Depositphotos

Cara Mudah Menggunakan Cisco Packet Tracer Mobile

{tocify} $title={Table of Contents}

Halo sobat Glozovers, apa kabarnya kalian hari ini? Semoga kalian tetap sehat walafiat (aamiin). Di pertemuan kita kali ini, Mimin akan membahas. Cara mudah menggunakan Aplikasi Cisco packet tracer mobile.

Cara Mudah Menggunakan Cisco Packet Tracer Mobile 

Sebelumnya Mimin perlu memberitahu kepada sobat semua tentang APK Cisco packet tracker sebelum kita masuk ke dalam pembahasannya. 

Apa itu Cisco packet tracer? 

Cisco packet tracrer adalah sofware simulasi alat jaringan yang tak pernah absen digunakan sebagai media pembelajaran serta pelatihan untuk siswa/siswi tingkat SMK, khususnya jurusan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan). 

Tentang Aplikasi Cisco packet tracer 

Aplikasi ini dikembangkan oleh: Cisco Systems, dapat dijalankan pada sistem oprasi. Windows; Debian-like linux; dan yang paling baru android. APK ini juga terbilang sangat ringan untuk di install pada perangkat kalian, nih, sob. bagaimana tidak, Cisco sendiri hanya berukuran 160MB saja. Tersedia dalam bahasa: Inggris, Rusia, Jerman, Portugis, Spanyol dan Prancis. 

Nah, karena tadi Mimin sudah menjelaskan secara singkat, tentang apa itu Cisco packet tracker. Jadi mari kita masuk ke dalam pembahasannya.

Antarmuka Aplikasi Cisco Packet Tracer Mobile

Yang pertama, kalian sudah harus memiliki APK-nya. jalankan APK Cisco maka kalian akan masuk ke menu tampilan seperti ini, nih... sob.


Jika muncul notifikasi, kalian bisa langsung mengeklik "oke" maka aplikasi akan secara otomatis akan memulai kembali loading untuk masuk. (sebagai catatan, jika akses internet kalian aktif. Kalian bisa menonaktifkannya terlebih dahulu, untuk mempermudah kalian nantinya).

Cara Membuat Projek Di Aplikasi Cisco Paket Tracer Mobile

Jika menu PT Mobile telah muncul, kalian bisa masuk ke menu new untuk memulai membuat proyek. Sebagai contoh, Mimin akan membuat satu topologi sederhana agar kalian lebih paham. Oh, iya, disini mimin menggunakan cisco packet tracker mobile versi terbaru atau versi 3.0 for android.

Kalian bisa mengeklik bagian mana saja pada layar ponsel kalian yang berwarna putih, maka akan muncul macam-macam peralatan jaringan komputer. Karena di sini Mimin hanya mencontohkan topologi yang sederhana, jadi mimin akan menggunakan 2 PC dan 1  Switch. 

Langkah pertama : Menghubungkan PC dan Switch
Mimin akan memulai dengan menambahkan 2 PC-nya terlebih dahulu. Caranya, kalian kelik saja pada layar ponsel kalian sob. Klik menu end devices kemudian klik PC. Lakukan hal yang sama sekali lagi untuk menambah PC.

Jika telah selesai, kalian bisa menambahkan satu buah switch. Caranya, kalian tinggal mengeklik layar ponsel kelian masing-masing. Jika macam-macam peralatan komputer telah muncul pada layar ponsel, selanjutnya kalian pilih Switches, kemudian pilih switch.


Langkah kedua : Pemasangan Kabel
Jika ketiga perangkat telah ada, kita bisa masuk langkah selanjutnya yaitu pemasangan kabel. Caranya sangat mudah. Kalian bisa memulainya dengan mengeklik pada PC 0. Disana akan muncul beberapa pilihan, kalian bisa langsung saja mengeklik auto connect. Maka secara otomatis logo listrik akan muncul pada PC yang sebelumnya dipilih. Jika sudah seperti itu, kalian bisa langsung menekan switch, maka secara otomatis kabel penghubung antara PC 0 menuju switch telah berhasil dibuat, lakukan juga hal yang sama pada PC 1.

Cara Memulai Koneksi Aplikasi Cisco Packet Tracer Mobile

Sekarang kalian tinggal melakukan langkah terakhir untuk bisa atau dapat menghubungkan ketiga perangkat yang ada. Caranya kalian klik pada PC 0. Masuk ke menu Dekstop, selanjutnya masuk ke menu IPv4 configuration. Jika kalian belum hafal dengan alamat IP, kalian bisa menyesuaikan dengan gambar di bawah. Jika sudah, kalian bisa klik apply changes, lalu close.


Langkah selanjutnya, kalian masuk ke PC1. Lakukan hal yang sama seperti langkah sebelumnya, lalu masukkan alamat IP seperti pada gambar di bawah.


Setelah selesai, kalian bisa apply changes lagi sebelum melakukan close

Cara Melakukan Pengecekan Koneksi Pada Cisco Packet Tracer Mobile

Jika langkah-langkah di atas telah kelian lakukan dengan benar, kalian bisa melakukan pengecekan apakah topologi yang barusan kalian buat dapat terhubung atau tidak.

Caranya, kalian klik salah satu PC terserah kalian. Kemudian klik Simple PDU. Jika logo surat telah muncul, selanjutnya kalian klik PC yang satunya lagi (PC yang belum memiliki logo) dengan begitu, logo surat akan menghilang. Setelah logo surat tadi menghilang, kalian klik logo jam pada kanan atas aplikasi. Maka secara otomatis akan muncul kembali logo surat yang berwarna.

Kalian bisa langsung saja mengeklik ikon play yang berdekatan dengan logo jam tadi. Tunggu hingga proses pengiriman datanya selesai. Jika yang muncul tanda centang pada logo surat, maka topologi yang kalian buat terhubung. Tetapi jika yang muncul adalah tanda silang, maka topologi gagal atau tidak terhubung.



Nah... bagaimana, nih , sob, penjelasan Mimin? Semoga kalian mengerti, ya. Untuk kalian yang belum memiliki aplikasi Cisco packet tracker, bisa mengeklik link ini Download cisco mobile untuk mengunduh aplikasinya

Link download : .........

Sekian dulu pertemuan kita kali ini. Saya Fajri pamit undur diri, salam Glozovers. 
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos