Depositphotos

Tips Cara Menjual Barang Bekas Lewat Online Agar Cepat Laku

Apakah di rumah anda tersimpan barang-barang bekas ? Apakah barang tersebut masih layak pakai ? . Eitts, jangan buru-buru di buang dulu lho. Daripada dibuang ada cara lain lho, bahkan bisa membuat anda mendapatkan keuntungan berupa uang. Salah satu caranya adalah membuka usaha jualan barang bekas via online.

Trik Cara Menjual Barang Bekas Lewat Online Agar Cepat Laku
Ilustrasi Menjual Barang Bekas/Gambar : Mokapos.com

Jangan salah di era ekonomi digital ini, menjual barang bekas via online bukanlah suatu yang tabu. Anda bisa melihatnya sendiri di berbagai marketplace, dengan mengetik keyword " Second/Preloved", diketahui usaha ini memiliki banyak peminatnya.

{tocify} $title={Table of Contents}

6 Tips Cara Menjual Barang Bekas Lewat Online Agar Cepat Laku

Bila anda tertarik, mari melangkah ke step selanjutnya yaitu mempelajari trik Berjualan barang bekas via internet berikut ini:

Cek Kualitas Barang Bekas

Meskipun hanya dijual adalah barang bekas, namun anda tidak boleh mengesampingkan pengecekan. Barang bekas haruslah yang masih layak pakai. Kekurangan-kekurangan kecil seperti goresan kecil, warna kusam dan sejenisnya masih bisa dimaklumi, asalkan tidak mengganggu fungsi vitalnya. 

Cek kualitas barang bekas, berguna untuk memberikan jaminan kepada konsumen. Mereka wajib di  berikan barang bekas yang layak dan mendapatkan panduan pemakaian. Lakukan riset tentang harga barang bekas agar anda bisa menentukan harga yang tepat.

Gunakan Foto Asli

Karena anda berjualan via online, maka anda harus bisa membangun kredibilitas, kepercayaan yang tinggi membuat pelanggan tanpa ragu untuk bertransaksi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan foto barang bekas yang asli. Foto yang bisa menjelaskan kondisi barang secara jelas dan jujur. Ada banyak aplikasi edit foto seperti pixellab dan Photoshop, yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan hasil foto profesional.

Selain Foto Berikan caption keterangan seperti kondisi barang, bahan dan kekurangan secara detail. Ini nantinya akan menjadi informasi yang bagus untuk calon pembeli.

Perbaiki Deskripsi

Trik jitu menjual barang bekas selanjutnya adalah memperbaiki deskripsi. Misalnya berapa lama barang bekas tersebut pernah dipakai, deskripsikan juga tentang kondisi barang baik dari segi kelebihan dan kekurangannya. Buatlah deskripsi detail tanpa ada unsur ingin menutup-nutupi. Karena banyak kasus penjual nakal yang menipu pelanggan, menjual barang rusak tapi deskripsinya tidak di cantumkan.

Jika anda menjadi penjual jujur, reputasi toko online akan meningkat mendatangkan pelanggan baru dan meningkatkan loyalitas pelanggan lama.

Tips Menentukan Harga

Point penting yang mempengaruhi tingkat penjualan adalah menentukan harga barang bekas. Anda harus bisa mematok harga ideal yang bisa dijangkau masyarakat dan secara margin masih bisa mendatangkan untung. Walaupun hanya menjual barang second tapi anda masih bisa memperjuangkan harganya agar tak terlampau murah. Anda juga jangan mematok harga barang bekas senilai dengan harga baru.

Tips menentukan harga adalah melakukan riset, lihat harga kompetitor dan sesuaikan dengan harga barang bekas yang Anda inginkan. Mengenai permintaan, usaha ini sangatlah prospektif karena tanpa modal berarti dan permintaannya pun relatif stabil.

Pertimbangan Negosiasi

Sebagai penjual anda memiliki wewenang mematok tarif, apakah dengan harga pas atau anda terbuka dengan negosiasi. Semua pilihan memiliki konsekuensi masing-masing. Dengan harga pas anda akan lebih cepat mendapatkan hasil yang di inginkan, namun dengan harga negosiasi calon konsumen bisa lebih tertarik membeli barang bekas. 

Tentukanlah rentang harga negosiasi, agar nominalnya tetap menghasilkan keuntungan

Cara Menjual Barang Bekas

Internet adalah tools yang perlu dikuasai untuk memasarkan barang bekas via online. Anda bisa menjual pakaian bekas, handphone bekas, barang elektronik bekas dan ide lainnya. Ada beberapa saluran digital yang bisa anda coba, yaitu marketplace, Tokopedia/Shopee dan OLX merupakan tempat yang tepat untuk memperkenalkan usaha anda.

Bisa juga melalui forum-forum Facebook, anda bisa mencari grup sesuai Niche dari barang bekas yang Anda jual. Bila anda menjual onderdil otomotif bekas, anda bisa bergabung di grup pencinta otomotif. Semakin giat berpromosi, semakin besar konsumen akan berdatangan.

Tips gratis Digital marketing, dengan memaksimalkan hastag relevant, mencantumkan foto proposional dan menggunakan copy writing pada setiap konten.

Bagaimana apakah anda tertarik menggeluti usaha ini ? Tak perlu malu Berjualan barang bekas, bila diseriusi hasil yang didapat bahkan mencapai jutaan rupiah perbulannya.
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos