Depositphotos

6 Tips Membangun Relasi Agar Sukses Dalam Dunia Kerja

{tocify} $title={Table of Contents}

Ada hal yang perlu dipersiapkan dalam dunia kerja. Seseorang harus memiliki skill, bukan hanya yang berkaitan dengan hard skill namun juga Softskill. Salah satunya adalah membangun relasi. Sudah bukan rahasia umum lagi, jika memiliki banyak kenalan akan mempermudah seseorang dalam mendapat pekerjaan.


Hal ini diperkuat dengan hasil survei yang dilakukan Zippie Networking yang menunjukka bahwa 70% pekerja perusahaan besar mendapatkan posisinya karena memiliki relasi yang banyak.

Bagi anda yang baru lulus kuliah, tentu perlu mengerti tentang bagaimana caranya membangun relasi. Namun jangan khawatir karena kami membahasnya dalam artikel ini.

6 Tips Membangun Relasi Agar Sukses Dalam Dunia Kerja

Memiliki Tujuan jelas


Anda harus memiliki Tujuan yang jelas, kenapa harus memiliki relasi yang banyak. Anda harus bisa menjawab korelasi antara networking dengan peningkatan karir. Seberapa urgensi memiliki banyak teman dalam pekerjaan dan bagaimana cara melakukannya. Dengan memiliki tujuan yang jelas, ini akan membuat proses membangun relasi yang dialami akan semakin relevan dengan karakter kepribadian, visi-misi dan ambisi anda dalam bekerja. 

Perbaiki skill komunikasi

Keberhasilan dalam membangun networking adalah seberapa bagus anda dalam berkomunikasi. Terdengar sepele namun tidak semua orang bisa melakukannya. Terlebih untuk orang yang memiliki kepribadian pemalu. Sebenarnya kemampuan komunikasi bisa di asah secara perlahan. Misalnya dengan berlatih berbicara didepan kaca dahulu, memberanikan diri menyapa orang dan seterusnya.

Orang-orang yang pandai berkomunikasi akan cepat diterima dalam dunia kerja. Mereka mampu memperlihatkan citra mereka kepada orang. Komunikasi membuat image akan terlihat lebih positif. dan sangat dibutuhkan utamanya saat penyampaian ide/gagasan saat rapat kerja.

Tetap menjaga komunikasi dengan teman


Sebenarnya membangun relasi tidak perlu memikirkan hal yang terlalu jauh. Kita bisa memulainya dari teman. Baik teman sekolah, kampus dan teman kos, mereka adalah media yang bagus untuk menjalin koneksi. Tips ini bagus dilakukan oleh fresh graduate yang memang baru lulus dari pendidikannya.

Perbanyaklah teman karena bisa saja sumber rejeki kita diamanahkan pada mereka. Bisa saja mereka memiliki info mengenai pekerjaan yang cocok dengan keahlian kita, mereka membutuhkan teman untuk menjalankan bisnis dan sebagainya. 

Maka dari itu tetap menjaga silaturahmi dengan teman sangat disarankan, karena manfaatnya dalam dunia kerja itu sangat banyak.

Bergabung dengan komunitas

Yaps, mencari relasi dengan berkumpul dengan orang yang memiliki minat, pengetahuan dan tujuan yang sama adalah sesuatu yang efektif untuk dilakukan. Anda bisa bergabung dengan berbagai komunitas yang ada disekitar. Misalnya bila hobi anda adalah mengajar, anda bisa bergabung pada unit relawan Belajar, atau anda menyukai perbincangan bahasa Inggris, di sekolah/kampus umumnya terdapat komunitas debate English club.

Selain bisa mendapatkan teman, biasanya komunitas bisa menjadi wadah untuk belajar hal baru dan informasi mengenai peluang pekerjaan bisa didapatkan dari sana.

Mendekatkan diri dengan rekan kerja

Jika anda sudah bekerja, jangan hanya sibuk mengurusi diri sendiri. Beraksi dengan rekan kerja, atasan dan seluruh elemen yang ada disana akan membantu perjalanan karir anda. Akan menjadi nilai positif, bila kita dinilai humble dan ramah oleh mereka. Timbal baliknya anda bisa memperoleh informasi, nasehat hingga kenaikan jabatan oleh perusahaan.

Berbaur dengan atasan misalnya, anda akan mendapatkan masukan yang mungkin tidak dibagikan pada karyawan lain. Peluang untuk mendapatkan projek-projek menguntungkan juga semakin besar, karena anda dekat dengan orang berpengaruh.

Mencari daftar alumni

Jika berbicara cara membangun relasi dalam ruang lingkup kampus, tentu daftar alumni adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Terlebih bila anda berasal dari lulusan kampus ternama. Alumni tentu sudah memiliki pengalaman kerja dan latar belakang yang mereka jalani tentunya berbeda-beda. 

Mencari alumni bisa dilakukan dengan menghubungi pihak kampus. Setelah mendapat informasi kontaknya, sampaikan tujuan anda dengan sopan. Alumni bisa membantu anda dalam proses penerimaan kerja terlebih bila mereka sudah memiliki jabatan, selain itu alumni yang memilih jalur entrepreneur juga bisa bisa menawarkan kerjasama bisnis yang cocok dengan kualifikasi anda.

Dengan artikel yang kami jabarkan di atas, semoga bisa menjadi panduan untuk membangun relasi secara baik dan efektif.

Gambar
Photo by Dylan Gillis on Unsplash
Photo by Scott Graham on Unsplash

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Saria Bakti
Dipublikasikan oleh : Saria Bakti
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos