7 Kekurangan Telegram Dibanding WhatsApp, Perlu Tahu!

Selain kelebihan telegram, Anda perlu tahu kekurangan Telegram dibanding WhatsApp...

Telegram merupakan aplikasi yang berguna untuk perpesanan instan berbasis cloud. Aplikasi tersebut kini sudah tersedia untuk Android, iOS, Windows Phone, MacOS, dan Linux. Pengguna bisa berkirim pesan, gambar, dan video melalui Telegram.

Pada dasarnya, Telegram adalah aplikasi yang sering digunakan untuk berbagai keperluan selain chat dan call. Anda bisa mencari film, mengerjakan tugas, dan berbagai fitur bot lainnya. Hal tersebut yang menjadikan Instagram memiliki banyak pengguna. Sehingga kekurangan Telegram dibanding WhatsApp, perlu Anda tahu juga.

Kekurangan Telegram Dibanding WhatsApp, Perlu Tahu!

Baik whatsapp dan telegram keduanya adalah aplikasi perpesanan dengan fungsi yang hampir sama. Secara umum sangat mirip dan mungkin sulit untuk memilih keduanya.

Mengenai kekurangan Telegram dibanding WhatsApp yang perlu Anda tahu, simak penjelasan berikut.

{tocify} $title={Table of Contents}

Perlu Tahu 7 Kekurangan Telegram Dibanding WhatsApp

Mungkin sebagian orang awam masih bingung dengan perbedaan antara Telegram dan WhatsApp. PAdahal keduanya merupakan aplikasi chatting dengan banyak peminat. Bahkan banyak orang yang menganggap bahwa kelebihan Telegram justru lebih menarik daripada WhatsApp.

Namun, tetap ada kekurangan Telegram yang wajib Anda pahami. Berikut kekurangan telegram dibanding whatsapp versi glozaria.


Tidak Memiliki Fitur Update Status

Pasti sudah banyak yang tahu bahwa Telegram tidak memiliki fitur update status seperti WhatsApp. Kekurangan ini sangat terlihat jelas dan menjadi sorotan para pengguna. Mereka bertanya-tanya mengenai tidak adanya status pada aplikasi Telegram.

Hal tersebut mungkin menjadi salah satu alasan banyaknya pengguna WhatsApp daripada Telegram. Bahkan lebih cocok untuk bergaul dengan lingkungan sosial. Telegram terlihat hanya seperti media untuk bisnis yang lebih serius.


Grup Obrolan

Kekurangan Telegram dibandingkan WhatsApp juga terlihat dari obrolan grup yang tersedia. WA memiliki batasan limit anggota grup yang hanya ratusan kontak. Berbeda dengan Telegram yang hampir mampu menampung 100.000 kontak dalam satu grup.

Tentunya mempersulit bagaimana seseorang untuk bisa membaca pesan tersebut. Anda akan sulit melacak percakapan satu kontak dengan lainnya. Sehingga grup menjadi tidak kondusif karena terlalu banyak memiliki anggota.


Tampilan Antarmuka yang Kurang Rapi

Perlu dipahami bahwa antarmuka Telegram cukup berantakan dan kurang rapi. Hal ini menjadikan seseorang terkadang bingung dengan pesan masuk baru. Berbeda dengan Wa yang jauh lebih rapi dan bagus.

Tidak sedikit orang yang menginstal Telegram hanya untuk kebutuhan tertentu. lain halnya ketika mereka menginstal WA lebih untuk kebutuhan pribadi yang tidak sembarang orang bisa masuk ke dalamnya. Sehingga jauh lebih aman daripada menggunakan Telegram.


Adanya Pengumuman Pengguna Baru

Kekurangan Telegram dibandingkan WhatsApp yang paling tidak disukai oleh pengguna adalah adanya pengumuman pengguna baru. Apalagi pengumuman tersebut terpampang pada beranda milik pengguna. Membuat tampilan beranda penuh dan pesan penting bisa tertimbun.

Bahkan Telegram selalu memberikan notifikasi kontak yang baru bergabung. Hingga saat ini belum ada cara agar notifikasi atau pengumuman tersebut dihilangkan. Berbeda dengan WhatsApp yang selalu bungkam akan hal tersebut.

Memungkinkan tampilan beranda tetap bersih dari adanya pengumuman. Sehingga yang tertera pada bagian beranda hanya pesan pribadi dan pesan grup obrolan. Anda tidak akan bingung ketika mengoperasikan WhatsApp.


Tidak Tersedia Fitur Pengiriman File Massal

Kekurangan Telegram dibandingkan WhatsApp berikutnya adalah tidak tersedianya fitur pengiriman file secara massal. Hal tersebut tentu membuat proses pengiriman file penting menjadi sangat lama. Anda hanya bisa mengirimkan file satu per satu.

Berbeda dengan WA yang memiliki opsi untuk memilih beberapa file. Sehingga proses pengiriman menjadi lebih cepat dan tidak perlu mengulang pemilihan file.

Jika Anda mengirimkan file melalui Telegram butuh proses yang sangat panjang. Bahkan hal ini terkesan membosankan dan sering beralih menggunakan WA. Dengan begitu aplikasi Telegram kurang mendukung pengiriman file dalam jumlah yang banyak.


Tidak Bisa Melihat Status Kontak

Kekurangan Telegram dibandingkan WhatsApp berikutnya adalah tidak bisa mengetahui status kontak milik orang lain. Tidak ada keterangan offline dan online. Hanya saja Anda perlu membuka aplikasi untuk menerima pesan. Tidak ada keterangan jelas mengenai status terakhir dari Telegram.

Berbeda dengan WhatsApp yang memungkinkan Anda untuk melihat terakhir seseorang mengaksesnya. HAl ini memungkinkan adanya kemudahan dalam menghubungi nomor lain.


Jumlah Orang Dalam Video Call Sangat Terbatas

Adapun kekurangan berikutnya yang terdapat pada Telegram adalah terbatasnya orang dalam video call. Telegram membatasi dua orang yang bisa bergabung pada fitur video call. Berbeda dengan WhatsApp yang bisa menampung hingga 8 orang. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti diskusi, ngobrol santai, dan lain sebagainya.

Kurang pas rasanya Anda menggunakan Telegram untuk berkomunikasi dengan banyak orang menggunakan video call. Sehingga hanya mendukung kebutuhan chat dan pengiriman pesan suara. Anda harus menggunakan alternatif lain jika ingin melakukan video call dengan orang banyak.

Dengan memahami kekurangan Telegram dibandingkan WhatsApp maka Anda bisa menentukan aplikasi yang tepat terhadap kebutuhan. Sehingga semuanya bisa terpenuhi sesuai dengan kemampuan dan kapasitas aplikasi yang digunakan.


Kesimpulan

Apakah benar ketujuh hal di atas menjadi kekurangan telegram yang Anda rasakan? Coba tulis jawaban Anda di komentar.

Setiap aplikasi tidak ada yang sempurna apalagi bila dibandingkan dengan aplikasi lain. Fitur aplikasi tergantung sudut pandang developer dan kebijakan perusahaan pengembang aplikasi. Kita tunggu saja kejutan-kejutan fitur terbaru dari telegram berikutnya.

Fitur telegram apa yang Anda harapkan? Beritahu kami, mungkin kami bisa mengemasnya menjadi sebuah artikel untuk Anda.

Demikian, share bila informasi ini bermanfaat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama