Depositphotos

5+ Rekomendasi Website Terbaik Untuk Belajar Coding Bagi Pemula

{tocify} $title={Table of Contents}

Orang bijak mengatakan " Teruslah Belajar sampai akhir hayat" . Dewasa ini seyogyanya tidak terbatas dijadikan kata mutiara saja tapi juga direnungkan secara seksama.

Jika anda memiliki waktu luang dan ingin memiliki pengalaman baru tak ada salahnya untuk belajar Coding. Ilmu ini sangat berguna apalagi bila dikaitkan d dengan kebutuhan di zaman sekarang. Coding bisa membuka wawasan seseorang tentang dunia teknologi.

Website Terbaik Untuk Belajar Coding Bagi Pemula

Menurut survei LinkedIn menyatakan 1 dari 10 keahlian yang paling dicari pada tahun 2020 adalah keahlian coding. Orang yang kompeten di bidang ini bisa mendapatkan proyek dari berbagai client dari domestik bahkan dengan luar negeri.

5+ Rekomendasi Website Terbaik Untuk Belajar Coding Bagi Pemula

Bagi anda memiliki minat di bidang ini namun bingung harus belajar dari mana. Tidak usah khawatir karena kami akan merekomendasikan website terbaik untuk belajar coding.

Mau tau daftarnya simak ulasan berikut ini:

Udemy

Udemy merupakan website yang layak dimasukkan dalam list tempat rekomendasi untuk belajar coding secara otodidak. Di luncurkan tahun 2007, platform tersebut hingga kini sudah memiliki lebih dari 183.000 jenis kursus dengan Total 40 Juta pengguna di seluruh dunia. Anda bisa menghemat biaya hingga puluhan kali lipat ketika belajar Coding menggunakan udemy. Hanya bermodalkan 130.000 saja, anda sudah bisa belajar coding secara terstruktur. 

Udemy menjadi pilihan bagi anda yang ingin belajar coding namun tidak berasal dari latar belakang IT. Anda bisa mendapatkan materi seperti web development, game development, perancangan web marketplace dan bahasa pemrograman. Istimewanya Udemy juga sudah tersedia dalam bahasa Indonesia. Jadi anda lebih mudah lagi dalam memahami materi. Setelah menyelesaikan kursus, peserta akan mendapatkan sertifikat yang bisa digunakan untuk melamar pekerjaan ataupun menjadi freelancer.

Coursera

Coursera adalah website tempat berkumpulnya para akademisi dari berbagai universitas terbaik dunia. Tujuan web ini dibuat adalah untuk menyediakan kelas online berkualitas dengan praktisi-praktisi kompeten dari bidangnya masing-masing. Bila anda ingin belajar coding, coursera juga menyediakannya.

Materi-materi yang anda dapat merujuk pada kompetensi universitas-universitas terkemuka seperti Harvard, Stanford dan Oxford university. Istimewanya, pengguna bisa mendapatkan materi tersebut secara gratis. Bahkan coursera berkerjasama dengan universitas untuk memberikan gelar yang diakui secara internasional.

Untuk durasi coursenya bervariasi antara 4 Minggu sampai hingga sampai beberapa tahun bila ingin mendapatkan gelar.

Code Academy

Mungkin ada orang yang mengurungkan niatnya belajar coding karena merasa sulit. Namun jangan khawatir ada sebuah platform belajar coding online dengan jaringan hingga seluruh dunia yaitu code Academy.  Platform yang sudah berdiri lebih dari 10 tahun ini sudah banyak melahirkan programmer-programer baru setiap tahunnya. Tercatat lebih dari 24 juta pengguna yang bergabung pada code Academy.

Anda jangan khawatir mengenai tingkat kesulitan belajar karena telah disusun level pelajaran mulai dari kelas pemula, menengah hingga mahir. Di Cody Academy anda bisa belajar: HTML, CSS, JavaScript, Ruby, Phyton dan jQuery. Code Academy juga menyediakan forum aktif untuk bertukar pikiran mengenai dunia IT.

edX

Diluncurkan dari tahun 2012, edX dibuat dari hasil kerja sama antara Universitas Harvard dan Institut Teknologi Massachussets.  Mereka menyediakan kelas tutorial online yang berkualitas termasuk ilmu pemrograman. Jika anda bergabung dalam platform ini, anda akan merasakan belajar dengan materi sama dengan mahasiswa yang ada di kedua universitas paling terkemuka di dunia tersebut.

Edx mengusung tujuan mulia " belajar dimana saja, kapan saja, tanpa mengenal batasan apapun". Anda tidak perlu memiliki gelar pendidikan tinggi untuk mengakses materi koding. Anak bahkan ibu rumah tangga bisa mengakses materi coding edx secara gratis. 

Khan Academy

Alternatif belajar coding secara santai dan fun bisa didapatkan melalui website edukasi non profit asal India bernama Khan Academy. Dengan misi memberikan kesetaraan pendidikan kelas dunia dan tanpa biaya, anda juga bisa menemukan ilmu-ilmu menarik tentang Coding.

Belajar ilmu pemrograman untuk anak-anak juga bisa dilakukan dengan Khan Academy. Setiap pengguna bisa menentukan ritme pelajarannya sendiri. Anda fokus untuk mempelajari satu bahasa pemrograman atau mempelajarinya secara keseluruhan, semua bebas di tangan anda. 

Codewars

Codewars memberikan konsep belajar Coding yang unik. Mereka menggunakan metode tantangan kode untuk memicu pengguna lebih dalam lagi belajar ilmu pemrograman. Anda harus menaklukkan berbagai kata yang tersedia untuk mendapatkan pembelajaran yang lebih kompleks. Dengan website ini, anggapan bahwa ilmu coding adalah membosankan dan sulit bisa dipatahkan.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Saria Bakti
Dipublikasikan oleh : Saria Bakti
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos