Depositphotos

5 Tips Cara Membuat Caption Instagram Interaktif Serta Menarik Untuk Branding dan Marketing

{tocify} $title={Table of Contents}

Memang betul Instagram merupakan media sosial yang dominan dengan konten visual, di mana user akan lebih banyak perhatiannya pada konten foto dan video. Namun tetap saja faktor caption ini juga punya peran penting dalam mempengaruhi kepopuleran sebuah konten.

Untuk pelaku usaha yang melebarkan sayapnya dengan berpromosi di Instagram, harus tahu cara membuat caption yang bagus. Karena ini bukan sekedar kata-kata, tapi caption adalah sebuah seni bagaimana tulisan bekerja untuk menarik hati audience.

5 Tips Cara Membuat Caption Instagram Interaktif Serta Menarik Untuk Branding dan Marketing

Tips Cara Membuat Caption Instagram Interaktif Serta Menarik Untuk Branding dan Marketing

Lalu bagaimana caranya membuat Caption Instagram menarik ? Berikut ini tipsnya.

Tahu betul siapa follower Anda

Anda perlu mengerti tentang citra apa yang ingin dibangun melalui sebuah caption. Sebuah akun harus memiliki identitas yang membawa brand mereka berbeda diantara pesaing-pesaingnya. Apakah konten yang di inginkan bertujuan untuk menghibur, memberikan informasi atau sesuatu yang bersifat ajakan.

Jika hal ini sudah ditentukan barulah anda mencari siapa follower yang sesuai dengan tema akun. Jika yang disasar adalah anak muda, berikan caption yang bersifat non-formal dan santai.  Karena setiap karakter pengikut akun Instagram itu berbeda, jadi anda harus tahu lebih dalam soal mereka.

Hindari Tulisan berbelit

Caption yang efektif harus mengandung isi yang utuh dan mudah dipahami, namun jangan berbelit apalagi bila dibagikan dalam akun Instagram. Karena Instagram konten utamanya adalah foto. Buatlah kalimat yang menggigit dengan kombinasi teks, emoji dan hastagh setidaknya 2.200 karakter. Bila anda masih bingung, melihat inspirasi copy writing di internet sangat bisa dilakukan. Lakukan langkah Amati, tiru dan modifikasi untuk melatih kemampuan menulis caption.

Caption yang to the poin lebih disukai oleh pengguna Instagram, karena mereka tidak perlu memakan waktu lama untuk membaca. Perhatikan juga masalah typo, walaupun sepele jangan sampai jadi kebiasaan. Pastikan kesalahan dalam menulis diminimalisir dengan melakukan cek sebelum di post.

Pakai teknik Call To Action

Call to Action merupakan suatu teknik marketing baik berupa tulisan, gambar dan video yang bertujuan mendorong audience untuk melakukan tindakan seperti: mengunjungi website, memfollow sebuah akun, klik katalog produk dan sejenisnya. Sebenarnya CTA bisa diterapkan bisa diterapkan dalam membuat caption Instagram. Misalnya dengan mengajak follower berbagi pendapat dengan topik sesuai Niche produk atau mengajukan sebuah pertanyaan, agar interaksi yang terjalin semakin aktif.

Contoh caption yang menerapkan Call To Action:
  • Bagaimana pendapat kalian tentang produk baru kami ?
  • Hei, apakah awal pagimu sudah menyeduh kopi ( Merk A ) ?
  • Tinggal 1 Jam lagi , Promo 2 get 1 segera berakhir !!!
  • Yuk klik " Unduh" untuk nikmati layanan aplikasi tak terbatas
Umumnya Caption call to Action bisa dikombinasikan dengan Link website, link download, google form, dan link marketplace bisnis anda.

Optimalisasi Hashtag

Hastagh tidak bisa dilepaskan untuk mengoptimasi konten Instagram. Caption yang bagus dipadu dengan hastagh relevan akan berpeluang lebih besar untuk bisa berada di halaman discovery Instagram. Berdasarkan riset dari Agorapulse , konten yang menambahkan 1 hashtag saja akan lebih tinggi 70 % like dan 392 % komentar dari pada tidak memakai hashtag sama sekali.

Untuk mencari ide hashtag anda bisa mencarinya melalui akun Instagram sejenisn dengan Niche akun anda. Akan banyak sekali pilihan yang bisa anda masukkan dalam postingan sendiri. Atau bisa juga dengan memakai tools seperti keyword tool io, google keyword planner dan sejenisnya.

Instagram sendiri membatasi maksimal dalam 1 postingan paling banyak terdapat 30 hastagh. Pastikan relevan dan tidak terkesan spaming, karena bisa saja mendapatkan teguran.

Pakai Emoji

Memakai Emoji dalam membuat Caption tentunya dibolehkan. Emoji bisa menggambarkan sebuah emosi yang ingin disampaikan pada audience. Emoji juga bisa dipakai agar tulisan terkesan lebih santai. Dari sisi komunikasi Caption yang diberikan emoji yang sesuai akan lebih mendekatkan antara pelaku usaha dengan pelanggannya.


Kesimpulan

Instagram memang sosial media yang lebih banyak kontennya berbau visual, namun tetap diperlukan juga yang namanya caption, apalagi bila sebuah akun diperuntukkan untuk tujuan bisnis. Caption yang dibuat dengan efektif, to the poin dan mampu menggerakkan audience akan berdampak pada performa kunjungan dan pembelian produk.

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Saria Bakti
Dipublikasikan oleh : Saria Bakti

Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos