Depositphotos

5 Penyebab Perlu Mengubah Dokumen Ke PDF Dengan Konversi Word ke PDF

Microsoft Word adalah salah satu pengolah kata yang paling populer. Meskipun demikian, file PDF mulai banyak dipakai terutama semenjak pandemi belakangan ini. Banyak dari Anda yang mungkin diminta untuk mengirimkan laporan, tugas, tagihan, dan dokumentasi dalam bentuk PDF. Padahal sebelumnya Anda terbiasa menggunakan file Ms Word.

Penyebab Perlu Mengubah Dokumen Ke PDF Dengan Konversi Word ke PDF

Baca juga:

{tocify} $title={Table of Contents}

5 Penyebab Perlu Mengubah Dokumen Ke PDF Dengan Konversi Word ke PDF

Dengan makin maraknya penggunaan tipe PDF, Anda tentu saja harus melakukan usaha lebih seperti mengubah dokumen Ms Word ke Pdf. Dengan konversi Word ke Pdf file menjadi lebih aman karena dokumen word dapat di-edit sedangkan PDF tidak. Ini dapat dengan mudah dilakukan dengan memanfaatkan pengonversi file online untuk membuat versi PDF (Portable Document Format).

Tidak hanya penyebab di atas, masih ada beberapa penyebab lainnya Anda perlu mengubah Word ke Pdf. Jika Anda ingin tahu lebih banyak penyebab perlunya Anda untuk mengonversi Word ke PDF, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Berikut adalah 5 penyebab perlu mengubah dokumen word ke pdf.

Dokumen Word Tidak Menyimpan Formatnya

Salah satu penyebab utama sebagian orang mengkonversi Word ke PDF adalah adanya reformatting file word. Dokumen Word memformat ulang dokumen saat dibuka di komputer lain terutama yang menggunakan versi word yang berbeda.

Bahkan jika Anda menggunakan komputer yang sama tetapi printer yang berbeda, pemformatan dapat terjadi pula. Ini akan cukup menghabiskan waktu dan menambah usaha Anda dalam bekerja. Jadi, agar pemformatan dokumen tetap utuh di berbagai perangkat, Anda perlu mengkonversinya ke pdf . Word ke PDF oleh menggunakan thenonlineconverter.com.

Dokumen Word Tidak Diterima oleh Semua Sistem Operasi

Memang benar bahwa Microsoft adalah sistem operasi paling populer di dunia. Lebih dari tiga perempat dari semua komputer desktop menggunakan Microsoft. Sementara MacOS berada di tempat kedua diikuti oleh Linux.

Meskipun Microsoft diakui sebagai sistem operasi terkemuka di dunia, macOS dan Linux siap diterima sebagai alternatif. Banyak konsumen profesional misalnya memilih MacBook dan iMac sebagai komputer pribadi. Namun produk Apple misalnya akan kesulitan untuk membuka dokumen Microsoft Word. Tidak seperti file PDF yang bisa diterima oleh semua komputer, ponsel cerdas, dan perangkat lain.

Format PDF Jauh Lebih Baik

Diakui oleh  pengguna Apple bahwa mereka dapat mentransfer file word ke ekstensi file lain di MacBook dan iMac mereka. Namun file yang dikonversi ini mungkin tidak terlihat bagus setelah dikonversi dari Word ke PDF.

PDF selalu menjaga format, font, dan karakteristik lainnya tidak peduli bagaimana file dibuka. Tidak ada ekstensi file lain yang diterima secara luas yang memiliki pemformatan seperti PDF.

Ketika reputasi profesional, kesejahteraan, atau pendapatan Anda dipertaruhkan, Anda tidak boleh rela terlihat buruk. Meskipun tidak apa-apa membuat dokumen menggunakan Microsoft Word, berbagi dokumen ini dengan orang lain membuat Anda rentan terhadap reputasi yang buruk. Menyimpan formulir Word ke PDF Anda akan selalu melindungi format dan reputasi Anda.

Dukungan Enkripsi File PDF Tingkat Tinggi

Salah satu faktor utama bahwa file PDF banyak digunakan di dunia saat ini adalah karena mendukung enkripsi data. File Anda dilindungi dan tidak ada orang lain yang dapat mengaksesnya selain Anda. Ini juga menawarkan pendekatan yang aman untuk memindahkan data melalui internet.

Level “Akses Pengguna” dapat dipersonalisasi jika Anda merasa perlu melakukannya. Salah satu cara untuk mengkonfirmasi keaslian file PDF adalah tanda tangan digital.

Anda tidak akan khawatir kehilangan data dan file Anda ke pihak ketiga karena tingkat keamanan yang diberikan pada dokumen Anda sangat tinggi. Segala bentuk program jahat seperti virus atau bentuk malware lainnya tidak akan dapat menginfeksi keamanan dan keselamatan file pdf Anda.

Kemampuan Kompresi File

Memilih untuk mengonversi Word ke PDF memungkinkan Anda memiliki kemampuan untuk mengompresi file dari file data mentah yang telah dibuat. Ini sangat membantu dalam file yang memiliki elemen visual.

Format ini dapat mencapai tingkat kompresi 2:1 hingga 8:1 yang mengurangi ukuran file Anda lebih jauh tanpa kehilangan kualitasnya. Anda juga dapat membagi, menggabungkan, menghapus halaman, memperbaiki, dan menambahkan halaman nomor pada file PDF Anda. Salah satu alat konverter yang dapat melakukan semua ini adalah PDF Bear.

Cara Mengubah Dokumen Word Ke Pdf

Word ke pdf

Langkah-langkah mengubah word ke pdf sebagai berikut.
1. Buka situs https://theonlineconverter.com/id/convert-word-to-pdf atau bisa coba di sini.
2. Masukkan URL  file bila Anda menyimpan dokumen di online drive atau Anda bisa pilih Choose files.
3. Kita akan coba pilih Choose Files sebagai contoh. Cari file pada perangkat kita. Lebih mudah lagi bila Anda Drag file ke online converter.
4. Tunggu proses uploading file berhasil.
5. Klik Convert to lalu pilih PDF.

6. Klik Convert untuk memulai konversi word ke Pdf.
7. Bila sudah selesai, klik Download untuk mendapatkan hasilnya di perangkat Anda.


Anda dapat menambahkan hingga maksimal 10 file dalam sekali konversi. Anda dapat men-Drag-nya atau memilih Add more files untuk menambahkan dokumen lagi.

Itu hanya beberapa penyebab mengapa file PDF jauh lebih baik dibandingkan dengan dokumen Word. Cobalah mengubah satu atau beberapa dokumen word ke pdf dengan mengikuti contoh cara mengubah dokumen word ke pdf di atas.

Demikian, semoga bermanfaat.

Penulis : Reta Winston
Editor : Saria Bakti
Dipublikasikan oleh : Saria Bakti
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos