Depositphotos

Tidak Cepat Habis! Begini 8 Cara Agar Menghemat Kuota Internet Di HP

Cara agar lebih menghemat kuota Internet sangatlah penting Anda ketahui. Mengingat penggunaan gadget semakin meningkat bahkan menunjang segala kebutuhan setiap hari. Baik rutinitas membuka email, chatting, platform hiburan seperti Youtube hingga bermain game. 

Tidak Cepat Habis! Begini 8 Cara Agar Menghemat Kuota Internet Di HP

Bahkan saat situasi pandemi saat ini menuntut banyak orang melakukan aktivitas di rumah baik meeting hingga daring. Cara agar lebih hemat kuota internet ini sangat diperlukan.

Untuk mendukung aktivitas tersebut tentu Anda tidak bisa lepas dari kuota internet. Kuota merupakan batasan penggunaan internet dalam waktu tertentu. Contohnya saja kuota internet bulanan 8 GB maka Anda hanya bisa mengakses internet hingga 8GB saja. Simak cara agar lebih hemat kuota Internet berikut ini.

Begini 8 Cara Agar Menghemat Kuota Internet Di HP Paling Ampuh

Kegiatan working from home memang cukup menyita banyak kuota internet. Sehingga perlu adanya strategi tepat agar tidak boros kuota. Simak cara berikut ini untuk mengatur penggunaan internet.

Batasi Pemakaian Data atau Aktifkan Peringatan

Penggunaan kuota internet memang menjadi dilema. Untuk mengatasi agar tidak boros dapat dengan membatasi pemakaian data. Anda tak perlu menghidupkan koneksi internet jika tidak sedang menggunakannya. Terlebih jika Anda di area yang menggunakan wifi. Maka tak perlu menghidupkan koneksi internet.

Hal ini penting dilakukan untuk membatasi pemakaian. Cara lainnya dapat dengan mengaktifkan peringatan penggunaan internet yang melebihi limit. Anda masuk ke menu setting kemudian pilih data usage, pilih cellular data. Lalu set cellular data limit dan terakhir aktifkan menu peringatan data.

Hindari Pengunduhan Media Otomatis

Selanjutnya dalam aplikasi perpesanan, Anda tentu sering mendapatkan kiriman media baik gambar atau video. Tahukah Anda, hal ini dapat menguras kuota. Anda bisa mengubah settingan unduh media otomatis menjadi no media. Sehingga kuota Anda tidak sia-sia. Aturlah media yang akan Anda unduh agar hemat kuota dan hemat memori ponsel.

Matikan Fitur Update Otomatis

Aplikasi maupun fitur membutuhkan pembaharuan secara berkala. Masih banyak orang yang belum mengubah pengaturan agar aplikasi tersebut tidak update secara otomatis. Begitu banyak aplikasi yang ada dalam ponsel Anda yang membutuhkan update maka dapat menguras kuota internet cukup banyak.

Saat Anda belajar sebaiknya Anda cek, dan pastikan tidak menyalakan update otomatis tersebut. Cara agar lebih hemat kuota Internet Anda dapat menonaktifkan update otomatis dengan masuk ke aplikasi Google Play Store kemudian masuk ke menu setting. Lanjutkan pilih auto update apps dan klik auto update apps over wifi only. Cara ini dapat menghemat kuota internet.

Tutup Tab Video Saat Tidak Ditonton

Pada dasarnya menonton video melalui platform Youtube atau sejenisnya memang mengasyikkan. Namun jika Anda tidak bijak menggunakannya maka kuota akan cepat habis.

Saat kita menonton dengan kualitas 480p menghabiskan 700 MB per jamnya. terlebih pada kualitas Full HD sekitar 3 GB per jam. Jika Anda tidak membatasinya maka dalam sekali waktu kuota akan cepat terkuras.

Sebaiknya Anda turunkan kualitas video apabila tidak membutuhkannya. Tutup tab platform saat sudah selesai menontonnya. Karena proses mendownloadnya terus berlangsung.

Menonaktifkan Auto Sinkronisasi Cloud Storage

Cara agar lebih hemat kuota internet adalah dengan menonaktifkan auto sinkronisasi Cloud storage. Seperti Dropbox dan Google Drive. Hal ini untuk menghindari data-data yang tak perlu disimpan. Proses memindahkan data-data dalam cloud storage membutuhkan kuota internet yang sangat besar.

Dengan backup manual memungkinkan Anda menghemat kuota. Karena dapat memilih mana saja data yang sangat penting atau perlu disimpan.

Kompresi Data di Chrome

Salah satu yang cukup populer adalah Google Chrome. Google Chrome ini memiliki fitur bawaan yang bisa menurunkan kuota. Saat Anda hidupkan kompresi data di Chrome, hal ini menyebabkan traffic data terkirim melalui proxy Google. Oleh karena itu kuota internet akan dioptimalisasi serta ditekan sebelum terkirim ke perangkat.

Cara agar lebih hemat kuota Internet dengan mengkompresi data maka sinyal internet semakin kencang. Terlebih penggunaan kuota internet juga semakin irit. Cara melakukan kompresi adalah dengan klik setelan pada aplikasi Google Chrome. Lalu cari penyimpanan data atau data server dan kembali hidupkan.

Matikan Location

Selanjutnya adalah dengan cara mematikan location saat tidak membutuhkannya. Fitur location di beberapa aplikasi yang kita gunakan menyebabkan baterai perangkat mudah habis. Terlebih jika terus aktif maka menyedot kuota internet untuk mengirim atau mengunduh data. Anda bisa menanganinya dengan memilih opsi untuk menyalakan fitur location saat Anda gunakan saja.

Pilih Browser yang Cukup Efisien

Penggunaan browser default dapat menguras kuota internet secara signifikan. Alangkah lebih baik jika Anda menggunakan aplikasi seperti browser yang lebih efisien seperti opera mini.

Salah satu aplikasi browser tersebut cukup mampu menghemat kuota. Terbukti mampu mengkompres situs yang dikunjungi dan menyimpan kuota lebih primer. Nah dengan menerapkan cara agar lebih hemat kuota internet tersebut, maka Anda dapat menekan biaya kuota bulanan. Saatnya Anda buktikan sekarang.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos