Depositphotos

Mengenal Apa Itu Branding, Jenis-jenis Dan Manfaatnya Untuk Pemasaran

Kenapa banyak orang teringat " iPhone" sebagai salah satu merk hape canggih hingga saat ini? . Kenapa ketika disinggung tentang air minum kemasan, kita akan berpikir tentang merk " Aqua" ? Hal tersebut merupakan salah satu penerapan branding yang berhasil mengena dipikiran masyarakat. Branding adalah salah satu penentu produk bisa laris di pasaran.

{tocify} $title={Table of Contents}

Mengenal Apa Itu Branding, Jenis-jenis Dan Manfaatnya Untuk Pemasaran

Mengenal Apa Itu Branding, Jenis-jenis Dan Manfaatnya Untuk Pemasaran

Branding berasal dari kata brand yang berarti ide yang terlintas dibenak seseorang saat ia bersinggungan dengan suatu produk. 

Sementara pengertian Branding American Marketing Association  adalah aktivitas yang bertujuan untuk mempromosikan atau memasarkan sebuah brand. 

Untuk lebih detail lagi mengenai branding, jenis dan Manfaatnya silahkan simak artikel berikut ini:

Jenis-Jenis Branding

Product Branding

Merupakan jenis branding yang paling banyak diterapkan pelaku usaha, baik mikro, kecil dan menengah. Dan masyarakat pun bisa menemukan aplikasi produk branding ini diberbagai media seperti koran, brosur, website, hingga konten sosial media. Ada 2 tujuan yang dituju dalam strategi branding ini, yaitu memperkenalkan produk baru atau mempertahankan performa jual produk lama. Objek dari produk branding itu adalah produk produsen itu sendiri.

Intinya bagaimana pelaku usaha ini bisa menonjolkan sisi kelebihan dari produk kepada calon konsumen. Baik menonjol kualitas, fitur, harga dan ragam sebuah produk.

Personal Branding

Jenis branding yang objeknya adalah individu/orang itu sendiri. Anda bisa melihat praktek dari branding ini pada orang-orang dengan kedudukan tertentu seperti politisi, motivator, dan selebgram. Mereka yang mengincar follower dan basis masa yang besar akan melakukan personal branding ini, untuk meningkatkan atensi publik.

Media digital sekarang ini sering dijadikan tempat untuk personal branding, dikarenakan memiliki pengguna yang besar, sehingga memudahkan individu mencari masa sesuai segmentasinya. 

Coorporate Branding

Jenis 3 dari branding adalah coorporate branding. Tujuannya adalah menaikkan nama perusahaan dimana publik. Perusahaan tentunya perlu memiliki reputasi yang baik untuk mendapatkan kepercayaan. Langkah-langkahnya bisa luas sekali. Seperti membuat branding dan tagline pada sosial media, membuat produk-produk berkualitas, memberikan giveaway pada pelanggan setia, meluncurkan program beasiswa hingga memaparkan nilai-nilai yang dijunjung perusahaan.

Inti dari coorporate branding adalah bagaimana perusahaan bisa lebih dekat dengan calon konsumennya. Jika ini terjalin. Brand awareness bisa tumbuh, masyarakat akan lebih percaya dengan apa yang dijual.

Geograpical branding

Merupakan jenis branding yang banyak dilakukan pada industri pariwisata. Kita bisa menemukan contohnya pada tagline " Pesona Indonesia" yang selalu berdampingan dengan iklan visit Indonesia yang merupakan bentuk promosi tahunan wisata Indonesia agar bisa menarik pengunjung internasional.

Geograpical branding dilakukan dengan menonjolkan kelebihan dan hal-hal positif dari suatu daerah. Misalnya labuhan haji dengan keindahan bahari lautnya, Jakarta dengan kemegahan gedung-gedungnya, Aceh dengan spot wisata religinya dan yang lain. 


Manfaat Branding Dalam Entrepreneurship

Meningkatkan Citra Usaha dalam masyarakat

Penerapan branding biasanya akan dituai hasilnya pada masa yang akan datang. Branding juga bisa dikatakan sebagai investasi jangka panjang karena salah satu Manfaatnya adalah meningkatkan citra perusahaan Dimata masyarakat. Hal ini juga berkesinambungan dengan naiknya " brand awareness". Pada fase ini mayoritas produk yang dikeluarkan akan mudah dikenali masyarakat. Contohnya anda bisa lihat pada pasar otomotif Indonesia, dimana merk-merk seperti honda, Yamaha dan Suzuki selalu punya daya tarik dari tahun ke tahun, ini bisa terjadi karena brand awareness yang kuat.

Gampang menggaet Konsumen Baru

Salah satu patokan strategi branding berhasil adalah saat banyak orang-orang mau membeli produk dari sebuah usaha. Branding yang baik akan memberikan nilai tambah dari sebuah produk, dibandingkan dengan produk yang sama dari kompetitor. 

Orang-orang yang mau mengeluarkan uang untuk ditukar sebuah produk, itu artinya mereka sudah percaya dengan apa yang dibeli akan sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. Branding yang dikemas secara menarik, akan menaikkan keterikatan antara perusahaan dan konsumen, tak jarang pelanggan baru akan berubah menjadi pelanggan setia, karena strategi branding yang berhasil.

Branding mempercepat promosi

Perusahaan-perusahaan terkenal tentunya sudah pasti memiliki branding yang bagus. Mereka punya modal menguntungkan untuk mempromosikan produk nya. Bila dibandingkan dengan kompetitor yang belum punya nama, perusahaan yang terkenal tentu akan lebih cepat dalam hal mengenalkan produk hingga mendapatkan pelanggan. Segala sesuatu yang berkaitan dengan promosi akan berlangsung lebih cepat, karena brand dari perusahaan sudah mengena di hati masyarakat.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Saria Bakti
Dipublikasikan oleh : Saria Bakti
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos