Depositphotos

6 Cara Memperlakukan Karyawan Dalam Bisnis Agar Betah Dan Produktif, Bos Perlu Baca Ini !

{tocify} $title={Table of Contents}

Jika berbicara soal aset penting sebuah perusahaan, kita tidak boleh mengesampingkan peran seorang karyawan. Karyawan bisa dikatakan sebagai Nyawa yang menggerakkan, produktifitas perusahaan, mereka juga peran dalam merancang produk/jasa yang berkualitas, bahkan ide-idenya bisa membawa arah perusahaan lebih maju.

Bos dengan dengan title setinggi apapun dalam membangun bisnisnya tetapi membutuhkan karyawan. Untuk membuat lingkungan kerja yang positif. Salah satu faktornya adalah bagaimana cara atasan memperlakukan karyawan. Semakin karyawan merasa dihargai, tentunya akan berdampak pada kemajuan perusahaan secara menyeluruh.

6 Cara Memperlakukan Karyawan Dalam Bisnis Agar Betah Dan Produktif, Bos Harus Baca Ya !

Cara Memperlakukan Karyawan Dalam Bisnis Agar Betah Dan Produktif, Bos Harus Baca Ya !

Berikut ini adalah tips mempermalukan karyawan yang harus diketahui oleh bos:

Berikan Apresiasi 

Sesederhana apapun effort yang diberikan Karyawan jangan ragu untuk memberikan apresiasi. Terlebih untuk mereka yang mampu mengerjakan tugas sesuai arahan, mereka yang menaati aturan dalam perusahaan dan mereka yang loyal. Jika anda menemukan Karyawan dengan karakter tersebut, maka sangat layak untuk dipertahankan.

Apresiasi atasan pada karyawan menunjukkan kepedulian, memberikan keyakinan pada Karyawan bahwa kinerja mereka dihargai. Ketika kontribusi mereka di apresiasi itu akan memacu mereka untuk bekerja lebih baik lagi.

Bentuk Apresiasi bisa bermacam-macam seperti: ucapan terimakasih, hadiah, hingga kenaikan pangkat/gaji.

Jadilah Mentor

Hindari Menjadi Bos yang hanya tahu soal menuntut karyawan tanpa mempedulikan masalah yang mereka hadapi. Lebih baik bos sekaligus mentor. Jika anda ingin karyawan bertindak sesuai ekspektasi, anda harus membimbing mereka. Gunakan pengalaman yang anda punya untuk dibagikan. Bimbingan Karyawan untuk menemukan performa terbaiknya.

Bos yang mau menjadi mentor bukanlah sesuatu yang keliru, malah ini adalah karakter dimiliki oleh pebisnis sukses. Karena karyawan mendapatkan masukan yang bisa mengarahkan mereka pada arah yang tepat.

Jangan Pilih Kasih

Ketika menjadi bos, anda harus membiasakan melihat Karyawan dari kacamata yang adil. Jangan menanamkan sikap pilih kasih pada individu-individu tertentu, karena akan menimbulkan kecemburuan Karyawan lain. Selalu objektif dalam menilai kinerja karyawan. Ketika mereka memiliki kinerja bagus, berilah apresiasi, namun ketika mereka melanggar aturan perusahaan Jangan ragu memberikan teguran.

Keadilan bos dalam menyikapi karyawan akan meningkatkan iklim positif perusahaan. Karyawan akan menaruh respek kepada anda, karena memiliki kepedulian dan ketegasan yang sama terhadap mereka.

Buka peluang Karyawan Untuk Berkembang

Bos idaman karyawan adalah bos yang mau memberikan mereka kesempatan untuk berkembang. Bos yang tidak mau melihat anak buahnya stuck hanya disitu-situ saja.oleh karena itu anda harus memberikan pintu seluas-luasnya kepada karyawan yang ingin belajar. Toh nanti manfaatnya akan dirasakan oleh perusahaan.

Anda bisa membuat pelatihan Skill-skill masakini yang bisa diikuti karyawan, memberikan beasiswa sekolah bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan atau mengadakan seminar pengembangan diri. Karyawan yang meningkat skillnya, akan berpengaruh pada produk yang mereka buat.

Penuhi Hak Karyawan

Faktor penting dalam memperlakukan karyawan adalah pemenuhan hak-hak yang wajib mereka dapatkan. Bos harus memastikan karyawan mendapatkan gaji yang layak, tunjangan, BPJS dan semacamnya.  Kewajiban Tersebut harus diberikan secara Utuh tidak ditambah dan dikurangi. Mereka membutuhkan Hak Tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, dan sebagai bayaran telah bekerja di perusahaan. Tentunya karyawan sudah mengorbankan waktu, tenaga, dan pikirnya selama bekerja.

Dekat dengan karyawan

Banyak atasan yang gengsi menjalin hubungan dengan Karyawan, karena sikap menganggap rendah. Hal ini harus dihindari, jika ingin menjadi atasan yang baik. Perusahaan akan berjalan maju bila bisa menanamkan hubungan emosional antar elemen didalamnya. Tidak masalah bila bos dekat dengan Satpam, OB diperusahaan, karena bisa meningkatkan hubungan, bukan hanya sebatas rekan kerja tapi juga seperti keluarga.

Dari sisi Karyawan, memiliki bos yang ramah dan mau berbaur dengan siapa saja tentu akan membuat mereka lebih betah. Loyalnya karyawan adalah modal penting bila sebuah perusahaan ingin bertahan dalam jangka panjang.

Salah satu langkah kongkret mendekat diri dengan karyawan bisa mengadakan misalnya liburan bersama, makan bersama, hingga menyantuni karyawan yang butuh bantuan. Hal-hal kecil seperti ini punya efek yang besar dalam terjalinnya hubungan atasan dan karyawan.


Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Saria Bakti
Dipublikasikan oleh : Saria Bakti
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos