Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Menerapkan Strategi Pemasaran Online Untuk Bisnis Bagi Pemula

Share :
Cara Menerapkan Strategi Pemasaran Online Untuk Bisnis Bagi Pemula

Ada beberapa aspek dalam usaha yang harus dipenuhi agar jalannya maksimal. Selain menciptakan produk berkualitas, faktor penting yang tidak boleh luput dari perhatian adalah strategi pemasaran. Sebuah usaha akan mendapatkan impact positif ketika diketahui banyak orang. Strategi pemasaran yang baik mampu mencapai target pasar yang tepat. Mengkonversi calon konsumen menjadi konsumen.

Salah satu channel yang harus dikuasai dalam strategi pemasaran adalah menggunakan jalur media internet. Pasalnya penggunaan internet sangatlah tinggi dan hampir semua pebisnis, beriklan di channel ini dikarenakan mudah, murah dan menjadi audience yang lebih luas.

Lalu seperti apa cara menerapkan strategi pemasaran online agar menjangkau banyak pelanggan ? Silakan simak artikel berikut ini:

Cara Menerapkan Strategi Pemasaran Online Untuk Bisnis Bagi Pemula

Menentukan Anggaran dan Tujuan

Step awal untuk menerapkan strategi pemasaran adalah menentukan anggaran dan tujuan. Pasalnya setiap jenis usaha memiliki kemampuan finansial dan goals yang berbeda. Secara umum pemasaran online biasanya digunakan untuk meningkatkan brand awareness, menjaring audience baru, meningkatkan konversi penjualan dan yang lainnya. 

Strategi pemasaran online bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu gratis dan berbayar. Membuat akun sosial media, menciptakan konten, dan memakai hastag adalah pilihan beriklan tanpa biaya. Namun bila ingin lebih maksimal pakailah cara berbayar, seperti memakai layanan Facebook ads, Instagram ads atau tiktok ads. Kelebihan memakai cara ini adalah pelaku usaha bisa menyesuaikan biaya iklan dengan kemampuan dan target sendiri.

Daftar Google Bisnisku

Alat yang efektif untuk pemasaran online dan gratis bisa menggunakan layanan google bisnisku. Ini merupakan alat yang membantu pelaku usaha untuk memperkenalkan informasi bisnisnya kepada khalayak di internet.

Apa saja yang perlu dimasukkan dalam Google Bisnisku ? Yaitu mencakup Nama Usaha, Alamat, Kontak, Foto, Dan Review konsumen. Informasi-informasi tersebut akan membantu calon konsumen untuk lebih mengenali usaha kita.

Dengan memakai google bisnisku, informasi mengenai usaha akan ditampilkan di mesin pencarian hingga google Maps.

Aktif Di Media Sosial

Media sosial kini bukan hanya tentang membagikan aktivitas tapi juga merupakan alat yang powerful untuk berjualan. Bahkan banyak orang lebih senang mencari barang di internet dari pada mendatangi toko fisik. Jadi pelaku usaha dituntut untuk adaptasi. 

Maka ekspansi bisnis ke platform media sosial ini sangat diperlukan. Banyak audience bisa didapatkan dari Facebook, Instagram, Tiktok dan yang lainnya. 

Mereka butuh konten yang tidak semata-mata hanya untuk berjualan, konsumen juga perlu informasi dan hiburan yang berkaitan dengan sesuatu yang kita jual.

Manfaat Pemasaran Via Email

Email marketing merupakan salah satu kanal dari digital marketing yang masih efektif dilakukan. Banyak pelaku bisnis tidak memaksimalkan usahanya via email. Padahal menurut penelitian lembaga McKinsey Society menyatakan bahwa periklanan via surat elektronik menyumbang 40 kali lebih banyak engagement dari pada kanal lainnya.

Email Marketing bukanlah sesuatu yang kuno, dampak yang dirasakan untuk pebisnis adalah bisa lebih dekat secara personal dengan pelanggan. Dengan Email marketing, interaksi antara usaha dan konsumennya akan terjalin dengan secara kontinyu.

Kita bisa berkala mengirimkan newsletter, menawarkan produk-produk terbaru hingga mengajukan promo-promo khusus dengan Chanel email marketing ini.

Konten yang berkualitas

Meski tujuan utama menerapkan strategi bisnis online adalah untuk berjualan, tapi jangan sampai membuat follower/calon konsumen jadi ilfeel karena spam iklan. Makannya strategi digital marketing yang bagus adalah menyeimbangkan iklan dan konten. Akun media sosial bisnis seyogyanya memberikan konten yang mendidik, menghibur dan informatif yang nantinya akan meningkatkan tingkat konversi penjualan.

Misalnya jika produk yang dijual adalah produk kecantikan, bisa saja kita membuat konten tentang cara mengetahui karakter kulit, tips-tips merias dan sebagainya. Konten yang relevan dengan produk, akan meningkatkan kepercayaan konsumen. 

Ide-ide Content marketing bisa datang dari mana saja. Dengan mencari di mesin pencari pun sering kita menemukan berbagai inspirasi.

Jangan Lupa Riset Keyword

Pengetahuan tentang riset kata kunci menjadi modal pebisnis dalam memasuki dunia online. Pasalnya bukan hanya satu orang yang beriklan di Internet. Semua berlomba-lomba menjadi nomor 1 untuk mendapatkan engagement paling besar. Riset keyword akan membantu pelaku usaha untuk mencapai tersebut. Seperti penerapan SEO pada blog, blog yang sudah di riset keywordnya akan lebih mudah menjadi nomor 1 di mesin pencarian google.

Sumber Gambar : DewaIlmu.com

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Posted by : Arya WB

Belum ada komentar untuk "Cara Menerapkan Strategi Pemasaran Online Untuk Bisnis Bagi Pemula"