Depositphotos

Apa Itu Metaverse? Bagaimana Dunia Nyata Diterjemahkan Ke Dalam Metaverse?

Apa yang dimaksud dengan Metaverse ? Adalah salah satu gebrakan yang dicanangkan oleh Mark Zuckerberg seiring dengan keputusannya mengubah Facebook Inc menjadi Meta. Metaverse merupakan gebrakan yang diprediksi akan berpengaruh secara masif dan menjadi penanda peradaban baru di dunia internet.

Apa Itu Metaverse Bagaimana Dunia Nyata Diterjemahkan Ke Dalam Metaverse

Seberapa berpengaruhkah metaverse ini ke depannya baik dalam bidang teknologi, ekonomi dan sosial? Mari kita bahas bersama-sama dalam artikel editorial berikut ini.

{tocify} $title={Table of Contents}

Apa Itu Metaverse? Bagaimana Dunia Nyata Diterjemahkan Ke Dalam Metaverse?

Sekedar informasi saja bahwa metaverse versi paling sempurna belumlah hadir di tahun ini, setidaknya diperlukan beberapa pengembangan lagi hingga metaverse bisa dioperasikan oleh seluruh kalangan di dunia. Sama seperti internet, metaverse merupakan gebrakan yang diharapkan mampu meningkatkan segala sisi kehidupan manusia.

Apa itu Metaverse ?

Menurut Facebook, Metaverse adalah seperangkat virtual yang bisa dijelajahi dan dibuat  secara bersama dengan orang lain yang tidak berada di ruang fisik yang sama dengan Anda. 

Konsep metaverse ini sebenarnya sudah ada dalam beberapa game, contohnya roblox, Minecraft dan Sword online. Dimana player bisa merancang Avatarnya sendiri, berinteraksi dengan pengguna lain secara real time dan menjelajahi dunia virtual.

Bedanya, bila memainkan game tersebut kita perlu menatap smartphone. Namun metaverse versi sesungguhnya bisa di akses dengan kacamata VR. Sehingga pengalaman menjelajahi dunia bawah akan lebih maksimal bahkan menyentuh level realistis.

Roblox dan Minecraft adalah metaverse yang berdiri sendiri-sendiri dengan tampilan yang lebih sederhana. Nantinya, metaverse sesungguhnya bisa menampung seluruh pengguna internet dalam 1 (satu) dunia virtual. Sangat menakjubkan bukan?

Dunia Baru yang ramai-ramai di-ekspansi Pengusaha Dunia

Metaverse diibaratkan sebagai sebuah planet baru yang mendukung segala aspek-aspek kehidupan. Manusia bisa ditinggal di sana. Memilih jalan karir yang diinginkan dan menjelajahi dunia tanpa batas. Sesuatu yang mungkin sulit diwujudkan di dunia nyata, namun inilah yang ditawarkan metaverse. Bahkan Facebook pun rela menggelontorkan dana 100 milyar lebih untuk mengembangkan teknologi ini.
 
Metaverse secara bisnis sama bernilainya dengan tambang emas. Segala peluang untuk mendapatkan uang bisa dengan mudah dilakukan di dunia baru ini. Nantinya investor bisa membeli lahan di sana, mendirikan rumah, apartemen, museum dan properti apa saja sama halnya dunia nyata.

Aktivitas jual beli juga dimungkinkan dalam metaverse. Seorang desainer bisa menjual hasil karyanya dan pembeli akan mendapatkan asetnya secara aman. Seorang arsitek bisa mengerjakan proyek properti hanya melalui perangkat gagdet mereka dan seorang akademisi bisa mengajar apa saja tanpa perlu bertemu langsung siswanya.

Metaverse memungkinkan seseorang yang memiliki keterbatasan untuk berkembang. Orang disabilitas, yang memiliki keterbatasan fisik bisa menjadi atlet olahraga di metaverse. Orang yang memiliki keterbatasan finansial akan memperoleh kesempatan yang lebih luas mendapatkan uang di metaverse. Dan orang yang secara sosial tidak memiliki banyak teman akan lebih nyaman mengekplorasi dunia dalam metaverse.

Ekonomi dalam metaverse

Bila metaverse benar-benar bisa diwujudkan, ini akan menjadi pencapaian baru dalam sejarah manusia. Gagasan mengenai dunia tanpa batas yang bisa menyatukan seluruh pengguna internet dalam satu tempat dan waktu akan menimbulkan beberapa efek, termasuk ekonomis. Segala yang berbau " Digital" akan semakin gencar dilakukan para pelaku usaha. 

Di metaverse seorang bisa menjual tanah, bekerja dengan keahlian mereka, mendirikan mall-mall, membeli baju virtual, karya seni virtual, bahkan mendirikan perguruan tinggi. Kita bisa menyewakan papan iklan pada brand-brand yang ingin beriklan. Setiap asset yang kita miliki akan terjamin keberadaannya karena sudah dilengkapi dengan fitur NFT, setiap barang yang diperjualbelikan belikan adalah unik dan memiliki kode kepemilikan sendiri-sendiri.

Mungkin bila kita berpikir sekarang, rasanya metaverse ini hanya sebatas imaji. Namun kita tiada yang tahu bagaimana teknologi berjalan ke depannya. Bagaimana handphone 15 tahun yang lalu hanya bisa digunakan untuk bertelepon sekarang sudah multifungsi, bisa digunakan untuk bermain game bahkan mengakses virtual reality.

Keuntungan dari dunia metaverse

Beruntunglah bagi seseorang yang dari awal sudah berinvestasi pada metaverse karena mereka memiliki peluang paling besar untuk mendapatkan keuntungan dari dunia virtual ini. Mereka bisa membeli tanah sebanyak-banyaknya karena belum banyak orang tinggal di sana dan nantinya ketika metaverse sudah banyak penghuni anda bisa menjual tanah ini dengan harga yang lebih berlipat. 

Metaverse sejatinya adalah pisau bermata dua, bila diasah dengan tepat akan memberikan previlage yang mungkin tidak bisa dimiliki individu dalam kehidupan nyata. Namun metaverse juga akan menimbulkan kerugian bila seseorang salah mengambil keputusan di dunia tak terbatas tersebut.

Sumber Gambar Utama : CNBC Indonesia

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Arya WB
Posted by : Arya WB
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos