Depositphotos

3 Tips Sukses Buka Coffee Shop Ala Barista Yang Pernah Jadi Barista Di Australia

{tocify} $title={Table of Contents}

Siapa yang nggak suka minum kopi ? Minuman yang ditemukan pertama kali di dataran Ethiopia ini sudah menjadi favorit bagi sebagian orang. Bahkan kalangan yang menikmatinya berasal dari golongan muda hingga tua. Eksistensi kopi juga terus terjaga hingga sekarang, seiring dengan tumbuhnya brand-brand Cofee Shop yang meluncur produk kopi berbeda satu sama lain.

Selain jadi hobi, kopi juga bisa diseriusi sebagai peluang bisnis. Ada beberapa alasan kenapa anda perlu menseriusi bisnis ini. Pertama karena menurut Survei Sosial Ekonomi Nasional Tingkat Permintaan masyarakat terhadap kopi sangat tinggi. Bahkan dari segi ketersediaan bahan, Indonesia termasuk negara penghasil kopi terbesar di dunia mencapai 774,60 Ribu Ton Pertahun.

Bagi anda memang tertarik mendirikan Cofee Shop, kami punya tips bermanfaat yang dibagikan Barista Nasional bernama Fauzan Ambadar, yang kami rangkum dari channel YouTube Kasisolusi .

Siapa Fauzan Ambadar ?


Sebelum membahas topik utama, lebih baik anda mengetahui bagaimana cerita Fauzan Ambadar dalam menjalankan bisnis kopinya. Dijelaskan dalam channel Kasisolusi, ia mulai memiliki cita-cita mendirikan kedai kopi sedari SMA. Namun ia mulai serius mendalami kopi ketika ia berkualitas D3 Di Australia. Atas saran temanya Fauzan memutuskan Belajar kursus barista. Ilmu-ilmu seperti mengenal jenis-jenis kopi, belajar mengoperasikan alat, hingga tips meracik kopi ia dapatkan di sana. 

Fauzan Ambadar akhirnya menjadi barista di sebuah kedai di Australia. Seiring waktu pengalamannya bertambah setelah 4 tahun lamanya ia akhirnya kembali ke Indonesia. Sebelum memutuskan mendirikan coffe shopnya sendiri, ia sempat mewakili Cofee Shop milik temannya dalam kompetisi Indonesian Barista Championship 2014. Fauzan berhasil meraih peringkat 5 besar.

Dan pada bulan November 2014, Fauzan Ambadar coffe Shop bernama Goni Cofee dengan menu yang paling terkenalnya adalah: Flat White, Hot Capuccino dan sejenisnya.

3 Tips Sukses Buka Coffee Shop Ala Barista Yang Pernah Jadi Barista Di Australia


Harus Suka dan Harus Tau Mau Ngapain

Tips utama yang harus dimiliki sebelum serius berbisnis kopi menurut Fauzan Ambadar adalah harus punya passion. Kalau kita menyukai suatu bidang, dorongan untuk belajar itu akan lebih besar. Proses belajar tidak dilakukan dalam keadaan terpaksa. Orang yang passion sama kopi Otomatis punya rasa untuk cari tahu bagaimana cara mengolahnya yang benar.

Yang kedua adalah harus tahu mau ngapain. Jangan tertarik bikin kedai kopi kalau hanya modal ikut-ikutan karena besar kemungkinan tidak akan tahan lama. Kita perlu tahu bisnisnya mau dibawa kemana. Pemasaranya secara fisik atau digital, mau menyasar segmentasi apa, mau membuat produk apa. Hal-hal seperti harus dipikirkan secara awal. Kita nggak boleh setengah-setengah kalau mau sukses. Kedai kopi itu banyak yang buka kalau kita gak niat pasti kalah sama kompetitor.

Yang paling penting bukan masalah modal

Salah satu halangan yang membuat orang takut menjalankan kedai kopi adalah biaya pembelian alat yang mahal bahkan sampai ratusan Juta. Tapi menurut Fauzan Ambadar itu bukanlah masalah. Menurutnya yang paling penting itu bukan banyaknya modal, karena masih ada jalan alternatif. Kalau kita tidak bisa memproduksi kopi dari bijinya, masih bisa diatasi dengan membeli bubuk kopi yang banyak dijual di marketplace. Kalau masalah tempat kita juga gak harus langsung punya tempat mewah. Semua perlu waktu, semua ada prosesnya. Kalau bisanya jualan dengan model angkringan juga okey.

Fauzan Ambadar juga menuturkan bahwa kopi itu minuman yang universal. Coffe Shop- Cofee Shop punya segmentasinya sendiri, begitu juga dengan coffe shop yang masih merintis. Jadi nggak usah khawatir nggak dapat pelanggan. 

Pentingnya ekspansi Digital

Tips buka Coffe shop Ala Fauzan Ambadar berikutnya adalah harus mau ekspansi ke digital. Apalagi dunia lagi menghadapi situasi pandemi seperti ini. Kalau kita tidak beradaptasi, kita akan ketinggalan arus. Aktif di media sosial, rajin bikin konten perkopian, lakukan promosi dengan ilmu digital marketing, akan membuat jejaring konsumen kopi kita jadi luas. 


Syukur-syukur kalau punya modal lebih bisa menghire orang-orang yang punya kompetisi dibidang digital Marketing. Ini bakal mempercepat laju promosi.

Tips terakhir dari Fauzan Ambadar adalah jangan malah untuk upgrade pengetahuan kopi. Karena trend itu berubah-ubah, dulunya masyarakat lebih familiar dengan kopi panas, tapi sekarang trend-trend kopi dingin juga sudah mulai dilirik.

Sumber : YouTube.com/Kasisolusi ( https://youtu.be/gbqj4bxPWpE )
Gambar : Tangkapan Layar Youtube Kasisolusi

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Saria Bakti
Dipublikasikan oleh : Saria Bakti
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos