Depositphotos

Waspada Penipuan Online! Begini Cara Mengetahui Perbedaan Akun Resmi Atau Asli Dengan Akun Fake

Cara mengenali akun asli perusahaan, orang terkenal, tokoh di medsos sangat penting untuk kamu ketahui. Karena banyak sekali beredar akun palsu atau fake account yang mengatasnamakan pihak terkenal untuk melakukan penipuan.

{tocify} $title={Table of Contents}

Waspada Penipuan Online! Begini Cara Mengetahui Perbedaan Akun Resmi Atau Asli Dengan Akun Fake

Waspada Penipuan Online! Begini Cara Mengetahui Perbedaan Akun Resmi Atau Asli Dengan Akun Fake

Salah satu media sosial yang kerap dipakai untuk membuat fake account ialah Instagram. Karena memang pengguna aplikasi ini cukup banyak di tanah air. Fitur-fitur baru yang dikeluarkan oleh Instagram membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya. 

Banyaknya pengguna Instagram menjadi celah bagi sejumlah oknum untuk melakukan penipuan. Biasanya mereka membuat fake account lalu membuat pengumuman kemenangan hadiah ke orang lain. Namun pada akhirnya meminta orang tersebut untuk mengirim uang.

Mengetahui Akun Asli Dengan Akun Fake Melalui Tanda Centang

Mungkin beberapa orang berpikir bahwa sangat mudah untuk membuat fake account. Namun, faktanya tidak semudah itu. Meskipun biasanya memakai foto profil yang menyerupai milik aslinya dengan konten mirip asli juga. 

Jika kamu tidak hati-hati, bisa saja tertipu. Oleh sebab itu, kenali ciri-ciri akun asli sehingga tidak terjebak mengirim uang ke rekening penipu. Tentu kamu tidak mau bukan kalau sampai saldo rekening tercuri.

Salah satu cara mengenali akun asli ialah dengan melihat adanya tanda centang. Biasanya tanda ini ada di samping nama. Centang biru/hijau merupakan simbol verified account seperti centang biru yang diberikan oleh Instagram untuk mengatasi maraknya fake account.

Melalui adanya centang biru/hijau, memberikan tanda bahwa suatu akun asli milik perusahaan, orang terkenal maupun tokoh telah diverifikasi. Untuk mendapatkan verifikasi dari pihak Instagram sama sekali tidak mudah.

Jika kamu perhatikan, sepertinya tidak ada penipu yang bisa memiliki tanda centang biru. Ketika kamu mencari perusahaan, orang terkenal maupun tokoh biasanya hanya akun asli yang mempunyai centang biru. 

Cara mengenali akun asli ini sebenarnya terbilang sederhana. Karena hanya cukup melihat adanya tanda centang biru di samping nama. Mungkin kamu sering melihat penipu melakukan follow Instagram.

Ketika pertama kali melihat profilnya, akan terlihat postingan yang sangat mirip dengan aslinya. Saat terjadi hal seperti itu, pastikan tidak ketinggalan melihat tanda centang biru. Jika ternyata tidak ada, sudah pasti itu milik penipu.

Untuk mendapatkan tanda centang biru memang tidak mudah. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah mempunyai banyak pengikut. Kamu pasti sudah tahu kalau perusahaan, orang terkenal maupun tokoh biasanya memang mempunyai banyak follower.

Mengetahui Akun Asli Dengan Fake Akun Melalui Jumlah Follower

Cara mengenali akun asli tidak hanya bisa dilakukan dengan melihat tanda centang. Namun kamu juga bisa memperhatikan pada bagian follower dan following. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut ini.

1. Jumlah Follower dan Following

Seseorang yang mempunyai status sebagai artis, atlet, selebgram, youtuber, seniman, publik figur terkenal umumnya mempunyai banyak fans. Sehingga, secara alami mereka mempunyai banyak sekali follower. 

Kalau akun palsu biasanya follower cuma sedikit. Para penipu biasanya memanfaatkan fitur following agar mendapat follower. Namun hasilnya justru jumlah following terlampau banyak dan tidak sebanding dengan jumlah follower. 

2. Follower Jelas

Tokoh masyarakat seperti presiden, menteri, gubernur, wali kota, politikus dan lain sebagainya itu juga biasanya mempunyai banyak follower dari masyarakat lokal. Hal ini juga jadi celah bagi beberapa penipu untuk membuat fake account.

Lalu bagaimana jika jumlah follower ada banyak sehingga mirip sekali dengan yang asli? Cara mengenali akun asli adalah dengan melihat siapa followernya. Kalau yang asli pasti followernya adalah orang asli. 

Kalau fake account, biasanya memakai jasa beli follower sehingga follower tidak jelas. Biasanya follower ini memakai sembarang foto dari internet sebagai foto profil dan tidak mempunyai postingan dalam akun mereka. 

3. Jumlah Follower, Like dan Comment Sebanding

Selain artis dan orang terkenal, merek-merek terkenal juga biasanya tidak lepas dari aksi pembuatan fake account. Merek ini dapat berupa produk, perusahaan dan sejenisnya. 
Merek terkenal sudah pasti mempunyai banyak follower yang berarti mempunyai banyak like dan comment. Kalau fake account itu bisa saja punya banyak follower namun jumlah like dan comment akan jauh lebih sedikit. 

Mengetahui Akun Asli Dengan Fake Akun Melalui Fitur About This Account

Selain memahami cara mengenali akun asli dengan akun fake dari follower, kamu juga bisa mengetahui ciri dari fake account melalui hal lain. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

1. Kualitas Gambar atau Video Bagus

Biasanya fake account mengambil gambar atau video dari akun asli. Karena gambar dan video ini hasil unduhan maka sudah pasti kualitasnya tidak bagus. Ini bisa jadi cara untuk membedakan fake account dengan yang asli. 

2. Melihat Fitur About This Account

Fitur About This Account adalah informasi tambahan yang disediakan oleh Instagram untuk melihat kevalidan suatu akun. Fitur ini menerapkan cara mengenali akun asli dengan memuat kapan orang terkait bergabung di Instagram, perubahan username, dan jumlah followers.
Dari sini, kamu bisa menerapkan cara mengenali akun yang asli bahwa perubahan username tampak normal. Kalau fake account sudah jelas perubahannya sangat berbeda-beda karena menjalankan cara penipuan beragam. 

Saat ini memang banyak sekali orang yang mencoba membuat fake account dari perusahaan, orang terkenal maupun tokoh masyarakat. Biasanya mereka juga mencoba menipu para korbannya. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara mengenali akun asli.
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos