Depositphotos

5 Tips SEO Instagram Yang Efektif Meningkatkan Engagement Instagram

Mungkin anda sudah familiar tentang istilah SEO yang umumnya diterapkan pada website agar memiliki posisi yang bagus pada mesin pencari. Namun SEO bisa juga diterapkan pada Instagram. Pengguna Instagram kini diperbolehkan untuk melakukan riset kata kunci berdasarkan konten, hastag dan username dari sebuah akun.

Tips SEO Instagram Yang Efektif Meningkatkan Engagement Instagram

Optimalisasi SEO Instagram memiliki tujuan menjadikan konten, username, dan bio sebuah akun bisa terlihat di search engine Instagram. Jika bisa dilakukan, sudah pasti pengunjung akan lebih meningkatkan, engagement prosentasenya meningkat dan bermuara pada konversi ( Pembelian, Pendaftaran dan sebagainya )

{tocify} $title={Table of Contents}

5 Tips SEO Instagram Yang Efektif Meningkatkan Engagement Instagram

Lalu seperti sih detail teknik optimalisasi SEO Instagram ? Simak ulasan berikut ini:

Perbaiki Profil Instagram

Profil sebuah akun Instagram memegang peranan penting dalam optimalisasi. Pasalnya profil sering di cari dan muncul di deretan teratas search engine Instagram. Namun algoritma sudah semakin ketat, dan hanya profil-profil yang SEO friendly saja yang bisa tampil di sana.

Langkah yang pertama yang bisa dilakukan adalah mengubah setelan akun menjadi publik karena tujuan kita adalah menjangkau banyak orang, gunakan nama dan foto profil yang relevan dengan usaha. Jika anda berbisnis kopi, kita bisa memakai nama/foto yang berkaitan dengan usaha tersebut. Semakin relevan, algoritma Instagram akan lebih cepat mendeteksi keberadaan akun.

Optimalisasi Display Name

Display Name adalah poin selanjutnya yang patut untuk di optimalkan. Pasalnya calon konsumen/follower kerap mencari topik/konten/akun melalui search engine, dan yang tampil biasanya adalah profil akun yang memiliki display name sesuai. Melalui Display Name ini juga konsumen mendapatkan first impresion dari akun kita.

Untuk Tips optimalisasi Display Name Instagram, anda bisa melakukan langkah ini:

Gunakan kata kunci yang sesuai dengan usaha, lalu masukan pada username dan display name akun. Misalnya usaha baju muslim, anda bisa menggunakan nama: Muslim Shop Jakarta, Baju Syar'i Murah dan sebagainya.

Optimalisasi Bio Instagram

Tak cukup hanya pada username/display name instagram saja, Optimalisasi SEO bisa diterapkan pada Bio. Bio bisa digunakan untuk menjelaskan secara rinci tentang usaha yang digeluti. Jadi jangan menulis keyword. 

Bio instagram itu bisa terlihat di search engine dan menjadi media sebuah akun untuk dikunjungi visitor. Lalu cara teknisnya seperti apa untuk optimalisasi Bio ? Kita bisa mencari kata kunci turun dari keyword yang sebelumnya sudah kita tulis di username. Misalkan: Sepatu Murah, Sepatu murah berkualitas, Sepatu Cewek casual dan sebagainya. Ide-ide tentang keyword bisa didapatkan melalui hastag dan tool-tool pencari keyword ( google keyword planner, keywordtool.io dan sebagainya )

Optimalisasi Konten Instagram

Nyawanya sebuah akun itu terletak pada sebuah konten. Kalau di ibaratkan sebagai anggota tubuh manusia, konten itu seperti jantung, yang perannya benar-benar vital untuk menjaring khalayak luas. Tanpa konten, segala aktivitas akun bisa dikatakan mati. 

Optimalisasi SEO konten instagram ini bisa dilakukan dengan memperhatikan kualitas video/foto yang di upload. Pastikan menggunakan perangkat yang ideal sehingga menghasilkan resolusinya jernih. Konten harus berhubungan dengan Niche/bisnis yang dikerjakan. Dan yang terakhir setiap postingan ditambah hastag setidaknya 5 hastag relevan. Hal ini efektif mendongkrak posisi akun dalam mesin pencarian Instagram.

Anda bisa meneliti kualitas sebuah hastag dengan menggunakan tool rekomendasi seperti: hashtagify.me, yang bisa menunjukkan indikator tingkat kepopuleran sebuah hastag. 

Meskipun hastag sangat disarankan untuk optimalisasi konten, tidak disarankan melakukan spaming. Hal ini malah bisa menurunkan tingkat SEO bahkan tak menutup kemungkinan akun kita akan dibanned.

Optimalisasi Alt text

Tips ini sangat bagus dilakukan bila akun ada sering sekali mengupload gambar. Alt text digunakan untuk memberi deskripsi tentang foto. Sehingga algoritma bisa lebih cepat mendeteksi keberadaan Foto. Dengan cara ini peluang postingan kita bisa masuk tab discovery sangatlah besar. 

Cara melakukan optimalisasi Alt Text adalah sebagai berikut:

Pada saat posting foto, carilah menu advance setting yang terletak di area bawah. Kemudian pilih -> write alt text. Lalu tulislah keyword potensial yang memiliki angka pencarian besar di google. 


Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos