Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

7 Ide Usaha Untuk Pensiunan, Bekal Pensiun Untuk Tetap Produktif

Share :
Ide Usaha Untuk Pensiunan, Bekal Pensiun Untuk Tetap Produktif
Ilustrasi Seorang Pensiunan/Sumber Foto:Lifepal.co.id
Bekerja sebagai pegawai negeri sipil, guru, kepolisian/militer memang memiliki jaminan penghasilan yang memuaskan. Dalam setiap bulan mendapatkan gaji pokok beserta Berbagai tunjangan. Namun profesi-profesi di atas memiliki yang namanya masa pensiun yang biasanya dilakukan pada usia 55 - 65 tahun.

7 Ide Usaha Untuk Pensiunan, Bekal Pensiun Untuk Tetap Produktif

Jika sahabat tengah memasuki fase tersebut, tidak ada salahnya mempersiapkan diri membuat sebuah usaha yang nantinya bisa meningkatkan finansial sebagai bekal pensiun.

Ada banyak sekali jenis usaha yang bisa dilakukan oleh pensiunan. Mulai dari usaha ternak, usaha rumahan, usaha modal kecil dan lainnya. Mau tahu macam-macamnya ? Silakan simak artikel berikut ini.

Usaha Sewa Kos

Usaha rumahan di usia 60 ke atas bukanlah hal mustahil. Umur tidaklah menjadi halangan. Jika tertarik sahabat bisa memulai usaha sewa kost. Terlebih bila memiliki lahan kosong atau berada ditempat strategis. Usaha sewa kost memang memerlukan modal cukup, maka dari itu sebelum pensiun alangkah baiknya sudah mengumpulkan tabungan dari gaji, tunjangan atau pesangon.

Tempat terbaik untuk menyewakan kos adalah di kawasan pendidikan seperti sekolah/kampus, atau di area padat industri. Banyak sekali perantau yang membutuhkan tempat tinggal dalam jangka waktu lama dan dekat dengan lokasi kampus/kantornya. Maka dari itu usaha kost adalah ide bisnis yang cocok untuk pensiunan.

Usaha Rental Kendaraan

Usaha untuk pensiunan PNS lainnya adalah membuka usaha rental kendaraan. Manfaatkan alat transportasi yang kurang dipakai untuk di sewakan. Seperti sewa mobil atau motor. Usaha sangat lazim digeluti di area tempat wisata, kampus, atau area perindustrian. Banyak orang yang memiliki keterbatasan untuk memiliki kendaraan pribadi dan membutuhkan jasa rental mobil/motor/sepeda.

Manfaatkan dana tabungan untuk membeli unit kendaraan yang nantinya akan membuat usaha bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. Sahabat bisa memasang tarif mulai dari 70.000 untuk sewa motor dan 250.000 untuk sewa mobil. 

Beternak 

Biasanya hewan peliharaan hanya digandrungi sebagai hobi, namun hobi sebenarnya bisa dijadikan lahan rezeki utamanya untuk pekerja yang memasuki masa pensiun. Usaha beternak hewan bisa dilakukan oleh siapa saja selama memiliki sebuah passion.

Jika sahabat tinggal di pedesaan dan punya lahan, bisa dimanfaatkan untuk hal produktif seperti ternak ayam kampung, burung kicau hingga ikan hias. Menjalankan ternak juga bisa menambah pasif income, cocok untuk mengisi waktu luang saat pensiun.

Toko Kelontong

Usaha Toko Kelontong sangatlah potensial untuk digeluti pensiunan. Bisnis ini bisa dibuka dengan modal terjangkau dan pengelolaannya tidak rumit. Biasanya masyarakat desa masih butuh kehadiran toko kelontong untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Buatlah toko kelontong lengkap ada alat rumah tangga, bahan-bahan kuliner,alat tulis hingga sembako. Untuk menyiasati kompetitor, sahabat juga perlu mencari supplier yang memberikan harga barang grosir, agar bisa dijaul lagi dengan harga murah. Masyarakat sangat suka toko kelontong lengkap dan terjangkau.

Bisnis Snack

Manfaatkan waktu pensiun untuk mengeksplorasi hobi. Jika sahabat hobi memasak, bisa mencoba bisnis kuliner makanan ringan. Hidangan seperti kue, Keripik, atau jajanan tradisional bisa dijadikan peluang penghasilan. Bahkan ada orang yang berpenghasilan jutaan rupiah karena usaha tersebut. 

Usaha makanan ringan bisa dikerjakan dari rumah sambil memomong cucu atau berkumpul bersama keluarga. Untuk pemasarannya bisa melalui media online. Pastikan meng-upload foto terbaik, membuat branding seperti merk dan logo agar menarik minat pembeli.

Usaha Laundry

Sebagai pensiunan, sahabat harus memikirkan usaha apa yang bisa tahan lama yang dibutuhkan bertahun-tahun. Salah satunya adalah usaha laundry. Ini usaha yang bagus dilakukan di daerah perumahan dan kos-kosan, karena banyak penghuninya tidak punya banyak waktu untuk mencuci pakaian.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk bisa laundry antara lain mesin cuci, lemari, setrika, parfum pakaian dan lahan penjemuran. Tingkatkan kepuasan pelanggan dengan keramahan, tarif terjangkau dan kecepatan pengerjaan laundry.

Potensi usaha laundry untuk pensiunan biasanya akan banyak permintaan utamanya jika berdekatan dengan kampus atau perumahan. 

Buka Jasa Bimbel

Bagi yang pensiunan guru, untuk mengobati rasa rindu mengajar bisa membuka bimbel sendiri. Sahabat bisa merekrut guru-guru privat lain untuk jadi tutor. Usaha bimbel terbilang banyak dibutuhkan sebagai penunjang pendidikan di sekolah. Bimbel-bimbel mata pelajaran ujian nasional, juga diburu biasanya untuk tujuan masuk sekolah favorit dan Seleksi perguruan tinggi.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Posted by : Arya WB

Belum ada komentar untuk "7 Ide Usaha Untuk Pensiunan, Bekal Pensiun Untuk Tetap Produktif"