktivasi Finansial Internet Banking BRI dengan Aktivasi mToken

Pada informasi profil di dashboard, kita akan melihat status aktivasi adalah menunggu aktivasi finansial. Untuk itu berikutnya adalah melakukan aktivasi mToken.

Berikut langkah aktivasi finansial dengan melakukan aktivasi mToken.
1. Pilih menu Pesan Masuk.
2. Klik Ativasi mToken.
3. Cek sms dr BRI untuk mendapatkan nomor aktivasi.
4. Jika belum ada sms atau bila status server ID tidak tersedia, klik Kirim Ulang Nomor Aktivasi.
5. Cek kembali sms, pastikan Server ID sama lalu masukkan nomor aktivasi. Bila tidak ada sms masuk kemungkinan disebabkan pulsa nol atau kartu sim dalam masa tenggang.
7. Setelah itu klik Kirim.

Melakukan Aktivasi Finansial Internet Banking BRI dengan Aktivasi mToken
8. Berhasil, klik Tutup.

Silahkan kembali ke beranda dan cek informasi profil. Saat ini status aktivasi sudah berubah menjadi Registrasi finansial. Kita sudah bisa melakukan berbagai transaksi keuangan menggunakan internet banking dan mobile banking.

Menu aktivasi mToken BRI tidak muncul ? Benar, setelah aktivasi mToken BRI berhasil maka menu ini tidak muncul lagi.

Untuk transaksi mobile banking kita masih perlu melakukan pendaftaran ke aplikasi mobile BRI seperti BRI mobile atau BriMo. Akun internet banking yang sudah dibuat di atas akan digunakan untuk mendaftar pada aplikasi BRI Mobile maupun Brimo. Anda dapat baca cara daftar BRI mobile dan daftar BriMo melalui salah satu link di bawah.

Cara Cek Saldo Menggunakan Internet Banking BRI

Transaksi pertama yang bisa Anda coba adalah melakukan cek saldo. Untuk langkah-langkahnya akan Saya ulangi dari awal login IB BRI. Berikut langkah-langkah cek saldo menggunakan internet banking:
1. Kunjungi laman IB BRI atau coba di sini.
2. Login pada laman IB BRI menggunakan User ID dan password.
3. Masukkan kode validasi lalu klik Masuk.
4. Klik Menu dan pilih Rekening
5. Klik saldo tabungan.
6. Berhasil, info saldo sudah terlihat.

Demikian, semoga infomasi ini bermanfaat.

Belum ada komentar untuk "Mendaftarkan Email dan Nomor HP Untuk Aktivasi Internet Banking dan Mobile Banking BRI"