5 Cara Mengatasi Penyimpanan Internal HP Hampir Habis Atau Penuh (Part 1)

Halo semua!! Apa kabar? Pada kesempatan kali ini mimin akan bagi-bagi tutorial mengenai cara mengatasi penyimpanan HP yang hampir habis atau penuh. Jadi simak sampai habis yah!

Penyimpanan HP memegang kendali penuh dalam hal pendataan. Sebab tanpa penyimpanan, data yang dibuat akan hilang tanpa bisa dikembalikan.

Terkadang banyak orang yang meremehkan pasal penyimpanan HP. Sehingga mendownload dan menyimpan file, aplikasi, gambar secara sembarangan. Hal ini dapat menyebabkan penyimpanan internal hp penuh atau habis. Sehingga berdampak pada penurunan kinerja hp seperti file internal yang tidak dapat dibuka atau digunakan.

{tocify} $title={Table of Contents}

Mengatasi Penyimpanan Internal HP Hampir Habis Atau Penuh # Part 1

Cara Mengatasi Penyimpanan Internal HP Hampir Habis Atau Penuh (Part 1)

Seiring berjalannya waktu banyak HP keluaran terbaru yang mengatasi masalah penyimpanan internal dengan menambahkan ruang penyimpanan yang luas. Namun hp jenis ini tentu saja butuh budget lebih terutama untuk kalangan menengah ke bawah.

Dari sinilah mimin ingin mencoba mengakali dan membagikan informasi yang mungkin saja bermanfaat bagi kita semua. Dengan melonggarkan penyimpanan internal hp maka Anda bisa:
  • memaksimalkan kinerja hp.
  • menghentikan notifikasi peringatan ruang penyimpanan hampir habis.
Adapun Cara mengatasi penyimpanan internal hampir habis atau penuh ialah :

1. Menghapus file stiker dan history status yang pernah dilihat pada whatsapp

Memang cenderung remeh, namun tanpa anda sadari, status yang tidak terhitung jumlahnya dan pernah Anda lihat akan otomatis tersimpan pada penyimpanan internal anda. Hal ini berlaku juga pada puluhan stiker yang pernah anda lihat pada grub dan chat whatsapp. File tersebut cenderung memakan ruang internal dan mimin rasa itu merupakan file yang nggak berguna.

Perlu diingat bahwa file stiker whatsapp merupakan file unduhan sticker yang Anda lihat pada grub/chat. Sticker ini otomatis terunduh jika ada teman atau saudara Anda yang mengirimkannya melalui whatsapp.

Adapun langkah-langkah menghapus file stiker dari status whatsapp ini ialah:
1. Buka penyimpanan internal dan cari folder whatsapp.
2. Bila tidak berhasil coba cari di folder android 👉 media 👉 .com whatsapp 👉 Whatsapp.
3. Buka folder whatsapp sticker dan pilih semua gambar lalu Anda bisa hapus  file.


4. Selanjutnya keluar dari folder sticker dan cari folder .Statues.


5. Buka folder .Statues dan hapus file history status whatsapp yang Anda telah lihat dan simpan yang menurut Anda penting.

2. Menghapus file yang telah dihapus pada penyimpanan file sampah

Penyimpapn file sampah merupakan menyimpanan sementara sebelum file akan terhapus secara permanen. Jarang yang mengetahui bahwa file yang terhapus akan disimpan pada fitur sampah ini. Semua file di sini akan terhapus sesuai dengan limit waktu sistem tergantung hp. Bisa 3 hari, 7 hari atau 30 hari. Anda akan mendapatkan infonya pada saat Anda menghapus file.

File yang telah terhapus selama belum memenuhi tenggat waktu dapat di restore atau dikembalikan ke penyimpanan kita. Tapi penyimpanan ini sebenarnya memakan penyimpanan internal guys. Jadi kalau 'nggak ada yang penting ya mending hapus saja.

Cara menghapus file yang telah dihapus dari folder sampah :
1. Buka File saya.
2. Klik menu lanjutan (ikon menu).
3. Klik Sampah.

4. Hapus semua file yang Anda rasa sudah tidak ingin Anda kembalikan lagi.

3. Menghapus aplikasi yang tidak terpakai

Aplikasi yang terpasang tanpa pernah digunakan juga jadi salah satu faktor penyimpananmu habis. Ada baiknya Anda uninstall. Anda bisa coba untuk menghapus data aplikasi atau data penyimpanan aplikasi agar ruang penyimpananmu lebih longgar.

Adapun cara untuk menghapus data penyimpanan dan data aplikasi sebagai berikut
1. Buka Setting 👉 Aplikasi.
2. Klik aplikasi yang lama tidak digunakan yang ingin dihapus datanya.
3. Klik penyimpanan.
4. Klik hapus data atau hapus penyimpanan (memori).



Penting diketahui kalau hapus data akan berpengaruh pada data sandi, data login, penelusuran pada aplikasi tersebut. Sedangkan hapus penyimpanan internal akan membuat aplikasi dimulai dari awal atau ter - restart.

4. Update Perangkat Lunak HP

Banyak yang mengatakan bahwa mengupdate hp akan menyebabkan banyak masalah seperti hang, crash dan sebagainya. Namun justru ini bisa jadi salah satu solusi untuk memperluas ruang HP. Soalnya dengan mengupdate, banyak performa yang ditingkatkan. Beberapa update bahkan dapat me-reduce penyimpanan terkait data performa android.

5. Tambahkan memori card sebagai alternatif 

Banyak orang mengambil solusi ini sebagai pilihan akhir. Cara agar kamu lebih efektif menyimpan data pada memori card ialah dengan mengimport gambar atau video yang ada pada penyimpanan internal ke memori card.

Anda juga dapat memindahkan penyimpanan aplikasi pada memori card. Namun ada beberapa aplikasi yang mendukung penyimpanan memori card dan ada beberapa juga yang tidak mendukungnya.

Nah itulah 5 Cara Mengatasi Penyimpanan Internal HP Hampir Habis Atau Penuh (Part 1) yang dapat Anda coba gunakan untuk memperluas ruang penyimpanan internal hp. Apakah masalah Anda sudah selesai? Bila masih belum juga, bisa baca part 2 dari artikel ini ya!


Semoga bermanfaat, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. Sekian and see you on next article.
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama