5 Cara Pemasaran Barang Dan Produk Ke Pasar Luar Negeri

Salah satu faktor yang mempengaruhi kuatnya brand awareness sebuah produk adalah seberapa luas pasar yang dijajaki. Produk yang familiar lebih besar peluangnya untuk menarik hati konsumen. Dan pada akhirnya angka penjualan bisa menyentuh angka memuaskan.

Pemanfaatan teknologi digital amat penting dikuasai pelaku usaha. Disanalah sebuah produk bisa diperkenalkan secara luas bahkan hingga pasar internasional.

Dalam artikel ini akan dibahas terperinci mengenai bagaimana tips memasarkan produk hingga pasar internasional. Penasaran ? Simak ulasannya.

{tocify} $title={Table of Contents}

Cara Pemasaran Barang Dan Produk Ke Pasar Luar Negeri

Cara Pemasaran Barang Dan Produk Ke Pasar Luar Negeri

Membuat Produk Berkualitas

Syarat wajib sebuah usaha bisa menembus kancah dunia adalah kualitas produknya. Karena kompetitor yang akan kita hadapi jauh lebih banyak daripada pasar lokal. Peningkatan Sumber daya manusia dan Bahan Baku bermutu bisa menjadi komponen penting terciptanya produk kualitas dunia.

Tips kedua adalah pahami pangsa pasar luar negeri. Untuk produk Indonesia sendiri biasanya banyak mengekspor barang kerajinan Seperti batik, rempah-rempah juga memiliki potensi baik untuk pasar luar negeri. Atau  jualan ikan hias, biasanya, peternak Indonesia mampu bersaing hingga pasar internasional.

Membuat Website

Website sudah lama digunakan sebagai media pemasaran online. Kemudahan mengakses layanan fasilitas ini bisa dimanfaatkan pelaku usaha untuk memperluas audience Internasional. Membuat website tidaklah sulit anda bisa menggunakan beberapa platform seperti blogger dan wordpress. Namun jangan sampai ketinggalan membuat domain dan hosting, agar website jualan terlihat lebih profesional.

Isilah website dengan konten-konten yang berelevansi dengan produk yang anda jual. Anda bisa memasarkan produk fashion, produk digital dan sebagainya. Penerapan SEO juga tak kalah penting, karena bisa membuat web menduduki peringkat pertama pada mesin pencari. Semakin banyak visitor, semakin besar peluang menerima orderan.

Manfaatkan Marketing Internasional

Jika di Indonesia, kita mengenal Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak sebagai marketplace Berjualan. Sementara di pasar marketplace internasional ada Amazon, Shopify, dan Ali Baba. Marketplace-marketplace di atas bisa dimanfaatkan untuk menjangkau pasar luar negeri. Salah satu keuntungan bergabung kedalamnya adalah modal yang diperlukan tidaklah besar, bahkan gratis. Untuk menjadi mitra anda tidak dipungut biaya.

Anda bisa menjual produk yang masih jarang ditemukan di luar negeri, tapi mudah ditemukan di Indonesia. Strategi ini akan membuat produk lebih menonjol, karena konsumen lebih tertarik pada produk-produk langka, saat mengunjungi marketplace Internasional. Bahkan secara Keuntungan bisa berlipat-lipat, bila kita berhasil menjual produk, bila dibanding menjual dalam pasar dalam negeri.

Jasa Layanan Iklan

Bila anda memiliki modal berlebih, alokasikan seberapa persennya untuk menggunakan jasa layanan iklan. Untuk merambah pasar luar negeri, anda bisa memakai layanan google ads, Facebook ads, atau tiktok ads. Bukan tanpa alasan kenapa layanan tersebut direkomendasikan. Salah satu alasannya adalah banyaknya traffic orang mengunjungi situs-situs di atas. Bahkan dari jumlah penggunanya mencapai miliaran orang diseluruh dunia.

Anda bisa memulai Campaign iklan dengan dana terjangkau, dan anda bebas melakukan kostumisasi, termasuk menargetkan iklan pada pasar luar negeri. Jasa iklan berbayar merupakan cara mudah, memperkenalkan produk hanya menggunakan gadget 

Bekerjasama Dengan Content Creator

Cara efektif lainnya yang bisa dilakukan untuk memasarkan produk adalah bekerjasama dengan konten kreator lokal. Content creator memiliki banyak follower potensial, untuk dijadikan target pasar. Umumnya mereka memiliki pengikut ratusan ribu hingga jutaan di media sosial. Dari psikologis, konten kreator lokal memiliki pemahaman soal budaya, trend dan literasi di negaranya sendiri.

Kita bisa melakukan riset terlebih, jika sudah menemukan content creator yang sesuai dengan Profile usaha. Tinggal lanjut pada langkah negosiasi. Yang mencakup tentang teknik pembuatan Content iklan hingga fee yang diberikan.

Garis besarnya, memasarkan produk hingga luar negeri akan menambah value dari sebuah usaha. Orang-orang akan lebih banyak Mengenal. Memahami kultur, budaya dan segmentasi produk memang diperlukan, agar biaya yang dikeluarkan untuk beriklan sebanding dengan hasilnya.

Tak kalah penting, seorang pelaku usaha juga perlu mempelajari tentang administrasi dan hukum perdagangan internasional. Karena setiap negara memiliki kebijakan yang berbeda-beda

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama