Hanya Dengan Handphone ! Begini Cara Menghapus Objek Mengganggu Di Foto

Hanya Dengan Handphone ! Begini Cara Menghapus Objek Menggangu Di Foto

{tocify} $title={Table of Contents}

Hai... balik lagi nih dengan mimin. Ada tips lagi nih yang mau mimin bagiin dan bermanfaat pastinya. Bagi kalian yang gak akan upload sebelum fotonya bener-bener sempurna, pasti butuh artikel ini. Foto yang sempurna itu gimana sih? Nah, sebagian besar orang berpendapat kalau foto yang sempurna itu apabila berfokus pada object utama dan tidak ada object menonjol yang mengganggu dibelakangnya.
 
Siapa sih yang gak suka berfoto? Sebagian besar orang sangat menyukai ketika momen tentang dirinya diabadikan melalui foto ataupun video. Tetapi ada juga yang menjadikan foto itu sebagai hiburan diri seperti mengunggahnya ke sosial media dan mendapatkan berbagai macam respon dari para penontonnya. Itulah mengapa kesempurnaan hasil foto sangat dibutuhkan sebelum mengabadikannya kedalam sebuah album foto ataupun mengunggahnya ke laman media sosial.

Hasil foto dapat dikatakan baik atau sempurna apabila tidak terdapat object yang mengganggu dibelakang object utama. Olehnya sering kali mereka yang mengabadikan sebuah foto akan mengambil foto sebanyak mungkin dan kemudian dipilih yang paling bagus. Tetapi bagaimana jika foto pilihan terbaik pun masih kurang sempurna karena ada object yang menganggu? Jawabannya adalah menyempurnakannya dengan sedikit sentuhan editing.

Teknik editing pada foto sudah sangat lumrah terdengar. Terutama bagi mereka yang akan mengunggah foto mereka ke media sosial. Biasanya dalam editing mereka menambahkan efek, mengatur kecerahan atau bahkan ada yang memberikan sedikit polesan agar wajah atau tubuhnya terlihat lebih cerah. Tetapi jangan salah menilai dulu, karena tidak semuanya seperti itu masih banyak kok yang lebih menyukai versi foto yang natural atau asli walaupun, sebenarnya memakai efek dan menambahkan filter itu tidak salah sama sekali karena pada dasarnya filter dibuat untuk digunakan, asal tidak berlebihan dan mengubah wajah asli kalian maka sah sah saja menggunakannya.

Hanya Dengan Handphone ! Begini Cara Menghapus Objek Mengganggu Di Foto

Mereka yang tidak banyak menambahkan efek editing biasanya hanya berfokus pada kecerahan dalam keseluruhan foto saja. Biasanya lebih mengutamakan agar object utama dalam foto lebih tersorot. Untuk mencegah terjadinya penumpukan object dalam satu foto, dilakukan yang namanya editing untuk menghilangkan atau menghapuskan object yang mengganggu. Nah kali ini mimin akan membagikan tutorialnya nih gimana sih caranya menghapuskan object yang mengganggu hanya dengan menggunakan handphone. Tetapi sebelum masuk ke tutorialnya, kalian harus terlebih dahulu mendownload aplikasi “Retouch” di hp kalian. 

Langkah-langkah menghapus objek mengganggu di foto dengan Aplikasi Penghapus Objek Foto Retouch


Apabila aplikasi telah berhasil terinstall maka kalian dapat langsung menggunakannya. Berikut adalah tutorial menghapus object mengganggu menggunakan aplikasi Retouch :

1. Membuka Aplikasi Retouch 

Pada saat kalian membuka aplikasi retouch ini akan muncul beberapa iklan untuk bergabung ke versi VIP. Pengguna bisa melewatkannya dengan mengklik tanda “x” atau close.

2. Menambahkan Foto Yang Akan di Edit

Setelah berhasil masuk, tampilan awal dari aplikasi ini sangat mudah dipahami dan sama sekali tidak membingungkan. Pada halaman awal pengguna akan melihat tombol “Tambahkan Foto” dimana ini digunakan untuk menambahkan foto yang akan diedit yang diambil dari perangkat pengguna.


3. Memilih Foto Yang Akan di Edit

Apabila menekan tombol tambahkan foto, pengguna akan diarahkan ke dalam perangkat pengguna. Setelah itu bisa memilih foto mana yang akan di edit dan pilih foto tersebut setelah itu pengguna akan kembali diarahkan ke halaman utama.

4. Memilih Fungsi Menu 

Setelah diarahakan kembali ke laman utama, akan terlihat foto yang dipilih sebelumnya berada didalam laman tersebut. Klik fotonya dan pengguna akan diarahkan ke bagian menu fungsi yang dimana terdapat banyak fungsi yang bisa digunakan oleh pengguna. Pilih fungsi “Hapus Object” untuk memulai editing.

 

5. Menghapus Object Mengganggu Pada Foto

Setelah mengklik menu “Hapus Object” Pengguna akan langsung diarahkan ke bagian editing. Disini terdapat 3 pilihan tools yaitu “Kuas Penghapus” yang berfungsi untuk menyeleksi bagian atau object yang akan dihilangkan. Ukuran kuas ini dapat diperbesar dan diperkecil sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Menghapus Objek Orang di Foto

Terdapat juga tools “Penghapus” yang digunakan untuk menghapus hasil seleksi apabila terdapat kesalahan pada saat menyeleksi object. Sama seperti tools sebelumnya, “Penghapus” juga dapat di perbesar dan perkecil sesuai dengan kebutuhan pengguna. Yang terakhir yaitu tool “Teks” dimana memiliki fungsi untuk mendeteksi object yang berupa teks.

Menyeleksi Objek Orang di Foto

Setelah proses seleksi object selesai, klik tombol “GO” yang berada di sebelah kanan bawah. Selama proses membutuhkan waktu beberapa menit sebelum akhirnya object berhasil dihapus.


Yey, jadi begitu caranya menghapus object mengganggu dengan mudah dan hanya melalui handphone. Semoga artikel ini bermanfaat yaa…

Sumber Gambar Ilustrasi: Photo by Jordan McQueen on Unsplash

Penulis : Nita Ayu
Editor : Saria Bakti
Dipublikasikan oleh : Saria Bakti
Saria Bakti

Seorang Blogger sejak 2015. Senang berbagi informasi yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama