Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Prospek Bisnis Program Afiliasi Dan Keuntungannya

Share :
Prospek Bisnis Program Afiliasi Dan Keuntungannya
Ilustrasi Program Afiliasi
Jagat Internet membuka kesempatan bagi setiap orang untuk berkembang termasuk untuk meraih penghasilan. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti bisnis program afiliasi. 

Impian untuk mendapatkan uang tanpa aturan waktu dan jarak bisa diraih dengan mengikuti bisnis afiliasi ini. Sehingga cocok dijalankan oleh pekerja kantoran, pelajar hingga ibu rumah tangga. Bahkan modal dari bisnis ini terbilang kecil namun memiliki potensi yang luas.


Prospek Bisnis Program Afiliasi Dan Keuntungannya

Apa Itu Program Afiliasi?

Program Afiliasi adalah program yang akan membayar kita apabila berhasil mempromosikan/menjual suatu barang tertentu. Besaran Komisi Yang didapatkan berbeda beda tergantung dengan pihak yang membukanya. Di Amazon Misalnya Kita akan mendapatkan Komisi 10% Apabila Berhasil Menjual Suatu Produk,

Dalam program Afiliasi ini ada 3 Pihak Yaitu:
  • Client : Pihak yang menyelenggarakan program afiliasi. Bisa Toko Online, Marketplace dan lain-lainnya. Mereka Punya Produk Yang Ingin Dipasarkan.
  • Affiliator : Pihak yang mengikuti Program Afiliasi. Mereka Bertugas untuk mempromosikan suatu produk hingga terjual.
  • Konsumsen: Pihak yang menjadi sasaran program afiliasi. Mereka diharapkan untuk membeli barang, agar affiliator dan Client mendapatkan keuntungan.
Baca juga:

Bagaimana Mengikuti Program Afiliasi?

1. Mendaftar 
Langkah pertama untuk menjalankan bisnis program afiliasi adalah mendaftar. Ada banyak website seperti lazada, niagahoster, Amazon dan lainnya yang membuka program ini. Siapa saja boleh mendaftar tanpa batasan tingkatan pendidikan tertentu. 

Nantinya setelah mendaftar, kita akan diberikan kode referral yang nantinya digunakan oleh affiliator dalam mempromosikan sebuah produk.

2. Promosi
Setelah mendaftar langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Hal ini perlu dilakukan agar konsumen mengetahui produk yang ingin dijual. Untuk caranya seperti berikut

a. Menulis Review Blog
Akan lebih baik sebelum bergabung program afiliasi, memiliki sebuah blog terlebih dahulu. Nantinya kita bisa membuat artikel yang berhubungan dengan produk afiliasi tersebut. Tulisan bisa berupa informasi produk, pengalaman membeli produk dan sesuatu yang berhubungan lainnya. Pastikan blog memiliki kesamaan tema dengan produk afiliasi, agar peluang terjadinya pembelian meningkat. Jangan lupa pasang link referral di bawah postingan

b. Memasang Banner
Tips Promosi yang kedua bisa menggunakan Banner. Cara ini akan membantu kita lebih cepat menarik perhatian pengunjung blog. Mengingat Psikologis manusia yang lebih tertarik pada gambar dari pada tulisan saja.

Isi Banner dengan pesan yang menarik dan gampang diketahui. Jangan menaruh banner sembarangan. Letakkan Banner pada bidang yang sering dilihat pengunjung seperti Bagian Header atau Samping Blog.

c. Bagikan Via Media Sosial
Manfaatkan Facebook, Instagram, YouTube dan media sosial lainnya untuk keperluan bisnis program afiliasi. Kita bisa menjaring konsumen dari sini. Bagikan postingan yang membahas tentang produk afiliasi. Buat postingan menarik agar menarik dibaca. Pelajari Sosial media marketing, agar banyak orang ingin membeli produk Afiliasi tersebut. Banyak konsumen juga akan mempengaruhi jumlah jumlah komisi yang didapatkan.

Jangan lupa pada setiap postingan dilengkapi CTA yang nantinya di arahkan pada link referall yang sudah dibuat sebelumnya.

Keuntungan Bisnis Program Afiliasi

a. Penghasilan Pasif
Dengan mengikuti program afiliasi ini akan menambah pendapatan kita. Banyak pekerjaan yang mengharuskan kita hadir ditempat dan waktu tertentu, sementara bisnis ini tidak terikat aturan tersebut. Kita akan mendapat income pasif yang bisa terus bertambah selama ada orang yang membeli produk via link referall kita. Untuk alasan inilah kenapa orang-orang seperti pekerja kantor bisa sukses menggeluti bisnis ini.

b. Tak Banyak Modal
Bisnis Afiliasi sangat minim resiko kerugian karena tak banyak modal yang diperlukan. Banyak penyedia program afiliasi yang tidak memungut biaya untuk pendaftarannya. Dan bahkan ada bimbingan agar, pendaftar bisa sukses menggelutinya.

Hanya menggunakan blog dan media sosial, kita sudah bisa membagikan link referall dari produk afiliasi yang kita ikuti.

c. Fleksibel
Keuntungan selanjutnya yang bisa dinikmati saat mengikuti program afiliasi adalah fleksibel. Kita bisa mengerjakannya dimana Saja termasuk dirumah. Ini menjadi solusi bagi yang ingin mendapatkan penghasilan apalagi dimasa Pandemi seperti ini. Peluang penghasilan yang didapat juga tidak ada batasan tertentu, selama banyak konsumen yang membeli dipastikan komisi yang diterima juga besar.

Sumber gambar : whello.id

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Posted by : Arya WB

Belum ada komentar untuk "Prospek Bisnis Program Afiliasi Dan Keuntungannya"