Depositphotos

Tipe-tipe Konsumen Yang Perlu Dipahami Penjual dan Pengusaha

{tocify} $title={Table of Contents}

Jika anda seorang pengusaha pasti tidak asing dengan istilah "konsumen". Mereka adalah objek dan alasan kenapa industri menciptakan sebuah produk. Konsumen adalah pihak yang menggunakan produk anda dan dan mereka juga membayar dalam bentuk uang untuk mendapatkan produk tersebut.

Betapa pentingnya konsumen dalam bisnis terdeskripsikan dalam istilah " pembeli adalah raja" tentunya sebagai produsen, anda harus memikirkan bagaimana caranya meraih hati mereka. Selain dengan memberikan produk berkualitas, anda juga harus meningkatkan aspek pelayanan. Dan salah satu caranya adalah dengan mengenal tipe-tipe konsumen:

Mau tau lebih lanjut simak ulasan berikut ini.

Tipe-tipe Konsumen Yang Perlu Dipahami Penjual dan Pengusaha


Tipe Konsumen Baru

Tipe ini digambarkan sebagai orang yang masih belum memiliki pengetahuan detail dari sebuah produk. Ketika mereka mendatangi etalase barang, itu adalah tindak lanjut dari rasa penasaran terhadap sebuah produk. Bisa jadi mereka sudah tahu ingin membeli produk apa, namun mereka masih membutuhkan sesuatu yang meyakinkan untuk melakukan pembelian.

Rasa penasaran tinggi dari konsumen baru adalah sebuah momentum yang pas bagi para pelaku usaha. Kita bisa menjelaskan secara detail tentang produk, baik dari segi proses pembuatan, kelebihan dan harganya. Konsumen baru berpeluang menjadi pelanggan loyal, bila berhasil diyakinkan.

Tipe Konsumen Hemat

Dari namanya saja sudah bisa diperkirakan pertimbangan apa yang jadi prioritas mereka dalam berbelanja. Tipe Konsumen Hemat adalah seseorang yang tidak terburu-buru dalam melakukan pembelian. Mereka ingin memastikan Uang yang tersimpan dalam kantongnya Masih aman meskipun dalam keadaan berbelanja.

Mereka akan mempertimbangkan harga dan kegunaan dari sebuah produk, tak jarang mereka akan mengelilingi beberapa toko agar bisa membandingkan harga barang yang ia incar. 

Untuk menyikapi tipe Konsumen ini, hindari promosi yang bersifat bombastis karena mereka lebih suka disajikan data real dari kualitas produk itu sendiri.

Tipe Konsumen Observer


Konsumen Observer sering disebut juga dengan pembeli pintar. Sebelum membeli produk, mereka akan melakukan observasi produk. Mereka ingin kelebihan, kekurangan, hingga harga yang ditawarkan. Ketika mendatangi etalase, konsumen Observer sangat jarang berbicara karena mereka sibuk dalam mengamati. Produk yang mereka sukai adalah yang sesuai dengan kriteria yang sudah mereka tetapkan. Konsumen Observer akan teguh dengan pendiriannya meskipun diserang dengan rayuan iklan.

Untuk menyikapinya, produsen harus bisa memberikan yang sesuai standar konsumen Observer. Meskipun sulit ditaklukkan, setelah berhasil mendapatkannya Tipe konsumen Observer akan terus loyal terhadap sebuah produk.

Tipe Konsumen Cerewet

Kebalikan depan tipe Konsumen Observer, tipe yang satu ini malah suka berbicara ketika berbelanja. Bila dijejerkan dengan tipe pembeli lain, mereka terlihat menjadi inisiator dan dominan. Mereka akan bertanya banyak hal soal barang. Baik dari sisi kualitas, harga bahkan topik-topik lain diluar urusan belanja. 

Tipe Konsumen Cerewet akan mudah ditaklukkan bila anda menunjukkan rasa antusiasme, cukup dengarkan pembicaraan mereka. Jika mereka jatuh cinta dengan sebuah produk, tipe Konsumen ini tanpa ragu memberikan pujian bahkan didepan umum.

Tipe Pemburu Diskon

Biasanya Tipe pemburu Diskon di Dominasi oleh kaum Emak-emak. Frekuensi kehadiran mereka akan meningkatkan pada momen-momen tertentu seperti menjelang Hari Raya dan Tahun Baru. Mereka akan terhipnotis dengan barang yang diberi potongan harga meskipun itu hanya 5 Persen. 

Tipe Pemburu Diskon memang memiliki kesenangan dalam berbelanja, antusiasmenya bisa dilihat ketika mereka berwira-wiri mengunjungi stand toko satu ke stand toko lain.

Untuk menyikapinya, produsen bisa meluncurkan promo diskon , luncurkan lah pada tanggal-tanggal tertentu, karena konsumen pemburu Diskon dikenal royal dalam berbelanja.

Tipe Konsumen Loyal

Tipe Konsumen ini sudah lama berlangganan dalam membeli produk. Mereka sudah yakin dengan reputasi dan kualitas produk yang ia beli Tersebut. Tipe Konsumen Loyal peranannya akan terasa saat perusahaan mencoba tumbuh dalam jangka panjang. Semakin banyak jumlah mereka, angka kapitalisasi pasar sebuah perusahaan akan meningkat.

Untuk melayani konsumen loyal sebenarnya tidaklah sulit, karena mereka sudah yakin dengan produk anda. Langkah selanjutnya adalah menjaga kepercayaan tersebut. Anda bisa memberikan previllage khusus misalnya diskon harga, Give Away, dan Hadiah lain. Bagaimana cara anda mengistimewakan mereka adalah kunci menaklukkan hati konsumen loyal.

Photo by Melanie Lim on Unsplash
Photo by Atoms on Unsplash

Penulis : Habib Kurniawan
Editor : Saria Bakti
Dipublikasikan oleh : Saria Bakti
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama
Depositphotos